Potensi Banjir Rob, Warga Ancol Diminta Waspada 15-19 Mei

Banjir rob terakhir terjadi pada November 2021

Jakarta, IDN Times - Warga yang tinggal di kawasan Ancol diminta untuk mewaspadai potensi rob yang diprakirakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dapat terjadi pada 15-19 Mei 2022.

Camat Pademangan, Didit Mulyadi bersama Wakil Camat Pademangan Johan Girsang dan Sekretaris Kecamatan Samuel AR, serta Lurah Ancol, Rusmin memberitahukan warga agar berhati-hati, terutama dengan aliran listrik.

"Memang ada peringatan dini dari BMKG yang disampaikan lewat BPBD DKI akan ada rob pada 15-19 Mei, dan saya antisipasinya dengan terjun langsung ke sini dan kita lihat bersama kondisi anak sungai Kali Ciliwung di Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan," kata Didit dilansir dari ANTARA, Rabu (18/5/2022).

Dia mengatakan, terakhir rob melanda wilayah Kecamatan Pademangan pada November 2021, yaitu di Kelurahan Ancol tepatnya di RW 08 yang berbatasan langsung dengan tanggul yang ada di Pelabuhan Sunda Kelapa.

Baca Juga: Banjir Rob 1,5 Meter Terjang Pulau Pasaran, Ganggu Mobilitas Warga

1. Saat banjir Rob November lalu ada 11 RT yang terdampak

Potensi Banjir Rob, Warga Ancol Diminta Waspada 15-19 MeiIlustrasi banjir (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Saat itu, ketinggian air di Pelabuhan Sunda Kelapa mencapai satu setengah meter, bahkan limpasan airnya sampai ke pemukiman warga RW 08 yang berbatasan langsung dengan kawasan pelabuhan tersebut. Sebanyak 11 RT di Kelurahan Ancol merasakan bagaimana situasi rob saat itu.

Pada saat itu, ada sekitar empat RT yang kondisinya parah, sehingga harus diungsikan ke masjid dan kantor RW 08.

Namun, Didit optimistis wilayahnya cukup aman dari dampak banjir rob karena kondisi tanggul sudah ada perbaikan ketinggian hingga dua meter dengan panjang 1,1 kilometer di Pelabuhan Sunda Kelapa.

2. Siapkan tempat pengungsian

Potensi Banjir Rob, Warga Ancol Diminta Waspada 15-19 MeiANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Apabila kondisi banjir rob cukup parah sebagaimana November 2021, Kecamatan Pademangan sudah menyiapkan tempat pengungsian warga di kantor RW 08, Kelurahan Ancol.

Dia mengatakan akan ada penambahan perbaikan tanggul lagi di tahun ini oleh Kementerian PUPR, sehingga warga Kecamatan Pademangan bisa terhindar dari dampak rob.

Baca Juga: Wagub Riza: DKI Jakarta Segera Sesuaikan Kebijakan Buka Masker

3. Siapkan pompa dan tiga pintu air

Potensi Banjir Rob, Warga Ancol Diminta Waspada 15-19 MeiANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Selain itu, di Pademangan seperti pada November 2021 sudah menyiapkan pompa apabila debit air sungai anak Kali Ciliwung mulai tinggi.

"Yang bergerak (mobile) berjumlah tujuh pompa yang beroperasi dari Suku Dinas Sumber Daya Air, Jakarta Utara," kata Didit.

Selain itu, ada lima pompa stasioner dalam kondisi baik seperti Pompas Stasioner Ancol, Pompa Stasioner Viaduck, Pompa Stasioner WTC, Pompa Stasioner Mangga Dua sisi selatan dan Pompa Stasioner Mangga Dua sisi utara.

Kemudian ada tiga pintu air, di antaranya pintu air 'flushing' Ancol, pintu air Marina Ancol dan pintu air Bandan Ancol.

Baca Juga: Presiden Izinkan Aktivitas Tanpa Masker, Wagub DKI: Senang dan Dukung!

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya