Comscore Tracker

COVID-19 Capai Rekor Tertinggi hingga Utang RI Lampaui Ketentuan IMF

#IndonesiaHariIni Rizieq Shihab dan menantu divonis penjara

Jakarta, IDN Times - Kasus COVID-19 di Indonesia kembali mencetak rekor tertinggi. Hari ini, Kamis (24/6/2021) tercatat peningkatan kasus lebih dari 20 ribu. 

Tak hanya soal lonjakan kasus COVID-19, utang pemerintah yang sudah melampaui ketentuan IMF juga menjadi sorotan pembaca IDN Times. Sejumlah artikel menarik lainnya juga tak luput dari perhatian.

1. Kasus COVID-19 cetak rekor baru

COVID-19 Capai Rekor Tertinggi hingga Utang RI Lampaui Ketentuan IMFIlustrasi tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 mengusung jenazah pasien positif COVID-19 di Tempat Pemakaman Umum di Kudus (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Satgas Penanganan COVID-19 melaporkan kasus positif COVID-19 di Indonesia hari ini mencapai rekor tertinggi sebanyak 20.574. Total kasus menjadi 2.053.995.

Korban meninggal akibat penularan virus ini pun kian bertambah. Baca selengkapnya di tautan ini.

2. Rizieq Shibab dan menantu divonis 4 dan 1 tahun penjara

COVID-19 Capai Rekor Tertinggi hingga Utang RI Lampaui Ketentuan IMFKawat berduri dipasang saat berlangsungnya sidang lanjutan kasus pelanggaran protokol kesehatan dengan terdakwa Rizieq Shihab di kawasan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Jakarta, Jumat (26/3/2021). Sidang tersebut beragendakan pembacaan nota keberatan atau eksepsi (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Baca Juga: 5 Aksi Pencegatan AU Rusia di Laut Hitam, Tidak Segan Jatuhkan Bom

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong hasil swab test PCR COVID-19 di Rumah Sakit UMMI, Bogor, Jawa Barat, Rizieq Shihab Divonis empat tahun penjara.

Ketua Majelis Hakim Khadwanto menyatakan Rizieq terbukti bersalah melakukan tindak pidana turut serta melakukan penyiaran berita bohong dan timbulkan keonaran.

Tak hanya Rizieq, menantunya pun divonis satu tahun bui. Baca selengkapnya di tautan ini dan link berikut.

3. Waspada! 13 daerah ini bakal alami hari tanpa hujan lebih dari 2 bulan

COVID-19 Capai Rekor Tertinggi hingga Utang RI Lampaui Ketentuan IMFIlustrasi hujan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memaparkan sebanyak 63 persen wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau, walaupun di sejumlah daerah masih turun hujan.

"Dalam minggu-minggu ini memang beberapa tempat terutama di Jawa masih ada hujan, di saat kondisi sekarang sebenarnya periode musim kemarau," kata Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG, Dodo Gunawan. Cek di mana saja daerahnya di tautan ini.

4. Duh! BPK ungkap utang pemerintah sudah lampaui ketentuan IMF

COVID-19 Capai Rekor Tertinggi hingga Utang RI Lampaui Ketentuan IMFIlustrasi Utang (IDN Times/Arief Rahmat)

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2020 dan sekaligus Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II (IHPS) Tahun 2020. Dalam laporan itu, BPK menyebutkan utang pemerintah telah melampaui batas ketentuan International Monetary Fund (IMF) alias Dana Moneter Internasional.

Selain itu, BPK juga menyebutkan pengadaan utang pemerintah tahun lalu telah melebihi kebutuhan pembiayaan untuk menutupi defisit anggaran tahun 2020. Seberapa besar utang pemerintah? Simak di sini.

5. Pandemik, parpol pendukung Jokowi malah gelar reuni

COVID-19 Capai Rekor Tertinggi hingga Utang RI Lampaui Ketentuan IMFPresiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Sejumlah petinggi partai politik pengusung Jokowi-Ma'ruf pada Pemilu 2019 melakukan reuni tatap muka pada Rabu, 23 Juni 2021 kemarin. Namun, pertemuan tatap muka yang dilakukan di tengah lonjakan kasus COVID-19 menuai kritik dari publik.

Apalagi sejak 22 Juni 2021 lalu, Presiden Joko "Jokowi" Widodo sudah meminta agar warga tetap berada di rumah bila tidak ada keperluan yang mendesak. 

Salah satu tokoh yang hadir dalam pertemuan reuni adalah Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani. Selengkapnya baca di link ini.

Baca Juga: Pro-Kontra Jokowi Jabat Presiden 3 Periode, Begini Peta Politiknya

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya