Transjakarta Siapkan 5 Unit Bus Tambahan Manggarai-Blok M

Untuk antisipasi membludaknya penumpang KRL

Jakarta, IDN Times - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyiapkan 5 unit single bus pada layanan Manggarai - Blok M (6M) untuk mengantisipasi penumpukan penumpang akibat adanya penyesuaian rute KRL Jabodetabek di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan.

"Transjakarta melakukan penambahan sebanyak 5 unit single bus pada layanan Manggarai - Blok M (6M)," kata Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR PT Transjakarta Iwan Samariansyah, dalam keterangan tertulis, Senin (30/5/2022).

Baca Juga: Buntut Ganjil Genap 26 Ruas DKI, Semua Rute TransJakarta Aktif Lagi

1. Ada 3 rute sebagai alternatif

Transjakarta Siapkan 5 Unit Bus Tambahan Manggarai-Blok MSuasana Jalur Layang di Stasiun Manggarai dengan wajah baru (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Selain layanan koridor 6M, Manggarai-Blok M, masyarakat juga tetap bisa memanfaatkan layanan yang sudah ada, yaitu Manggarai - UI (4B), Pulogadung - Tosari (Koridor 4) dan Pulogadung - Kuningan (4D).

"Masing-masing rute beroperasi dengan kapasitas penuh yakni 50-60 orang pelanggam dan waktu tunggu 5 (lima) menit," terang dia.

Kendati begitu, Iwan tetap mengingatkan kepada pelanggan untuk tetap memenuhi aturan protokol kesehatan (prokes) yang berlaku selama Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

2. KRL lakukan perubahan operasi

Transjakarta Siapkan 5 Unit Bus Tambahan Manggarai-Blok MAktivitas penumpang KRL di Stasiun Tangerang, Banten, Minggu (7/6/2020). ANTARA FOTO/Fauzan

Sebelumnya diberitakan IDN Times, KAI Commuter melakukan perubahan operasi KRL Commuterline untuk lintas Bogor dan Bekasi/Cikarang.

Perubahan dilakukan seiring dengan pelaksanaan switch over (SO) ke-5 demi mendukung pembangunan Stasiun Manggarai agar rampung sesuai jadwal.

Kegiatan SO ke-5 mulai dilakukan di Stasiun Manggarai pada Jumat malam, 27 Mei 2022, hingga Sabtu dini hari, 28 Mei 2022.

3. Penyebab SO ke-5 dilakukan

Transjakarta Siapkan 5 Unit Bus Tambahan Manggarai-Blok MArea masuk peron KA Bandara Stasiun Manggarai (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Kegiatan SO ke-5 ini dilakukan dengan mengaktifkan jalur sementara (temporary track) untuk Jalur 1 dan Jalur 2, sekaligus menutup Jalur 3, mengganti sistem persinyalan, serta memasang dan mengganti jaringan listrik aliran atas (JLAA) untuk menyesuaikan perubahan jalur.

Dengan demikian, setelah kegiatan SO 5 dilakukan, akan terjadi penyesuaian jalur di Stasiun Manggarai yang digunakan untuk melayani penumpang kereta api.

Setelah SO 5 nanti, Jalur 1 dan Jalur 2 Stasiun Manggarai hanya akan melayani Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ), dan Jalur 3 akan dinonaktifkan.

Sementara, untuk KRL Commuterline lintas Bekasi/Cikarang Line akan dilayani di Jalur 6 dan Jalur 7 Stasiun Manggarai. Lintas Bogor Line akan dilayani di Jalur 10, Jalur 11, Jalur 12, dan Jalur 13.

Selain mengubah jalur pelayanan kereta api, pelaksanaan SO 5 juga diikuti dengan penyesuaian Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) KRL Commuterline. Pola operasi KRL Commuterline akan mengalami perubahan signifikan untuk Bogor Line dan Bekasi/Cikarang Line.

4. Berikut skema perubahan operasi KRL Commuterline

Transjakarta Siapkan 5 Unit Bus Tambahan Manggarai-Blok MPenumpang berjalan memasuki Stasiun kereta saat PPKM (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

1. Semua KRL Bogor Line menuju ke Stasiun Jakarta Kota

2. KRL Bekasi/Cikarang Line menggunakan 2 pola operasi

- Full Racket (Looping)

• Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara – Bekasi/Cikarang

• Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan – Manggarai – Jatinegara – Bekasi/Cikarang

- Half Racket

• Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang – Kampung Bandan (PP)

• Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang - Angke (PP).

3. Serpong Line, Tangerang Line dan KA Bandara Soetta tidak ada perubahan.

Pola operasi pelayanan di Stasiun Manggarai akan dilakukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan pengguna, saat perpindahan peron untuk transit. Nantinya, pengguna KRL tidak harus menyeberang jalur rel lagi.

Baca Juga: Perubahan Operasi KRL Bogor dan Bekasi Berlaku Hari Ini, Catat Polanya

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya