Fakta Baru Kasus Narkoba Jennifer Jill hingga Vaksin Nusantara

#IndonesiaHariIni beredar daftar 31 nama calon dubes

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya membeberkan sejumlah fakta kasus narkoba yang melibatkan artis Jennifer Jill. Jennifer ditangkap Selasa, 16 Februari 2021 lalu. Polisi juga mengamankan suami dan anaknya.

Selain fakta baru kasus Jennifer, pembaca IDN Times, Jumat (19/2/2021) juga menyoroti soal vaksin Nusantara yang digagas mantan Menkes Terawan Agus Putranto yang disebut bisa membentuk antibodi seumur hidup sekali suntik. Ada juga artikel menarik lainnya.

1. Polisi sebut Jennifer Jill menyimpan sabu selama 4 tahun

Fakta Baru Kasus Narkoba Jennifer Jill hingga Vaksin NusantaraPolisi gelar jumpa pers kasus narkoba Jennifer Jill, Jumat (19/2/2021) (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, masih mendalami motif artis Jennifer Jill yang menyimpan sabu sejak empat tahun lalu. Hal itu terungkap setelah polisi melakukan pemeriksaan terhadap Jennifer Jill bersama suaminya, Ajun Perwira dan anaknya Philopaz Patric Armand.

“Pengakuan awal 4 tahun yang lalu (memiliki dan menyimpan sabu). Dia menyimpan dan membeli dari orang yang DPO tadi A dan R. Kita akan mengejar DPO ini," ucap Yusri. Selengkapnya baca di sini.

Baca Juga: Polisi Tangkap Fredy Kusnadi Terduga Mafia Tanah Ibu Dino Pati Djalal

2. Arti Siaga 1 ,2, 3 dan 4 dalam peringatan bencana banjir

Fakta Baru Kasus Narkoba Jennifer Jill hingga Vaksin NusantaraIlustrasi Banjir. (IDN Times/Mardya Shakti)

Hujan deras sejak Kamis (18/2/2021) malam menyebabkan sejumlah titik di Ibu Kota digenangi banjir. Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta telah mengeluarkan informasi agar warga di beberapa daerah tetap siaga.

Siaga dalam menghadapi ancaman bencana banjir memiliki tingkatan, yakni dari 1 sampai 4. Status siaga ini diumumkan agar  masyarakat mendapatkan pemahaman dan bisa waspada serta mempunyai waktu untuk evakuasi. Apa saja arti peringatan itu? Selengkapnya baca di sini.

3. Benarkah vaksin Nusantara sekali suntik bikin antibodi seumur hidup?

Fakta Baru Kasus Narkoba Jennifer Jill hingga Vaksin NusantaraIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Wakil Ketua Komisi IX DPR, Emanuel Melkiades Laka Lena mengatakan Vaksin Nusantara yang diinisiasi oleh mantan Menteri Kesehatan, dr. Terawan Agus Putranto diklaim memiliki beberapa keunggulan dibanding vaksin COVID-19 lainnya. Di antaranya, bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menghasilkan antibodi yang berlaku seumur hidup, hanya lewat sekali suntikan saja

Hal itu didengar Melki dari peneliti ketika meninjau pelaksanaan uji klinis vaksin nusantara yang dilakukan di RSUP dr. Kariadi, Semarang. Benarkah klaim ini? Baca detailnya di sini.

4. Sebanyak 63,6 persen Gen Z Jakarta tak percaya vaksin COVID-19 manjur

Fakta Baru Kasus Narkoba Jennifer Jill hingga Vaksin NusantaraIlustrasi. Kandidat vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Hasil survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) mencatatkan, hanya 55,8 persen warga di Jakarta percaya terhadap kemanjuran vaksin COVID-19. Sedangkan, 42,5 persen warga lainnya kurang atau bahkan tidak percaya.

"Kalau kita lihat ini angka yang tidak ideal, apalagi saat ini program vaksinasi tahap kedua sedang berjalan yang akan menyasar pejabat publik dan usia rentan," ujar Peneliti Center for Strategic and International Studies (CSIS) Noory Okthariza. Hasil survei selengkapnya baca di sini.

5. Beredar daftar 31 berisi calon duta besar, ada nama eks Menkes Terawan

Fakta Baru Kasus Narkoba Jennifer Jill hingga Vaksin NusantaraMantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Nama eks Menteri Kesehatan, dr. Terawan Agus Putranto kembali menjadi sorotan pada pekan ini. Selain karena menginisiasi pengembangan vaksin COVID-19, Terawan juga menjadi buah bibir karena namanya masuk ke dalam daftar Duta Besar pilihan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. 

Di dalam daftar yang beredar di media, Terawan diplot menjadi Dubes RI di Spanyol yang berkedudukan di Madrid. Selain Terawan, ada pula nama Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN), Rosan P. Roeslani yang disebut ditunjuk menjadi Dubes RI di Amerika Serikat.  Cek nama lainnya di tautan ini.

Baca Juga: Hujan di Depok Picu Banjir, Rumah Rubuh, hingga Mobil Tercebur Kali

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya