Prakiraan Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Hari Ini, Berpotensi Hujan Es

Ada 10 wilayah yang dilanda hujan lebat berpotensi banjir

Jakarta, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencara Daerah (BPBD) DKI Jakarta, menginformasikan adanya potensi cuaca ekstrem yang dapat terjadi pada hari ini, Senin (15/11/2021).

Melalui Instagram resmi BPBD DKI Jakarta, setidaknya ada 10 wilayah yang berstatus siaga dan waspada hingga esok.

“Waspada cuaca ekstrem di DKI Jakarta durasi 15 November 2021 pukul 07.00 WIB sampai dengan 16 November 2021 pukul 07.00 WIB,” tulis BPBD DKI Jakarta.

1. 10 wilayah dilanda hujan lebat berpotensi banjir

Prakiraan Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Hari Ini, Berpotensi Hujan EsIlustrasi Suasana Hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Adapun, BPBD DKI Jakarta menginformasikan 10 wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat hingga berpotensi banjir. Di antaranya Kota Jakarta Pusat (Siaga), Kota Jakarta Utara (Siaga), Kota Jakarta Barat (Siaga), Kota Jakarta Selatan (Siaga), Kota Jakarta Timur (Siaga), Kota Tangerang (Siaga), Kota Depok (Siaga), dan Kabupaten Bekasi (Siaga).

Sementara itu, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Bogor berstatus waspada.

Baca Juga: Anies Sebut 3 Kata Kunci Hadapi Banjir Jakarta Akibat La Nina

2. Masyarakat diminta hati-hati cuaca ekstrem disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es

Prakiraan Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Hari Ini, Berpotensi Hujan EsIlustrasi Suasana Hujan (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

BPBD DKI Jakarta meminta masyarakat agar berhati-hati jika harus beraktivitas di luar rumah. Cuaca ekstrem ini akan terjadi dalam bentuk hujan lebat yang berlangsung, berdurasi singkat, namun disertai petir dan angin kencang.

“Masyarakat berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan secara sporadis, lebat dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es),” terang BPBD.

3. Berpotensi bencana

Prakiraan Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Hari Ini, Berpotensi Hujan EsPetugas mengevakuasi warga menggunakan perahu karet saat banjir di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021). Banjir yang terjadi akibat curah hujan tinggi serta drainase yang buruk membuat kawasan Kemang banjir setinggi 1,5 meter (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Akibat cuaca ekstrem ini, BPBD DKI Jakarta menyebut ada yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi. Di antaranya berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung.

Bencana ini terutama dapat melanda masyarakat yang tinggal di daerah rawan.

“Cuaca ekstrem berpotensi bencana, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi,” tulisnya.

Baca Juga: 6 RT di Jakarta Selatan Terendam Banjir, Ketinggian Air Capai 170 Cm

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya