Comscore Tracker

Anies Kena COVID, Dana Teroris dari Minimarket, hingga Libur Dipangkas

Indonesia Hari Ini ada penjelasan MER-C soal swab Rizieq

Jakarta, IDN Times - Setelah Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Selasa (1/12/2020) giliran Gubernur Anies Baswedan yang mengumumkan terinfeksi virus COVID-19. Anies kini melakukan isolasi mandiri.

Fakta elit Jakarta terkena COVID-19 menyedot perhatian pembaca IDN Times sepanjang hari ini, selain soal pemangkasan cuti bersama akhir tahun, hasil swab Rizieq Shihab yang dilakukan MER-C, dan dana teroris yang disebut dihimpun dari sumbangan minimarket.

1. Selain Anies Baswedan, ini pejabat DKI yang pernah terpapar COVID-19

Anies Kena COVID, Dana Teroris dari Minimarket, hingga Libur DipangkasGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Baca Juga: Cerita Penggali Kubur COVID-19, dapat Upah Rp500 Ribu Satu Liang Lahat

Gubernur Anies Baswedan mengonfirmasi bahwa dirinya dinyatakan positif terpapar COVID-19. Menurut Anies, dia dinyatakan positif COVID-19 berdasar hasil tes usap (swab test) PCR yang keluar pada Selasa dini hari (1/12/2020).

Berdasarkan catatan IDN Times, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tersebut merupakan orang ke-16 di lingkungan pemerintah DKI Jakarta yang terpapar COVID-19. Siapa saja yang lainnya? Lihat selengkapnya di sini.

2. Ular kobra dan sanca bermunculan di Depok

Anies Kena COVID, Dana Teroris dari Minimarket, hingga Libur DipangkasUlar kobra ditangkap di Dusun Kepek I Rt 6, Wonosari, Gunungkidul. IDN Times/Istimewa

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Jawa Barat, menerima banyak pengaduan soal temuan ular selama November 2020. Jumlah pengaduan ini meningkat, dibandingkan pada Oktober.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Denny Romulo mengatakan, tidak hanya ular, masyarakat juga mengadukan penemuan satwa lainnya seperti monyet dan biawak. Baca penjelasan selengkapnya di tautan ini.

3. Tanggapan MER-C soal pihak yang ragu hasil swab Rizieq Shihab

Anies Kena COVID, Dana Teroris dari Minimarket, hingga Libur DipangkasPimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Ketua Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Sarbini Abdul Murad membenarkan MER-C tidak memiliki laboratorium untuk memeriksa hasil tes usap atau tes swab COVID-19 pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

“MER-C memang gak punya lab, kita hanya mengambil (swab), kita bawa ke lab yang kredibel,” kata Sarbini kepada IDN Times.

Lalu bagaimana hasil swabnya? Baca kelanjutannya di link ini.

4. Dana Teroris Jamaah Islamiyah terkumpul dari kotak amal minimarket

Anies Kena COVID, Dana Teroris dari Minimarket, hingga Libur DipangkasIlustrasi Bom (IDN Times/Mardya Shakti)

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono, mengatakan bahwa Polri berhasil mengungkap asal-usul dana yang digunakan operasi jaringan kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI). Menurut Awi, kelompok teroris ini mendapat aliran dana besar dari beberapa sumber, salah satunya adalah dari dana kotak amal yang ditempatkan di sejumlah minimarket.

Dana yang telah dikumpulkan tersebut digunakan JI untuk sejumlah kepentingan organisasi. Salah satunya, pembelian senjata dan bahan peledak dan juga digunakan untuk operasi ke Suriah. Lalu untuk apa lagi? Lihat di link berikut ini.

5. Tok! Pemerintah akhirnya memangkas libur panjang akhir tahun 3 hari

Anies Kena COVID, Dana Teroris dari Minimarket, hingga Libur DipangkasMenko PMK Muhadjir Effendy (Dok. ANTARA News)

Pemerintah akhirnya memutuskan untuk memangkas libur akhir tahun 2020. Melalui rapat koordinasi lintas kementerian, pemerintah sepakat memangkas libur panjang akhir tahun sebanyak tiga hari.

"Kita sudah bisa ambil keputusan bersama kementerian terkait. Dengan demikian, secara teknis pengurangan libur itu ada tiga hari yaitu 28-30 Desember," ujar Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam keterangan persnya, Selasa (1/12/2020). Selengkapnya lihat di tautan ini.

Baca Juga: [BREAKING] Positif COVID-19, Gubernur Anies Minta Doa Supaya Sembuh

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya