RSUD Kaimana Digeruduk Warga, Diduga Akibat Kematian Usai Vaksinasi

RSUD Kaimana porak-poranda dihancurkan warga setempat

Jakarta, IDN Times - Beredar sebuah video yang merekam massa mendatangi dan melakukan perusakan di RSUD Kaimana, Kabupaten Kaimana, Papua Barat, pada Selasa (7/12/2021) siang. Hal itu disinyalir terjadi akibat adanya kematian warga pasca-vaksinasi COVID-19.

Salah seorang warga yang berada di dekat lokasi kejadian membenarkan adanya kejadian itu.

"Iya (benar). Saya pas lewat RSUD tadi," kata warga yang tak ingin disebutkan namanya, saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (7/12/2021).

1. Warga menuding kematian terjadi akibat vaksinasi, RSUD Kaimana porak-poranda

RSUD Kaimana Digeruduk Warga, Diduga Akibat Kematian Usai VaksinasiRSUD Kaimana, Papua, digeruduk massa pada Selasa (7/12/2021) (Dok. Istimewa)

Dia mengatakan, ini merupakan kematian pertama pascavaksinasi di Kaimana, Papua Barat.

"Kematian karena vaksin itu betul adanya. Dan ini kematian pertama pasca vaksin," terang dia.

Meski demikian, ia menyayangkan reaksi masyarakat setempat yang merusak fasilitas kesehatan di RSUD Kaimana tersebut. Sebab, hal ini juga merugikan warga setempat lantaran rumah sakit menjadi tak beroperasi normal.

"Yang kami sesalkan dari masyarakat, kenapa respons dirut RSUD harus menutup rumah sakit, jika rumah sakit ditutup kasihan kami masyarakat," terang dia.

Diketahui, dalam video yang beredar di media sosial, massa menghancurkan kaca rumah sakit dan fasilitas-fasilitas di dalamnya hingga kondisi porak-poranda.

Baca Juga: Ini Daftar Daerah di Indonesia yang Masih Masuk Kategori PPKM Level 3

2. Anak yang meninggal diduga siswa SMK

RSUD Kaimana Digeruduk Warga, Diduga Akibat Kematian Usai VaksinasiPenyuntikan vaksin COVID-19 bagi pelajar Papua sebagai upaya percepatan program vaksinasi di Provinsi Papua, Jumat (27/8/2021) (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

Dia menuturkan, menurut keterangan warga di lokasi kejadian, anak yang diduga meninggal dunia pascavaksinasi merupakan siswa SMK Negeri Kaimana. Namun, ia tak dapat menjelaskan secara detail perihal kapan kejadiannya.

"Data saya tidak ada. Yang saya (tahu) dengan warga di sana, anak itu dari SMK Negeri Kaimana," jelasnya.

3. Kemenkes serahkan kasus perusakan RSUD Kaimana ke pihak berwajib

RSUD Kaimana Digeruduk Warga, Diduga Akibat Kematian Usai VaksinasiJuru bicara vaksin dari Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi (Tangkapan layar YouTube Kemenkes)

Sementara, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan perusakan RSUD Kaimana, Papua, oleh warga setempat tengah ditangani pihak yang berwajib.

"Ini sedang diselesaikan oleh pihak yang berwenang di sana ya," ujar Nadia kepada IDN Times.

Meski demikian, Nadia belum dapat mengkonfirmasi kronologi kejadian perusakan RSUD Kaimana.

Baca Juga: Syarat Perjalanan Jarak Jauh Saat Nataru, Sudah Vaksinasi Lengkap

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya