Benarkah Ratusan Orang Pingsan Usai Vaksinasi hingga TPU Baru COVID

Indonesia Hari Ini, penduduk Indonesia didominasi laki-laki

Jakarta, IDN Times - Sebuah video berdurasi dua menit beredar luas. Rekaman dalam video itu menunjukkan ratusan orang pingsan. Disebut-sebut karena vaksinasi COVID-19. IDN Times mengecek kebenarannya.

Tak hanya soal vaksinasi, upaya Kejaksaan Agung mengungkap korupsi di BPJS Ketenagakerjaan juga memicu keingintahuan pembaca pada Jumat (22/1/2021). Cek juga artikel menarik lainnya.

Baca Juga: Kejagung Periksa Mantan Dirut Asabri Soal Dugaan Korupsi Investasi

1. Benarkah ratusan orang tak sadarkan diri usai divaksinasi?

Benarkah Ratusan Orang Pingsan Usai Vaksinasi hingga TPU Baru COVIDHumas RS Kanker Dharmais Anjari Umarjiyanto mengikuti vaksinasi COVID-19 (Dok. Pribadi/Anjari Umarjiyanto)

Sebuah video yang disebut-sebut terkait vaksinasi COVID-19 bikin heboh. Pengunggah video mengklaim vaksin yang diberikan adalah vaksin COVID-19 buatan Sinovac.

Dalam video, tampak sejumlah laki-laki yang menggunakan sarung serta peci terbaring di sebuah ruangan. Sejumlah orang lain terlihat harus dibopong karena lemas. Benarkah? Baca hasil cek faktanya di tautan ini.

2. Kasus positif COVID-19 di Indonesia terus membengkak

Benarkah Ratusan Orang Pingsan Usai Vaksinasi hingga TPU Baru COVIDIlustrasi petugas medis melakukan rapid tes antigen COVID-19 (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Satgas Penanganan COVID-19 melaporkan ada 13.632 orang dinyatakan positif terpapar virus corona per Jumat (22/1/2020). Dengan penambahan ini, total jumlah orang yang terpapar COVID-19 di Tanah Air mencapai 965.283 kasus.

DKI Jakarta menjadi wilayah yang paling banyak menyumbang kasus harian COVID-19 hari ini dengan 3.792 orang. Cek wilayah lainnya di tautan ini.

3. Pemprov DKI diminta buka lahan TPU khusus COVID-19 yang dibeli Rp185 miliar

Benarkah Ratusan Orang Pingsan Usai Vaksinasi hingga TPU Baru COVIDProses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 di TPU Pondok Ranggon pada Selasa (16/9/2020). IDN Times/Aldila Muharma-Fiqih Damarjati

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengalokasikan anggaran Rp219 miliar di APBD-P tahun 2020 guna pengadaan tanah Ruang Terbuka Hijau (RTH) makam. PSI meminta agar Anies segera membuka lahan yang telah dibeli saat krisis lahan untuk jenazah COVID-19 sedang terjadi.

Menurut PSI, Pemerintah Provinsi (pemprov) DKI beralasan bahwa pengadaan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan lahan makam COVID-19. Betulkan TPU belum dibuka? Selengkapnya ada di sini.

4. Kejagung periksa direktur keuangan BPJS Ketenagakerjaan yang diduga korupsi

Benarkah Ratusan Orang Pingsan Usai Vaksinasi hingga TPU Baru COVIDIlustrasi Kerja Sama Koruptor (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung (Kejagung), Leonard Eben Ezer Simanjuntak, mengatakan pihaknya memeriksa dua orang direktur BPJS Ketenagakerjaan. Keduanya ialah Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan, EA, dan Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, MKS.

Leonard mengungkapkan keduanya diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi di BPJS Ketenagakerjaan. Cek selengkapnya di tautan ini.

5. Penduduk Indonesia capai 271 juta jiwa, laki-laki paling banyak lho!

Benarkah Ratusan Orang Pingsan Usai Vaksinasi hingga TPU Baru COVIDWarga mengisi kuesioner Sensus Penduduk (SP) Online 2020 di Kampung Cibahbul, Lebak, Banten, Sabtu (9/5/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat jumlah penduduk Indonesia hingga Desember 2020 mencapai 271.349.889 jiwa. Angka tersebut berdasarkan sinkronisasi hasil Sensus Penduduk 2020 dan data administrasi kependudukan (Adminduk) dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri.

"Jumlah penduduk Indonesia Semester II 2020 yang telah diintegrasikan dengan data hasil sensus penduduk berjumlah 271.349.889 jiwa," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Muhammad Hudori. Berapa jumlah penduduk laki-laki? Baca di link berikut ini.

Baca Juga: BMKG: Total Gempa di Indonesia Sejak 1 Januari 2021 Sebanyak 59 Kali

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya