Wagub DKI Klaim Banjir Jakarta Bisa Surut Sebelum 6 Jam

Kalau ada yang lebih (dari 6 jam) itu dicek dan tidak banyak

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim target banjir surut selama enam jam di wilayah DKI Jakarta dapat dipenuhi. 

“Itu bisa dipenuhi sebelum 6 jam,” kata Riza, kepada wartawan, Senin (8/11/2021).

1. Penyebab banjir surut lebih dari 6 jam

Wagub DKI Klaim Banjir Jakarta Bisa Surut Sebelum 6 JamIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Namun, Riza tak menampik apabila ada wilayah yang tergenang lebih dari enam jam. Dia menyebut besar kemungkinan wilayah itu berada di dataran yang sangat rendah dan lokasinya tidak banyak.

“Kalau ada yang lebih (dari 6 jam) itu dicek. Tidak banyak, di daerah yang memang sangat rendah dan intensitasnya tinggi lebih dari 100 milimeter,” terangnya.

Baca Juga: Kali Ciliwung Meluap, Kawasan Rajawati Jaksel Banjir hingga 2 Meter 

2. Banjir di Jakarta diklaim bisa surut 6 jam setelah hujan reda

Wagub DKI Klaim Banjir Jakarta Bisa Surut Sebelum 6 JamRiza Patria di Danau Sunter, Jakarta Utara (Dok. IDN Times/Istimewa)

Politikus Partai Gerindra ini mengatakan, kalau intensitas hujan melebihi daya tampung saluran drainase, maka waktu yang dibutuhkan bisa lebih lama. 

“Kalau intensitasnya lebih dari daya tampung, itu membutuhkan waktu ya terkait surutnya air,” terangnya. 

3. Perintah Gubernur Anies Baswedan

Wagub DKI Klaim Banjir Jakarta Bisa Surut Sebelum 6 JamGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pintu Air Manggarai, Selasa (25/2) (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Akan tetapi, perintah Gubernur Anies Baswedan, apabila terjadi hujan maka genangan yang terjadi harus surut dalam waktu enam jam. Caranya, tidak hanya menggunakan pompa tetapi juga mengerahkan tangki-tangki air taman yang ada di DKI Jakarta. 

“Perintah dari Pak Gubernur sudah disampaikan berkali-kali seluruh jajaran harus memastikan kalau ada hujan, sebelum 6 jam sudah harus surut. Jadi seluruh jajaran bekerja keras ya,” jelas Riza.

Baca Juga: Banjir Rob Menggenangi 13 RT di Jakarta Utara

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya