Comscore Tracker

BPJS Akui Data Penduduk RI Diretas hingga Giant Tutup Seluruh Toko

#IndonesiaHariIni Kepala BNPB diganti, bye Pak Doni Monardo!

Jakarta, IDN Times - BPJS Kesehatan akhirnya melaporkan secara resmi kasus peretasan data 279 penduduk Indonesia. Data itu diperjualbelikan di situs internet baru-baru ini.

Selain laporan data yang diretas, pembaca IDN Times, Selasa (25/5/2021) juga menyoroti soal pergantian kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana dari Letjen TNI Doni Monardo ke  Letjen TNI Ganip Warsito. Juga sejumlah artikel menarik lainnya.

1. BPJS Kesehatan lapor peretasan data 279 juta penduduk RI ke Bareskrim Polri

BPJS Akui Data Penduduk RI Diretas hingga Giant Tutup Seluruh Tokoilustrasi/ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti, mengungkap pihaknya telah membuat laporan kepada Bareskrim Mabes Polri terkait dugaan adanya peretasan data peserta BPJS di sistem mereka.

Ia berharap polisi bisa menelusuri adanya dugaan peretasan setelah 279 juta data peserta BPJS Kesehatan diketahui dijual di situs Raid Forums. Data yang dijual dengan menggunakan bitcoin itu tidak hanya data WNI yang masih hidup tetapi juga yang telah meninggal. Selanjutnya baca di sini.

2. Polisi periksa pemilik akun Instagram aksi pembakaran Al-Qur'an

BPJS Akui Data Penduduk RI Diretas hingga Giant Tutup Seluruh TokoIlustrasi Al-Qur'an dan Buku Yasin (IDN Times/Besse Fadhilah)

Sebuah unggahan berisi pembakaran Al-Qur'an viral di media sosial. Pengunggah video adalah akun Instagram @farhanah_santoso_2425. Akun tersebut saat ini di-private. Akan tetapi, aksi pembakaran telah tersebar di Twitter.

Salah satunya diunggah akun @Namaku_Mei. Ia mempertanyakan alasan pembakaran Al-Qur'an yang diunggah di akun Instagram @farhanah_santoso_2425. Polisi pun bergerak cepat. Selengkapnya baca di sini.

Baca Juga: Novel Baswedan Cs Adukan TWK ke Komnas HAM, Ini Reaksi KPK

3. Jokowi resmi lantik Ganip Warsito jadi kepala BNPB

BPJS Akui Data Penduduk RI Diretas hingga Giant Tutup Seluruh TokoPelantikan Ganip Warsito sebagai kepala BNPB (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo secara resmi melantik Letjen TNI Ganip Warsito sebagai kepala BNPB, menggantikan Letjen TNI Doni Monardo yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Juni 2021. 

Pelantikan Ganip sebagai kepala BNPB berlangsung pada Selasa (25/5/2021) pukul 10.00 WIB di Istana Kepresidenan Jakarta, dengan pembacaan sumpah jabatan yang dipandu Presiden Jokowi dan disirakan langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden. Simak selanjutnya di tautan ini.

4. Nasib 75 pegawai KPK, 24 orang akan dites ulang

BPJS Akui Data Penduduk RI Diretas hingga Giant Tutup Seluruh TokoLima Pimpinan KPK (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

KPK akhirnya merespons perintah PresidenJokowi untuk berkoordinasi dengan Kemenpan RB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dan Kemenkumham untuk menentukan nasib 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan.

Dari koordinasi tersebut, dengan banyak pertimbangan akhirnya disepakati 24 pegawai KPK akan dites ulang. Bagaimana sisanya? Baca di link berikut.

5. Giant tutup seluruh tokonya mulai Juli 2021, 5 gerai disulap jadi IKEA

BPJS Akui Data Penduduk RI Diretas hingga Giant Tutup Seluruh TokoIlustrasi Giant Hypermarket (IDN Times/Sunariyah)

Perusahaan ritel multiformat PT Hero Supermarket Tbk. (HERO Group) mengumumkan akan menutup seluruh gerai Giant. Keputusan tersebut dilakukan sebagai bagian dari strategi perusahaan.

"Gerai Giant lainnya akan dengan berat hati ditutup pada akhir Juli 2021, walaupun negosiasi terkait potensi pengalihan kepemilikan sejumlah gerai Giant kepada pihak ketiga masih berlangsung," kata Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk, Patrik Lindvall. Ada lima toko yang akan disulap jadi IKEA. Di mana saja? Baca di tautan ini.

Baca Juga: Tertangkap! Begal Payudara di Kemayoran Mengaku 3 Kali Beraksi

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya