PKS Punya Kriteria Khusus Buat Calon Gubernur DKI Jakarta 2024

PKS enggan tanggapi pertemuan Golkar-Nasdem soal Cagub DKI

Jakarta, IDN Times - Partai Keadlian Sejahtera (PKS) memiliki kriteria sendiri dalam mengusung Calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilgub 2024 mendatang. 

Keterangan itu disampaikan untuk menanggapi pertemuan Golkar dengan NaDem, yang disebut sebagai sinyal untuk mengusung Airin Rachmy Diani dengan Ahmad Sahroni untuk DKI 1 dan 2. 

Airin merupakan kader Golkar yang pernah menjabat Wali Kota Tangerang Selatan dan Sahroni merupakan bendahara umum NasDem.

“Tentu saja sambil berfokus ke Pemilu 2024, kami mempersiapkan kader-kader terbaik PKS di Jakarta untuk maju dalam perhelatan Pemilihan Gubernur dengan memperkuat kapasitas dan penokohan,” terang Ketua Fraksi PKS DKI Jakarta, Achmad Yani, kepada wartawan, Jumat (11/3/2022).

1. PKS akan mengusung kader terbaiknya

PKS Punya Kriteria Khusus Buat Calon Gubernur DKI Jakarta 2024ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Yani menuturkan, PKS akan mengusung kader terbaiknya yang punya integritas tinggi, tidak terlibat korupsi, asusila maupun tindak pidana lainnya.

Di samping itu, PKS juga mengedepankan kader yang cerdas, kompeten, memiliki leadership tinggi, tegas tanpa harus emosional, dan merakyat untuk maju dalam gelanggang Pilgub DKI 2024.

“(Pokoknya) kader terbaik yang akan diusung PKS,” tutur dia.

Baca Juga: Airlangga Beri Sinyal Bakal Duetkan Sahroni-Airin di Pilgub Jakarta

2. Lanjutkan program Anies

PKS Punya Kriteria Khusus Buat Calon Gubernur DKI Jakarta 2024Abdurrahman Suhaimi PKS dan Anies Baswedan (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Yani menjelaskan, calon yang diusung PKS akan melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh Gubernur Anies Baswedan, yang diusungnya pada Pilgub 2017 lalu. Selain itu, program yang belum optimal akan diperbaiki sampai ke akar-akarnya.

“Tentu hal-hal yang masih kurang akan jadi fokus program calon yang diusung PKS seperti perbaikan pelayanan publik khususnya layanan administrasi publik, kinerja aparat Pemda sampai tingkat Kelurahan serta respons yang lebih cepat atas masalah yang dialami masyarakat,” ungkapnya.

3. Airlangga persilahkan pencalonan Sahroni dan Airin diumumkan

PKS Punya Kriteria Khusus Buat Calon Gubernur DKI Jakarta 2024Ketua Umum Partai Nasional Demokrat, Surya Paloh (kanan dengan jas biru) bertemu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kemeja batik kuning) di Menara NasDem pada Kamis, 10 Maret 2022 (www.instagram.com/@airlanggahartarto.official)

Sebelumnya, Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, tidak secara gamblang menyebut Sahroni dan Airin bakal maju menjadi cagub dan cawagub Jakarta.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian itu menyerahkan sepenuhnya terkait pengumuman itu kepada Sahroni dan Airin. 

"Jadi, kalau Pak Sahroni dan Bu Airin, kami persilakan Pak Sahroni dan Bu Airin yang berbicara dulu pada waktunya nanti. Bukan pada Kamis siang ini," ungkap Airlangga. 

4. Nasdem bakal usung kader jadi Gubernur DKI Jakarta

PKS Punya Kriteria Khusus Buat Calon Gubernur DKI Jakarta 2024Anggota Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni (Instagram.com/ahmadsaroni88)

Senada dengan Ketua Fraksi Partai NasDem di DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino, ia pernah mengatakan partai tempatnya bernaung kemungkinan akan mendorong Ahmad Sahroni untuk maju dalam Pilkada 2024.

Menurut Wibi, Sahroni memiliki kapabilitas dan elektabilitas yang tinggi di Jakarta. 

"Kami dari DKI Jakarta menganggap figur Ahmad Sahroni salah satu kader yang memiliki kapabilitas dan elektoral yang tinggi di Jakarta," kata Wibi pada 4 Januari 2022 kepada media. 

Baca Juga: Gokil! Ahmad Sahroni Bongkar Isi Rekening Doni Salmanan Rp532 Miliar

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya