Comscore Tracker

Transjakarta Kembali Operasikan Bus Pink Khusus Perempuan

Tarifnya sama, berlaku mulai 25 Juli 2022

Jakarta, IDN Times - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali mengoperasikan bus pink yang diperuntukan secara khusus bagi pelanggan perempuan. Bus ini efektif melayani pelanggan mulai Senin (25/7/2022).

Pengoperasian bus pink tersebut merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam menghadirkan layanan yang aman dan nyaman, khususnya bagi pelanggan perempuan. 

1. Upaya mencegah pelecehan seksual

Transjakarta Kembali Operasikan Bus Pink Khusus PerempuanHalte Transjakarta Bundaran HI setelah diperbaiki pasca demo (Dok. Humas Transjakarta)

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor, mengatakan, pengoperasian bus pink tersebut bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan menggunakan Transjakarta sebagai pilihan transportasi, terutama bagi perempuan.

“Kenyamanan pelanggan prioritas utama kami. Pelayanan bus pink ini merupakan salah satu upaya Transjakarta ikut menangani masalah pelecehan dalam transportasi publik,” ujar Anang di Jakarta.

Baca Juga: Transjakarta Operasikan Halte Baru di Dekat Stasiun Jakarta Kota

Baca Juga: Penumpang Perempuan Alami Perlakuan Tak Senonoh, Ini Kata Transjakarta

2. Armada akan ditambah bertahap

Transjakarta Kembali Operasikan Bus Pink Khusus PerempuanIlustrasi bus Transjakarta. (Dok. Humas Transjakarta)

Adapun bus Transjakarta pink nantinya akan melayani rute Pasar Baru-Kalideres (Koridor 3). Transjakarta akan menambah armada bus pink tersebut secara bertahap. 

“Akan ada Petugas Layanan Bus (PLB) yang mendampingi. Baik pengemudi dan PLB yang bertugas semuanya perempuan,” kata dia.

3. Beroperasi normal mulai Senin (25/7/2022)

Transjakarta Kembali Operasikan Bus Pink Khusus PerempuanTransjakarta sediakan empat layanan bus dari stasiun Tanah Abang ke stasiun KRL lainnya. (dok. Humas Transjakarta)

Adapun, bus pink akan beroperasi mulai pukul 05.00-22.00 WIB dengan tarif reguler Rp3.500. Pelanggan diwajibkan melakukan tap in dan tap out Kartu Uang Elektronik (KUE) di gate halte. 

“Bus pink akan beroperasi mulai pukul 05.00 - 22.00 WIB dengan tarif reguler Rp3.500,” ucapnya.

Baca Juga: Alasan Kuat TransJakarta Sengaja Sebar Foto Pelaku Mesum

Baca Juga: Catat, Ini 5 Rute Baru TransJakarta Mulai Berlaku Senin 20 Juni 

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya