Bambang Trihatmodjo Banding Lawan Menkeu hingga Presiden Tiga Periode 

#IndonesiaHariIni Jokowi pernah bicara presiden tiga periode

Jakarta, IDN Times - Bambang Trihatmodjo, putra Presiden RI ke-2 Soeharto, tidak mau kalah begitu saja dalam kasus gugatan terhadap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Menkeu sebelumnya mengajukan cekal terhadap Bambang karena persoalan utang kepada negara.

Tak hanya soal Bambang, pembaca IDN Times, Selasa (22/6/2021), juga menyoroti lonjakan kasus COVID-19 yang membuat rumah sakit dan lokasi isolasi di Wisma Atlet penuh sesak. Juga artikel menarik lainnya.

1. Aksi Bambang Trihatmodjo setelah kalah dari Sri Mulyani

Bambang Trihatmodjo Banding Lawan Menkeu hingga Presiden Tiga Periode Menteri Keuangan, Sri Mulyani. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dilihat di situs PT TUN Jakarta, banding yang diajukan Bambang telah terdaftar sejak Rabu, 16 Juni 2021. 

Sri Mulyani sebelumnya memutuskan memperpanjang masa pencegahan ke luar negeri bagi Bambang Trihatmodjo pada 27 Mei 2020 lalu. Hal ini berbuah pelaporan oleh putra ketiga Presiden ke-2 RI Soeharto tersebut kepada sang menteri. Namun Bambang kalah di pengadilan tingkat pertama. Baca selengkapnya di tautan ini.

2. Ulang tahun, ini enam nama yang pernah dipakai Jakarta

Bambang Trihatmodjo Banding Lawan Menkeu hingga Presiden Tiga Periode Monumen Nasional (IDN Times/Besse Fadhilah)

Jakarta, kota megapolitan. Pusat pemerintahan hingga perekonomian berada di Ibu Kota negara Republik Indonesia ini. Kemegahan gedung pencakar langit menjadi ciri khas Jakarta masa kini. Namun siapa sangka Jakarta memiliki sejarah panjang.

Salah satunya terkait dengan nama kota. Sejarawan JJ Rizal mengatakan kota yang akan merayakan HUT ke-494 pada 22 Juni 2021 ini setidaknya memiliki enam nama, sebelum Jakarta. Apa saja? Cek di tautan ini.

Baca Juga: Singa-Singa Timur Tengah: Adu Kuat Kekuatan Militer Iran-Israel 

3. Wisma Atlet penuh pasien COVID-19, Kemenag siapkan Wisma Haji

Bambang Trihatmodjo Banding Lawan Menkeu hingga Presiden Tiga Periode Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat (IDN Times/Athif Aiman)

Lonjakan kasus COVID-19 membuat keterisian Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta, telah penuh. Alhasil, pemerintah menyiapkan alternatif tempat untuk isolasi mandiri pasien COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, Pemprov DKI telah menyediakan tempat lain untuk isolasi mandiri. Salah satunya adalah Rusun Nagrak di Cilincing. Sedangkan, Kementerian Agama menyiapkan asrama haji bagi pasien yang ingin melakukan isoman. Selengkapnya baca di sini.

4. Pasal 'neraka' ini bikin Garuda Indonesia terlilit utang

Bambang Trihatmodjo Banding Lawan Menkeu hingga Presiden Tiga Periode Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia. Dok. Garuda Indonesia

Salah satu beban terberat Garuda Indonesia dalam krisis keuangannya ialah utang penyewaan pesawat terhadap lessor. Banyak pesawat Garuda yang tak terbang sehingga harus di-grounded, namun tak bisa dikembalikan lebih cepat dari masa sewa. Akibatnya Garuda  tetap harus membayar biaya sewa yang cukup besar.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra membeberkan, selama ini memang ada klausul yang sangat membebani perusahaan alias pasal 'neraka' dalam kontrak sewa pesawat dengan lessor. Apa isi pasal itu? Simak di link berikut.

5. Wacana presiden tiga periode, Jokowi pernah membahasnya lho

Bambang Trihatmodjo Banding Lawan Menkeu hingga Presiden Tiga Periode (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Wacana untuk memperpajang masa jabatan presiden menjadi tiga periode kini bergema lagi. Bahkan kini sudah muncul kelompok relawan yang mendukung Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi presiden 3 periode, dan nanti di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Namun, sebelumnya Jokowi telah beberapa kali menyatakan menolak wacana tersebut. Berikut pernyataan-pernyaatan yang pernah dilontarkan Jokowi menolak wacana jabatan presiden 3 periode. Apa kata Jokowi? Baca di sini.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Proyek Kapal dan MYC, KPK Periksa Pejabat di Aceh

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya