Soft Lauching JIS, Gubernur Anies Kutip Pidato Bung Karno 

Anies kutip pidato soal bangsa ‘tempe’

Jakarta, IDN Times - Jakarta International Stadium (JIS) akhirnya di-softlaunching Selasa (19/4/2022). Stadion di utara Jakarta yang berlangsung sejak 2019 lalu itu, menjadi proyek termegah yang selesai di masa jabatan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

Dalam acara soft launching tersebut, Anies mengutip pidato Presiden ke-1 RI, Soekarno. 

“Karya ini membuktikan ucapan Bung karno pada waktu dulu, ‘kami menggoyangkan langit, menggemparkan darat, menggelorakan samudera agar tidak menjadi bangsa yang hidup hanya dari 2,5 sen sehari. Kami bangsa yang rela bekerja keras demi pembelian cita-cita’,” kata Anies mengutip sang proklamator.

Baca Juga: Harapan yang Membubung dalam Soft Launching JIS

1. Anies tegaskan posisi Jakarta di kancah dunia melalui JIS

Soft Lauching JIS, Gubernur Anies Kutip Pidato Bung Karno Penampakan Jakarta International Stadium yang dipakai untuk IYC 2021. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Anies, kemudian mengatakan bahwa stadion JIS menegaskan posisi Jakarta di kancah global. Jakarta adalah kota Megapolitan terbesar di belahan bumi bagian selatan, kota yang menjadi Ibu Kota ASEAN bagi Jakarta yang menjadi tempat dari begitu banyak kejadian sejarah penting bangsa ini.

“Stadion ini memberikan masa depan di dalamnya, kita harapkan akan bermunculan kejadian-kejadian bersejarah berikutnya,” kata Anies.

Baca Juga: Anies Semringah Klub Dunia Akhirnya Merumput di JIS 

2. Filosofi Anies kutip pidato Soekarno

Soft Lauching JIS, Gubernur Anies Kutip Pidato Bung Karno Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertolak dari Balai Kota DKI Jakarta Pusat ke kediamannya dengan bersepeda pada Rabu (2/6/2021) (Instagram/@Aniesbaswedan)

Mengutip pidato Bung Karno adalah salah satu hal filosofis yang dipilih Anies dalam membuka JIS. Pidato itu, disampaikan Soekarno untuk menegaskan bahwa bangsa Indonesia  bukanlah bangsa yang lembek seperti tempe. 

Pada masa revolusi, ‘tempe’ kerap diidentikan dengan hal-hal negatif yang mengarah pada sesuatu yang lembek dan lemah. Soekarno kemudian memantik rakyat lewat pidatonya yang menyebut kalau bangsa Indonesia bukanlah bangsa yang bermental ‘tempe’. 

Baca Juga: Alasan Bambang Pamungkas Jadi Ikon Grand Launching JIS

3. Jadi hari bersejarah

Soft Lauching JIS, Gubernur Anies Kutip Pidato Bung Karno Penampakan Jakarta International Stadium yang dipakai untuk IYC 2021. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Adapun, Anies juga mengatakan, softlaunching JIS pada malam Nuzulul Qur’an, atau bertepatan dengan hari ke-17 Ramadan 1443 H itu menjadi hari yang bersejarah.

"Catat hari bersejarah ini, bahwa atas izin Allah SWT, satu janji penting berhasil dituntaskan. Satu mimpi untuk Jakarta, untuk Indonesia, syukur Alhamdulillah JIS ini bisa berdiri dan jadi bukti bahwa kita adalah bangsa besar," ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam pidatonya yang ditayangkan di JIS.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya