Comscore Tracker

TransJakarta Alokasikan Rp600 Miliar untuk Revitalisasi 46 Halte

Revitalisasi dilakukan bertahap selama enam bulan

Jakarta, IDN Times - PT Transportasi Jakarta akan menggelontorkan anggaran senilai Rp600 Miliar untuk melakukan revitalisasi 46 halte hingga akhir 2022. 

“Soal anggaran kurang lebih Rp600 miliar untuk tahun ini terkait dengan (revitalisasi) 46 halte,” kata Direktur Teknik dan Digital TransJakarta Indrayana, kepada wartawan.

Revitalisasi ini, akan dilakukan secara bertahap mulai Jumat (15/4/2022). Indrayana mengatakan, selama proses revitalisasi, halte akan ditutup. 

1. 46 halte terbagi jadi 4 halte integrasi, 4 ikonik dan halte biasa

TransJakarta Alokasikan Rp600 Miliar untuk Revitalisasi 46 HalteHalte TransJakarta Senen (Dok. Humas PT TransJakarta)

Indrayana menerangkan, 46 halte Transjakarta itu akan terbagi menjadi 4 halte integrasi, 4 halte ikonik dan sisanya halte biasa. Halte terintegrasi terdiri dari Halte Cikoko Stasiun Cawang, Halte Stasiun Jatinegara 2, Halte Kebon Pala dan Halte Juanda.

Sedangkan halte ikonik yaitu Halte Sarinah, Halte Bundaran HI, Halte Tosari dan Halte Dukuh Atas 1. Proyek revitalisasi ini akan dikerjakan oleh empat kontraktor.

Proses revitalisasi akan dimulai sebanyak 11 halte. Pembongkaran sebanyak 9 (sembilan) halte akan dilakukan secara bertahap pada tengah malam ini, Jumat (15/4/2022).

Baca Juga: 9 Halte TransJakarta Ditutup Sementara Mulai 15 April, Ini Daftarnya

2. Ada 11 halte TransJakarta yang direvitalisasi mulai hari ini

TransJakarta Alokasikan Rp600 Miliar untuk Revitalisasi 46 HalteInstagram.com/luckypakor

Plt. Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Angelina Betris menyampaikan, sebelas halte yang akan dilakukan revitalisasi adalah Halte Dukuh Atas 1, Halte Tosari, Halte Juanda, Halte Cawang Cikoko, Halte Bundaran HI, Halte Sarinah, Halte Kebon Pala, Halte Kwitang, Halte Balai Kota, Halte Gelora Bung Karno (GBK) dan Halte Stasiun Jatinegara 2. 

Sebagai solusi sementara, PT Transjakarta akan menyediakan shuttle bus yang dilengkapi dengan alat pembayaran tap on bus (TOB). 

“Nanti pelanggan ini akan naik di sisi sisi sebelah kiri. Contohnya di GBK, pelanggan akan naik di halte sebelah kiri, halte pinggir. mereka akan diangkut oleh bus, masuk ke dalam halte polda lalu langsung masuk ke halte eksisting koridor 1,” terangnya.

3. Rute pengalihan halte

TransJakarta Alokasikan Rp600 Miliar untuk Revitalisasi 46 HalteIlustrasi bus Transjakarta (IDN Times/Arief Rahmat)

Kemudian, kata Indrayana, penumpang bisa melanjutkan perjalanan  sampai di Karet Sudirman, lalu bus nanti akan keluar lagi ke sisi kiri untuk mengambil pelanggan yang ada di Dukuh Atas. 

“Nanti bus akan masuk lagi ke Tosari, karena kita akan ke halte tosari lama. Besok halte tosari lama akan kita aktifkan untuk menggantikan tosari yang akan direvitalisasi,” terang dia.

Baca Juga: 11 Halte Transjakarta Direvitalisasi, Cek Lokasinya Disini!

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya