Sistem Pengendalian Banjir Jakarta Jadi Juara di Ajang Bergengsi Dunia

Jakarta berhasil mengungguli negara lain

Jakarta, IDN Times - Pemprov DKI Jakarta menjadi juara atas inovasi sistem pengendalian banjir (Flood Control System), yang dapat membantu memprediksi potensi bencana sebelum terjadi dan mengoptimalkan pengendalian ketika terjadi bencana banjir dalam WSIS Prizes 2022.

WSIS atau World Summit on the Information Society, adalah konferensi tingkat dunia tentang masyarakat informasi  yang diselenggarakan International Telecommunication Union (ITU) PBB.

“Jakarta menjadi juara karena membawa inovasi sistem pengendalian banjir yang membantu prediksi potensi bencana sebelum terjadi, dan mengoptimalkan pengendalian ketika terjadi bencana banjir,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dikutip dari laman sosial medianya, Jumat (3/6/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta Atika Nur Rahmania menjelaskan, tahun ini Jakarta dengan inovasi Flood Control System menjadi juara pertama pada kategori AL C7. ICT applications: E-science di ajang WSIS Prizes 2022. 

Dengan kemenangan ini, Jakarta berhasil mengungguli negara lain seperti Arab Saudi, Italia, Chili, dan Tiongkok di dalam kategori E-Science. Jakarta juga menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang mampu mencapai penghargaan tertinggi pada tahun ini sebagai juara.

“Sistem Pengendalian Banjir dibangun untuk memprediksi potensi bencana sebelum terjadi dan mengoptimalkan penanganan saat bencana. Dengan membangun sistem ini, kami bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan situasi bencana, mempercepat respons terhadap penanggulangan bencana berbasis sistem, mempersiapkan kondisi darurat banjir, dan melakukan pemantauan secara real-time,” ungkap Atika dalam keterangan resmi, hari ini.

Baca Juga: Upaya Pengendalian Banjir DKI Jakarta di era Anies Baswedan

1. Pemprov DKI apresiasi seluruh pihak

Sistem Pengendalian Banjir Jakarta Jadi Juara di Ajang Bergengsi DuniaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (YouTube/AniesBaswedan)

Atika juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bekerja dan berkolaborasi dalam membangun sistem ini, di antaranya Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan DKI Jakarta, Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah DKI Jakarta, BLUD Jakarta Smart City, PT XL Axiata, dan SAS Institute.

“Penghargaan yang diraih adalah bentuk pengakuan global terhadap inovasi, komitmen, dan persistensi kita di Jakarta. Namun, sesungguhnya, penghargaan tertinggi bagi Pemprov DKI Jakarta yaitu kemajuan kota dan kebahagiaan warga Jakarta,” pungkasnya.

2. Mengenai Flood Control System

Sistem Pengendalian Banjir Jakarta Jadi Juara di Ajang Bergengsi DuniaIlustrasi Banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Flood Control System dikembangkan dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan risiko banjir di DKI Jakarta. Sistem ini memungkinkan pendeteksian titik-titik banjir, sehingga informasi dan penanganan bencana dapat dimitigasi dan ditangani dengan lebih cepat, akurat, dan terdata.

Flood Control System bekerja dengan mengumpulkan data historis sensor (level air, getaran, suhu) dan CCTV. Data yang dimaksud dihimpun oleh sensor dan Internet of Things (IoT) yang diletakkan di 178 lokasi yang terdiri dari sensor tinggi permukaan air, sensor arus air, sensor curah hujan, sensor getaran pompa, dan sensor pengukur temperatur pompa.

Lalu, data diintegrasikan ke dalam satu platform dan Flood Control System akan melakukan analisis untuk menghasilkan informasi mengenai kondisi, potensi, serta prediksi, sehingga bisa memberikan solusi penanganan banjir di Jakarta.

Data ini juga akan menjadi aset dan sumber info bagi pemerintah untuk pengambilan keputusan terkait penanganan banjir di Jakarta. Dengan kebijakan berdasarkan data, upaya pencegahan dan penanganan banjir akan lebih efektif serta tepat sasaran.

Flood Control System diharapkan pula dapat memberikan pemantauan banjir yang terkini, mempercepat respons pemerintah, dan meningkatkan kesadaran masyarakat.

3. Sistem pengendalian banjir Jakarta

Sistem Pengendalian Banjir Jakarta Jadi Juara di Ajang Bergengsi DuniaIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Adapun, sistem ini memiliki tiga aspek dalam pengembangan Sistem Pengendalian Banjir yang Prediktif dan Cerdas di Jakarta, yaitu:

-    Sensing (mendeteksi), mengumpulkan dan mengintegrasikan data dari berbagai sensor yang terpasang di lapangan;

-    Understanding (memahami), mengelola data menjadi informasi dengan menggunakan machine learning dan Artificial Intelligence; dan

-    Acting (bertindak), mencitrakan informasi dalam dasbor terpusat untuk digunakan dalam pengambilan keputusan oleh jajaran pengendali banjir di Pemprov DKI dan sebagai peringatan dini kepada masyarakat.

Setelah melewati berbagai fase mulai dari pendaftaran, voting, hingga penjurian oleh para ahli internasional, kemenangan Flood Control System di WSIS Prizes 2022 adalah buah dari dukungan seluruh warga Jakarta. Sebelumnya, Jakarta juga pernah menjadi Champion Project dalam ajang WSIS Prizes 2021 dengan aplikasi JAKI dalam kategori AL C7. E-Government.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya