Comscore Tracker

Piala Dunia 2018, Guinness World Records Catat Sejumlah Rekor Baru

Ronaldo juga memecahkan rekor baru

Piala Dunia 2018 di Rusia telah berlalu, namun euforia para pemain dan kemenangan Prancis masih terasa. Rumor mengenai transfer pemain dan kualifikasi Liga Champions pun juga mulai menarik perhatian.

Walaupun gegap gempita Piala Dunia 2018 sudah usai, baru-baru ini Guinness World Records mengeluarkan rekor baru yang berhasil dipecahkan selama ajang tersebut.

1. Pemain tertua yang mencetak hat-trick

Piala Dunia 2018, Guinness World Records Catat Sejumlah Rekor Barumarca.com

Cristiano Ronaldo menjadi pemain tertua yang mencetak hat-trick, ketika pertandingan Portugal melawan Spanyol di fase grup. Pada usia 33 tahun, pemain yang telah resmi pindah ke Juventus ini berhasil membuat rekor baru di Guinness World Records.

2. Negara terkecil yang bermain di Piala Dunia

Piala Dunia 2018, Guinness World Records Catat Sejumlah Rekor Barusoccerpro.com

Kroasia menjadi negara terkecil yang pernah bermain di Piala Dunia, dengan jumlah penduduk yang hanya sekitar 4,1 juta jiwa. Permainan apik oleh tim dengan negara terkecil ini pun sempat membuat kagum karena sang kapten tim, Luka Modric berhasil membawa timnya menuju pertandingan final melawan Prancis.

3. Gol bunuh diri terbanyak

Piala Dunia 2018, Guinness World Records Catat Sejumlah Rekor Baruhindustantimes.com/AP

Sepanjang jalannya Piala Dunia di Rusia, telah terjadi 169 gol yang 12 diantaranya adalah gol bunuh diri. Hal ini mencetak sejarah baru mengenai jumlah gol bunuh diri yang pernah terjadi selama pelaksanaan Piala Dunia.

Salah satu gol bunuh diri bahkan terjadi di final saat liga Kroasia melawan Prancis, yang dilakukan oleh Madzukic dan membuat Prancis memimpin kedudukan skor sementara. Gol oleh Madzukic membuatnya menjadi pemain pertama yang melakukan gol bunuh diri di pertandingan final Piala Dunia.

4. Pemain tertua yang mencetak score di debutnya di Piala Dunia

Piala Dunia 2018, Guinness World Records Catat Sejumlah Rekor Barum.critica.com.pa

Panama, walaupun Piala Dunia 2018 merupakan pertandingan pertama mereka lolos kualifikasi di Piala Dunia, namun rupanya salah satu pemain telah berhasil mencetak rekor baru. Felipe Baloy menjadi pemain tertua yang mencetak skor pada debutnya di Piala Dunia dengan usia 37 tahun lebih 120 hari. Dia membuat skor saat pertandingan Panama melawan Inggris yang berakhir dengan kemenangan Inggris dengan skor 6-1.

5. Pemain tertua di Piala Dunia

Piala Dunia 2018, Guinness World Records Catat Sejumlah Rekor Barum.aawsat.com

Felipe Baloy mungkin menjadi pemain tertua yang mencetak skor pada debutnya di Piala Dunia, tapi pemain tertua jatuh kepada penjaga gawang Mesir yang berusia 45 tahun.

Essam El Hadary telah memecahkan rekor sebelumnya dengan selisih usia dua tahun, memulai pertandingan melawan Arab Saudi pada fase grup.

6. Gol terbanyak oleh seorang kapten

Piala Dunia 2018, Guinness World Records Catat Sejumlah Rekor Baruplanetfootball.com

Harry Kane yang selama Piala Dunia 2018 telah mencetak sebanyak 6 gol dan keluar sebagai top scorer di akhir Piala Dunia. Dia mencetak 1 gol pada penalti saat pertandingan melawan Kolombia, 2 gol saat melawan Tunisia dan 3 gol saat melawan Panama.

Sebelumnya, rekor ini pernah diraih oleh pemain legendaris Argentina, Diego Maradona dari tahun 1986-1994 dan sekarang Harry Kane telah menyamai rekornya.

LM_FCB Photo Community Writer LM_FCB

A teen aspiring writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You