TMII Ditargetkan Dikunjungi 262 Ribu Wisatawan selama Libur Nataru

TMII akan jadi pusat perayaan tahun baru.

Jakarta, IDN Times - Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yakni PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko atau PT TWC telah membuka pintu destinasi untuk kunjungan wisatawan dalam masa Uji Coba Operasional sejak 20 November 2022 pasca direvitalisasi.

Masa ramai Nataru 2022/2023 ini akan menjadi moment peak season perdana TMII pasca penutupan destinasi selama revitalisasi. Dengan Wajah Baru TMII saat ini, PT TWC memprediksi terjadinya kenaikan signifikan terhadap angka kunjungan wisatawan. 

“Ditargetkan 262 ribu wisatawan akan mengunjungi TMII selama periode 24 Desember 2022 - 2 Januari 2023,” kata Corporate Secretary PT TWC, AY Suhartanto, dalam keterangan resmi, Minggu (25/12/2022).

Baca Juga: Polda Metro Jaya Sebut TMII Jadi Pusat Perayaan Malam Tahun Baru 2023

1. Kantong parkir ditambah

TMII Ditargetkan Dikunjungi 262 Ribu Wisatawan selama Libur NataruTaman Mini Indonesia Indah (TMII) kini tengah direvitalisasi. (dok. Humas TMII)

Berbagai persiapan dilakukan PT TWC untuk pelayanan Masa Ramai Nataru 2022/2023, di antaranya penambahan akses pintu masuk wisatawan, yaitu Pintu 3 (utama), Pintu 1 dan Pintu 4, dengan jam operasional pukul 06.00 - 16.00 WIB (Senin - Jumat) dan pukul 05.00 - 16.00 WIB (Sabtu - Minggu). 

Suhartanto mengatakan, khusus tanggal 31 Desember 2022, jam operasional TMII akan dibuka lebih panjang hingga pukul 24.00 WIB. 

“Guna mengantisipasi kebutuhan tambahan area parkir kendaraan wisatawan, PT TWC bekerjasama dengan berbagai pihak untuk penyediaan kantong-kantong parkir cadangan, yang tersebar di beberapa titik lokasi,” terangnya.

Baca Juga: Mau Berkunjung ke TMII Naik LRT? Ada Bus Jemputan lho!

2. Hiburan yang tersedia di TMII

TMII Ditargetkan Dikunjungi 262 Ribu Wisatawan selama Libur NataruWajah baru TMII usai direnovasi. Foto: TMII.

Kantong parkir akan tersedia yaitu di Area Taman Burung, Area PP IPTEK, Area Migas, Museum Komodo, Area Pintu 5 Museum Budaya Tionghoa, dan kerjasama dengan Museum Purna Bhakti. 

Selain menikmati Wajah Baru TMII dan ragam Anjungan serta Wahana, wisatawan juga akan dihibur dengan pertunjukan atraksi budaya, diantaranya Support Anjungan Daerah, Ragam Budaya, Musisi Jalanan, Changing Guard, Color Guard, Musik Legenda (Koes Plus), Angklung Paglak, Calung, Banyumasan, Sisingaan, Barong Blora, Taman Mini Menari, Musik Gendang Kempul, Jejangkungan, Reyog Ponorogo, Musik Doll Bengkulu, dan Blegajuran. 

PT TWC juga menggandeng Seniman Pahat dan Seniman Lukis untuk memberikan atraksi edukatif bagi wisatawan. Pada pergantian malam Tahun Baru 2023, PT TWC berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, menyelenggarakan Event Tahun Baru 2023 di Ibu Kota Jakarta yang terpusat di TMII. 

Baca Juga: Wajah TMII Akan Berubah Total di Akhir 2023

3. Dukung program KTT ASEAN Summit pada 2023

TMII Ditargetkan Dikunjungi 262 Ribu Wisatawan selama Libur NataruTaman Mini Indonesia Indah (TMII) kini tengah direvitalisasi. (dok. Humas TMII)

Event tahun baru ini,  turut mendukung program KTT ASEAN SUMMIT pada 2023 mendatang. Adapun, dalam event tersebut, akan ada Grup Band Indie & Kesenian Rakyat, Parade Budaya Nusantara di beberapa titik lokasi antara lain Plaza Keong Emas, Plaza Gajah Mada, Plaza Utara & Selatan Gedung Pengelola dan Acara Puncak di Danau Archipelago.

“PT TWC sebagai Indonesia Heritage Management, senantiasa mendengar dan berbenah dalam upaya-upaya memberikan layanan terbaik bagi wisatawan. Pada Masa Ramai Nataru 2022/2023 ini, kami hadir dengan konten dan aktivitas yang sarat dengan nilai edukasi bagi wisatawan, melalui ragam experiential program,” tutur dia. 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya