Regu Comot Siap Bikin Jakarta Tetap Kinclong saat Malam Tahun Baru!

Ada 3.180 personel satuan tugas kebersihan dari DLH DKI

Jakarta, IDN Times - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengerahkan 3.180 personel satuan tugas kebersihan alias pasukan oranye pada malam pergantian tahun 2023.

"Kami mengerahkan 3.180 petugas kebersihan dari Petugas Jasa Perorangan Lainnya (PJLP)," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto, Senin (26/12/2022).

Baca Juga: Ada Car Free Night, Konvoi Dilarang Saat Malam Tahun Baru di Sudirman

1. Hari pertama 2023 Jakarta bersih dari sampah

Regu Comot Siap Bikin Jakarta Tetap Kinclong saat Malam Tahun Baru!IIustrasi sampah (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Asep mengatakan, ditargetkan hari pertama 2023, Minggu (1/1/2023) subuh, seluruh wilayah Jakarta sudah bersih dari sisa-sisa perayaan. DLH DKI Jakarta juga mengerahkan petugas tambahan dari UPK Badan Air.

"Petugas ini terdiri dari sopir truk sampah, crew, dan regu comot. Kami juga mengerahkan petugas tambahan dari UPK Badan Air untuk membantu di darat dan berkerjasama dengan PPSU kelurahan di wilayahnya masing-masing,” kata dia.

2. Dikerjakan serentak 00.30 WIB

Regu Comot Siap Bikin Jakarta Tetap Kinclong saat Malam Tahun Baru!Ilustrasi - Kondisi Jakarta (IDN Times/Sachril Agustin Berutu)

Ribuan petugas itu akan memulai kegiatan pembersihan ibu kota secara serentak mulai pukul 00.30 WIB, dan ditargetkan sebelum pukul 05.00 WIB seluruh sampah disapu bersih. Petugas akan langsung bergerak, setelah perayaan pergantian tahun usai.

"Ketika puncak pergantian tahun terlewati dan acara utama selesai, petugas akan langsung bergerak di setiap lokasi. Petugas telah disiagakan sejak Sabtu (31/12/2022) sore, seluruh Suku Dinas Lingungan Hidup wilayah akan menggelar apel konsiyering untuk mengecek kesiapan petugas," kata Asep.

Baca Juga: 7 Panggung Musik Siap Hibur Warga Jakarta saat Malam Tahun Baru 2023

3. Dilakukan di 21 lokasi

Regu Comot Siap Bikin Jakarta Tetap Kinclong saat Malam Tahun Baru!Ilustrasi malam tahun baru (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Penanganan sampah pada malam Tahun Baru 2023 akan diselenggarakan di 21 lokasi di lima wilayah Kota Administrasi DKI. Adapun, puncak acara perayaan malam Tahun Baru di Jakarta berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Pada puncak acara perayaan malam tahun baru di TMII kami khusus mengerahkan 600 personel, dengan saranan dan prasarana berupa empat unit angkutan sampah, 10 bus toilet dan empat unit sweeper untuk melakukan penanganan sampah sebelum dan sesudah acara,” lanjut Asep.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya