Comscore Tracker

12 Tuntutan BEM SI kepada Jokowi hingga Rachel Vennya Minta Maaf

Rachel Vennya sebabkan dua personel TNI dinonaktifkan

Jakarta, IDN Times - Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM UI) menyampaikan 12 tuntutan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam demo yang berlangsung Kamis siang 21 Oktober 2021. Demo bubar setelah Kepala Staf Presiden Moeldoko menemui pendemo.

Tak hanya tuntutan BEM SI, pembaca IDN Times  sepanjang hari kemarin juga menyoroti kasus pemeriksaan influencer Rachel Vennya yang kabur dari karantina di Wisma Atlet, serta sejumlah artikel menarik lain yang dirangkum dalam #IndonesiaHariIni.

1. Ini 12 tuntutan BEM Seluruh Indonesia kepada Jokowi

12 Tuntutan BEM SI kepada Jokowi hingga Rachel Vennya Minta MaafKepala Staf Kepresidenan RI Dr. Moeldoko Terima Buku Kajian 7 Tahun Pemerintahan Jokowi dari Aliansi BEM SI Kamis (21/10/2021) (Dok.Kantor Staf Presiden RI)

Baca Juga: Ketum Yusril Dihina Demokrat, PBB: Minta Maaf atau Kami Serang AHY

Aliansi BEM SI menilai masih banyak janji Jokowi yang belum dipenuhi dalam tujuh tahun pemerintahannya. Koordinator Pusat Aliansi BEM SI, Kaharuddin, pun menyampaikan 12 tuntutan kepada Jokowi.

Salah satu tuntutannya adalah mendesak pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang untuk membatalkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.  Tuntutan lainnya? Baca di sini.

2. Mengintip gaji guru PPPK, paling rendah Rp1,7 juta

12 Tuntutan BEM SI kepada Jokowi hingga Rachel Vennya Minta MaafIlustrasi guru pppk (IDN Times/Hilmansyah)

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah megumumkan guru honorer yang lolos seleksi kompetensi tahap I Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru. Pada seleksi tahap I, ada 173.329 peserta yang dinyatakan lolos.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 98 tahun 2020, tentang gaji dan tunjangan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Dalam Perpres tersebut, gaji guru PPPK paling rendah Rp1,7 juta. Yang tertinggi? Cek di sini.

3. Dirut RSCM bantah ada lonjakan kasus COVID-19

12 Tuntutan BEM SI kepada Jokowi hingga Rachel Vennya Minta MaafRSUP Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) (Instagram.com/rscm.official)

Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangkunkusumo (RSCM) Lies Dina Liastuti membantah terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di RSCM. Dia mengatakan pasien COVID-19 di RSCM saat ini, bahkan bisa dihitung dengan jari.

"Sejak bulan September dan Oktober ini kasus sudah sangat turun dan melandai. Kasus yang masuk ke RSCM dalam bulan September dan Oktober ini setiap hari berkisar hanya antara 2-10 pasien," kata Dina. Simak keterangan lengkapnya di sini.

4. Eks pegawai KPK ajukan banding ke Jokowi

12 Tuntutan BEM SI kepada Jokowi hingga Rachel Vennya Minta MaafNovel Baswedan (kiri), Yudi Purnomo (tengah), Usman Hamid (kanan) datangi Gedung KPK bersama 57 Pegawai Nonaktif KPK pada Rabu (30/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Mantan Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melayangkan surat banding administratif ke Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Surat itu terkait pemecatan yang dialami 57 eks pegawai KPK pada 30 September 2021 lalu.

Surat tersebut telah dilayangkan kepada Jokowi dengan tembusan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, pada Kamis (21/10/2021). Simak selanjutnya di tautan ini.

5. Dunia krisis energi, begini persiapan Indonesia

12 Tuntutan BEM SI kepada Jokowi hingga Rachel Vennya Minta MaafKrisis energi dunia (unsplash.com/Chris LeBoutillier)

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan Indonesia tidak perlu khawatir akan mengalami krisis energi seperti yang sedang terjadi di banyak negara di dunia, termasuk Inggris.

Ia mengatakan Indonesia memiliki banyak sumber daya alam yang mendukung kebutuhan energinya sehingga bisa terhindar dari krisis energi. Apa saja cadangan energi yang disiapkan Indonesia? Baca di sini.

6. Rachel Vennya minta maaf setelah 9 jam diperiksa

12 Tuntutan BEM SI kepada Jokowi hingga Rachel Vennya Minta MaafSelebgram Rachel Vennya bersama kekasihnya, Salim Nauderer dan manajernya, Maulida Khairunnia memenuhi panggilan Polda Metro Jaya, Kamis (21/10/2021) pukul 14.15 WIB. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Selebgram Rachel Vennya bersama sang kekasih, Salim Nauderer, dan manajernya, Maulida Khairunnia, akhirnya selesai menjalani pemeriksaan di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya, Kamis (21/10/2021).

Ketiganya diperiksa sejak pukul 14.15 WIB dan baru keluar dari gedung Ditreskrimum pukul 22.53 WIB. Dalam kesempatan itu, Rachel baru mau buka suara kepada awak media dengan menyampaikan permohonan maaf. Selengkapnya simak di sini.

Baca Juga: Rachel Vennya Bikin 2 Anggota TNI Dinonaktifkan dari Kogasgabpad

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya