Wagub Riza: Presiden Jokowi Diundang Hadiri Formula E pada 4 Juni

Undangan buat Jokowi sudah dikirimkan ke istana

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan akan mengundang Presiden Joko Widodo ke acara Formula E Jakarta E-Prix 2022, 4 Juni 2022. Pemprov DKI Jakarta sudah mengirimkan undangannya ke pihak istana.

“Tentu, Pak Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia tentu diundang. Sudah dikirimkan (undangannya),” kata Riza, kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

Adapun, Riza menuturkan, Jokowi diundang lantaran Formula E merupakan event balap mobil listrik internasional. “Ini event internasional tentu presiden, Pak Jokowi diundang,” jelas dia.

Baca Juga: Anies Sebut Formula E Beri Pesan Khusus Selain Eksposur, Apa Itu?

1. Jokowi kemungkinan buka seremoni Formula E Jakarta

Wagub Riza: Presiden Jokowi Diundang Hadiri Formula E pada 4 JuniPresiden Jokowi dan Gubernur DKI Anies Baswedan dalam peresmian MRT Jakarta, dokumentasi 2019 (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Namun begitu, Riza belum dapat memastikan apakah Jokowi turut andil dalam membuka seremoni event Formula E Jakarta. Sebab, hal itu yang menyusun adalah panitia.

“Sudah disusun oleh panitia ya. Semua sudah diatur tempatnya, teknisnya apa yang dilakukan, jajaran pejabat ya, presiden, mungkin ada menteri terkait dan gubernur serta sebagainya,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan, Formula E bukan sekadar eksposur, melainkan akan membawa pesan jangka panjang.

“Jadi ini jauh lebih besar dari sekadar soal pariwisata, lebih besar daripada soal eksposur tapi ini soal tanggung jawab kita,” kata Anies di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa (24/5/2022). 

2. Formula E jadi momentum wujudkan Jakarta ramah lingkungan

Wagub Riza: Presiden Jokowi Diundang Hadiri Formula E pada 4 JuniDokumentasi - Anies Baswedan saat bernegosiasi mengenai Formula E di New York pada 2019. (facebook.com/Anies Baswedan)

Anies mengatakan, pesan yang akan dibawa dalam Formula E Jakarta E-Prix adalah Jakarta akan menjadi sebuah kota modern dan ramah lingkungan.

“Jadi event Formula E mengirimkan pesan bahwa Jakarta bersiap untuk menjadi kota modern yang lingkungan hidupnya bersih, karena mobilitas penduduknya mengandalkan kendaraan umum yang berbasis energi listrik,” kata dia.

Baca Juga: Jakarta E-Prix, Era Baru Balap Mobil yang Lebih Sehat

3. Pesan dari Formula E bagi masyarakat Jakarta

Wagub Riza: Presiden Jokowi Diundang Hadiri Formula E pada 4 JuniDokumentasi - Anies Baswedan saat bernegosiasi mengenai Formula E di New York pada 2019. (facebook.com/Anies Baswedan)

Selain itu, kata Anies, Formula E juga akan membawa pesan bahwa penduduk Jakarta wajib mengambil tanggung jawab untuk mengurangi emisi karbon di udara. 

“Kami ingin bersihnya Jakarta, birunya langit Jakarta sebagai penanda komitmen kita sebagai warga bumi yang bertanggung jawab,” ujar dia.

Baca Juga: Presiden Komisaris Kontraktor Sirkuit Formula E Mengundurkan Diri

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya