Atasi Banjir Jabodetabek, BPPT akan Geser Hujan ke Selat Sunda

Atau ke waduk-waduk seperti Jatiluhur dan Jatigede

Jakarta, IDN Times - Beberapa titik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi mengalami banjir dan longsor akibat hujan lebat yang mengguyur pada malam Tahun Baru 2020 hingga pagi harinya. Mengatasi banjir di wilayah ini, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi akan menggeser hujan ke arah Selat Sunda.

BPPT akan menerapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk percepatan penurunan hujan. "BPPT merencanakan akan menurunkan hujan ke Selat Sunda atau Lampung," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/1).

Namun, jika arah angin ke timur, Agus melanjutkan, maka hujan akan diturunkan ke waduk-waduk seperti Jatiluhur dan Jatigede.

Untuk membantu proses TMC ini, BPPT bersama BNPB dan TNI akan mengerahkan 2 jenis unit pesawat yakni CN295 dan Casa.

1. Jabodetabek masih akan diguyur hujan hari ini

Atasi Banjir Jabodetabek, BPPT akan Geser Hujan ke Selat SundaIlustrasi hujan (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Hujan dengan intensitas sedang dan lebat masih akan mengguyur wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), hari ini. Prakiraan yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyebutkan, sebagian besar wilayah Jakarta masih diguyur hujan siang ini, kecuali Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. Adapun kelembapan udara berkisar 75 sampai 100 persen. Sedangkan suhu seluruh wilayah di kisaran 23 hingga 32 derajat Celcius.

Wilayah lain di luar Jakarta juga berpotensi hujan sedang dan lebat disertai petir, terutama di wilayah Parung, Bojonggede, Cibinong, dan sekitarnya. Kondisi dapat meluas ke wilayah lain seperti Rumpin, Semplak, Citeureup, Cileungsi, Dramaga, Kedunghalang, Bogor Utara, Tanah Sareal, Bogor Barat, Cibungbulang.

Baca Juga: Banjir Awal Tahun Tersebar di 169 Titik Wilayah Jabodetabek dan Banten

2. Banjir Jabodetabek menyebabkan 16 orang meninggal dunia

Atasi Banjir Jabodetabek, BPPT akan Geser Hujan ke Selat SundaJalan Benhil Raya, Twitter/@TMCPoldaMetro

Selain menimbulkan kerusakan, banjir Jabodetabek sendiri telah menyebabkan 16 orang warga di wilayah tersebut meninggal dunia.

Sampai saat ini, data yang berhasil dikumpulkan BNPB, korban tewas di DKI Jakarta 8 orang, Kota Bekasi 1 orang, Kota Depok 3 orang, Kota Bogor 1 orang, Kabupaten Bogor 1 orang, Kota Tangerang 1 orang, dan Tangerang Selatan 1 orang.

3. Berbagai penyebab tewasnya warga saat banjir

Atasi Banjir Jabodetabek, BPPT akan Geser Hujan ke Selat SundaIDN Times/khaerul anwar

BNPB mencatat warga yang meninggal di wilayah Jabodetabek ini dipicu berbagai sebab, antara lain: hipotermia, tersengat aliran listrik, tenggelam, terbawa arus, tertimbun tanah longsor

Saat ini BNPB masih terus melakukan pendataan dari berbagai sumber dan kemungkinan jumlah korban bisa bertambah.

Baca Juga: BNPB: Kota Bekasi Wilayah Terparah di Jabodetabek yang Dilanda Banjir

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya