Deg-degan Menunggu Pengumuman SNMPTN Pukul 13.00, Cek di 13 Laman Ini

Cek di mana saja kalian bisa mengakses pengumuman

Jakarta, IDN Times - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi 2020 hari ini, Rabu (8/4). Pengumuman secara resmi akan dirilis pukul 13.00 WIB.

Informasi resmi di laman LTMPT menyebutkan, siswa sekolah menengah atas yang mengikuti seleksi ini bisa melihat hasil pengumuman di laman utama LTMPT, yakni http://portal.ltmpt.ac.id.

1. Pengumuman juga bisa dicek di 12 laman ini loh

Deg-degan Menunggu Pengumuman SNMPTN Pukul 13.00, Cek di 13 Laman Iniitb.ac.id

Namun LTMPT juga menginformasikan 12 laman mirror yang bisa dilihat siswa. Ini daftar 12 laman tersebut:

  • http://snmptn.ui.ac.id
  • http://snmptn.ugm.ac.id
  • http://snmptn.undip.ac.id
  • http://snmptn.unair.ac.id
  • http://snmptn.unsri.ac.id
  • http://snmptn.untan.ac.id
  • http://snmptn.itb.ac.id
  • http://snmptn.its.ac.id
  • http://snmptn.ipb.ac.id
  • http://snmptn.unand.ac.id
  • http://snmptn.unhas.ac.id
  • http://snmptn.unsyiah.ac.id

2. Trending di twitter, tak bisa tidur menanti pengumuman

Deg-degan Menunggu Pengumuman SNMPTN Pukul 13.00, Cek di 13 Laman Ini(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Pendaftaran UTBK dan SBMPTN Dibuka 2 Juni

Pengumuman SNMPTN menjadi trending topic di linimasa twitter Indonesia. SNMPTN hingga pukul 07.00 mendapat lebih dari 10.000 cuitan. Sebagian besar deg-degan menanti pengumuman ini.

Akun @MingYun1712 mengaku sudah deg-degan sejak bangun tidur. "Dari bangun tidur jantung gue udh degdegan parah, siapa pun yg liat ini yg sama" lagi degdegan nunggu pengumuman SNMPTN, ayo kita saling mendoakan semoga dapet warna ijo," tulisnya

Sementara akun @_ainullyqn sampai tak bisa tidur memikirkan pengumuman SNMPTN. "Gara gara mikirin SNMPTN jadi ga bisa tidur :(," tulisnya

Deg-degan Menunggu Pengumuman SNMPTN Pukul 13.00, Cek di 13 Laman Ini
Deg-degan Menunggu Pengumuman SNMPTN Pukul 13.00, Cek di 13 Laman Ini

3. Belum lolos? Tenang, masih ada jalur SBMPTN

Deg-degan Menunggu Pengumuman SNMPTN Pukul 13.00, Cek di 13 Laman Iniilustrasi siswa-siswi SMA mengerjakan ujian akhir semester (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Selain SNMPTN, jalur masuk perguruan tinggi negeri juga bisa diperoleh lewat seleksi SBMPTN. Untuk jalur ini, LTMPT sebelumnya mengumumkan akan menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 pada Juni mendatang.

Informasi ini disampaikan lewat surat edaran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Nomor 11/SE.LTMPT/2020.

Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih mengumumkan jadwal pendaftaran UTBK dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 juga berubah. Demikian pula jadwal pengumuman SBMPTN 2020.

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilaksanakan pada 2-20 Juni 2020. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 dilakukan secara bersamaan atau dalam satu kali proses.

Saat melakukan pendaftaran, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK sekaligus PTN, serta program studi tujuan.

Pelaksanaan UTBK 2020 berlangsung pada 5-12 Juli 2020. Nasih mengatakan tes UTBK 2020 akan dilaksanakan dalam empat sesi pada setiap hari. Selain itu, setiap peserta hanya boleh mengambil maksimal satu kali tes saja.

Sementara materi yang akan diujikan dalam UTBK 2020 ialah Tes Potensi Skolastik (TPS). TPS adalah materi tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif, yakni penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Sementara kemampuan yang diuji dalam TPS di antaranya penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Sedangkan, pengumuman SBMPTN 2020 dilaksanakan pada 25 Juli 2020.

Baca Juga: UN 2020 Ditiadakan Gegara Virus Corona, Bagaimana Nasib SNMPTN?

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya