Guguran Lava Merapi, Bintang Mahaputra hingga Kawin Paksa Balita

Isu-isu tersebut meramaikan Indonesia Hari Ini

Jakarta, IDN Times - Gunung Merapi yang kini berstatus siaga, Rabu dini hari (11/11/2020) mengeluarkan guguran lava. Sebelum guguran lava Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat 13 kali gempa.

Selain Merapi, #IndonesiaHariIni juga diramaikan isu pemberian bintang Mahaputra, salah satunya kepada mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. Ada juga soal kawin paksa balita atas alasan adat yang menjadi sorotan, dan artikel menarik lainnya.

1. Merapi gugurkan lava ke arah Kali Senowo

Guguran Lava Merapi, Bintang Mahaputra hingga Kawin Paksa BalitaANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan, guguran lava Gunung Merapi pagi tadi memiliki jarak luncur 700 meter ke arah Kali Senowo.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida menyatakan, guguran lava itu tercatat keluar dari Gunung Merapi pada pukul 03.58 WIB, 04.04 WIB, dan 05.13 WIB. Namun secara visual, hanya terpantau satu kali dari Pos Babadan selama periode pengamatan pukul 00.00-06.00 WIB.

Baca selengkapnya di sini.

2. Ini lho daftar nama penerima bintang jasa dan Mahaputra dari Jokowi

Guguran Lava Merapi, Bintang Mahaputra hingga Kawin Paksa BalitaPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo menganugerahkan Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan kepada 71 orang, dalam hal ini mantan menteri, mantan pejabat tinggi, mantan panglima TNI dan mantan kapolri. Upacara penganugerahan dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (11/11/2020).

Sebelumnya, penganugerahan Bintang Jasa dan Bintang Mahaputra ini sempat ramai diperbincangkan setelah Menko Polhukam Mahfud MD menyebut nama mantan panglima TNI, Gatot Nurmantyo, sebagai salah satu orang yang akan mendapatkan penghargaan tersebut dari Presiden Jokowi.

Penasaran daftar penerimanya? Selengkapnya di tautan ini.

3. Gatot Nurmantyo tolak terima bintang Mahaputra?

Guguran Lava Merapi, Bintang Mahaputra hingga Kawin Paksa BalitaANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Salah satu yang mendapat penghargaan Bintang Mahaputra adalah mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. Penghargaan diberikan kepada mereka yang dinilai telah berjasa.

Namun, dalam upacara penghargaan ini, ada beberapa yang disebut tidak hadir di Istana Negara. Salah satunya adalah mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Apakah dia menolak? Selengkapnya baca di link berikut ini.

4. Duh, ternyata masih ada di Indonesia kawin paksa sejak balita

Guguran Lava Merapi, Bintang Mahaputra hingga Kawin Paksa BalitaIlustrasi (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Komisi Nasional Anti Kekerasan Perempuan (Komnas Perempuan) mengungkapkan fakta perbudakan atau slavery masih mengintai perempuan di Indonesia.

Menurut Global Slavery Index 2016, perbudakan atau slavery, merupakan suatu situasi eksploitasi di mana seseorang tidak bisa menolak atau meninggalkan sesuatu, karena adanya ancaman, kekerasan, pemaksaan, penyalahgunaan kekuasaan, dan penipuan.

Slavery dalam bentuk kawin paksa masih banyak terjadi, terutama di Indonesia bagian timur. Anggota Komnas Perempuan dari Kendari Linda Holy mengatakan, kawin paksa masih banyak terjadi Pulau Buru dengan dalih perkawinan adat. Baca selengkapnya di sini.

5. Anies Baswedan bertemu Rizieq Shihab

Guguran Lava Merapi, Bintang Mahaputra hingga Kawin Paksa BalitaRizieq Shihab tiba di Jakarta dengan mengenakan masker (Tangkapan layar YouTube Front TV)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui pemimpin Front Pembela Islam Rizieq Shihab, Selasa malam. Ketua Dewan Penasihat DPD Partai Gerindra Jakarta Muhammad Taufik menilai pertemuan antara Anies dan Rizieq merupakan hal yang biasa. Sehingga, menurutnya, pertemuan mereka tidak perlu dipersoalkan.

"Itu kan pertemuan biasa Rizieq sebagai warga negara, Anies sebagai gubernur. Saya kira pertemuan itu biasa aja, jangan dipersoalkan," kata Taufik. Baca selengkapnya omongan Taufik di sini gaes.

Baca Juga: Kisah Muslihah, Perempuan Baja di Pelosok Jawa

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya