Comscore Tracker

Heboh Larangan Bermasker di Masjid hingga OPM Ragukan Densus 88

#IndonesiaHariIni, Tanah Abang lautan manusia jadi sorotan 

Jakarta, IDN Times - Virus COVID-19 ternyata tak menyurutkan nyali sebagian besar masyarakat yang berbelanja untuk perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah. Puluhan ribu orang memadati Pasar Tanah Abang akhir pekan lalu. 

Tak hanya Tanah Abang, soal larangan bermasker di dalam masjid di wilayah Bekasi, Jawa Barat, juga menjadi sorotan pembaca IDN Times sepanjang Senin (3/5/2021). Ada juga berita menarik lain seputar status teroris untuk Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua yang direspons Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB-OPM). OPM meragukan kemampuan gerilya Densus 88.

Cek rangkumannya di bawah ini.

1. OPM tidak yakin Densus 88 bisa melawan gerilyawan

Heboh Larangan Bermasker di Masjid hingga OPM Ragukan Densus 88Juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB-OPM) Sebby Sambom. (dok. TPNPB-OPM)

Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB-OPM), Sebby Sambom, meragukan kemampuan Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri jika dilibatkan dalam operasi pengejaran dan penangkapan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Sebby memperkirakan akan lebih banyak korban dari warga sipil yang jatuh di Papua karena kecerobohan pergerakan Densus 88.  Baca selengkapnya di sini.

Baca Juga: TPNPB-OPM Minta Orang Jawa dan Imigran Keluar dari Papua Barat

2. Viral larangan masker di masjid Bekasi, MUI sebut takmir kurang paham Islam

Heboh Larangan Bermasker di Masjid hingga OPM Ragukan Densus 88Ilustrasi. Warga mulai salat berjamaah di masjid. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Pelarangan penggunaan masker di salah satu masjid di Bekasi, Jawa Barat, menjadi perbincangan warganet hingga trending di Twitter. Menanggapi hal tersebut, Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa Ahmad Fahrur Rozi mengaku prihatin. Ia  menilai pengurus masjid itu kurang paham terhadap ajaran Islam dan ilmu kesehatan.

Ia pun mengimbau warga mematuhi peraturan pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Baca selanjutnya di tautan ini.

3. Tanah Abang lautan manusia, ini kata Anies Baswedan

Heboh Larangan Bermasker di Masjid hingga OPM Ragukan Densus 88Anies tinjau kepadatan Pasar Tanah Abang, Minggu (2/5/2021). (instagram.com/aniesbaswedan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar masyarakat tak memaksakan diri untuk masuk ke pasar yang sudah padat. Dia meminta agar masyarakat berbelanja secara online yang dirasa lebih aman. Pernyataan ini merupakan respons Anies terkait kerumunan pengunjung di Pasar Tanah Abang.

"Kepada masyarakat yang ingin berbelanja, kami ingatkan masih banyak pasar lainnya di Jakarta, jangan memaksakan ke Tanah Abang jika sudah penuh, atau berbelanjalah di toko-toko daring yang pasti lebih aman," kata Anies. Apalagi imbauan Anies? Selengkapnya ada di link berikut ini.

4. Waspada! 10 varian baru COVID-19 B177 ditemukan di 4 provinsi di Indonesia

Heboh Larangan Bermasker di Masjid hingga OPM Ragukan Densus 88Kerumunan di Kesawan City Walk berpotensi menjadi klaster baru penularan COVID-19 di Kota Medan. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Kementerian Kesehatan mendeteksi adanya 10 kasus varian baru COVID-19 yakni B 177 di Indonesia. Jubir vaksinasi COVID-19 dr Siti Nadia Tarmizi mengimbau temuan ini harus menjadi perhatian bersama, karena varian baru virus corona tersebut ada yang merupakan transmisi lokal.

Transmisi lokal varian B177 sudah terjadi di Kabupaten Karawang-Provinsi Jawa Barat, Provinsi Sumatra Selatan, Provinsi Sumatra Utara, dan Provinsi Kalimantan Selatan. Apa yang harus kamu lakukan? Baca detailnya di link berikut.

5. Cek Fakta: Mayat awak KRI Nanggala-402 terdampar di Pulau Mandangin, betulkah?

Heboh Larangan Bermasker di Masjid hingga OPM Ragukan Densus 88Kapal Selam KRI Nanggala-402 saat melakukan sailing pass di Dermaga Ujung, Koarmatim, Surabaya, Jawa Timur pada 25 September 2014. (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Sebuah unggahan gambar memperlihatkan satu mayat yang terdampar di pantai menghebohkan media sosial. Sebab, postingan yang diunggah 28 April 2021 diberikan narasi bahwa mayat tersebut merupakan salah satu awak KRI Nanggala-402.

“Mgkn ni mayatx awak KRI Nanggala 402 kshan,” tulis akun Al Ilmi di media sosial miliknya.

Di gambar tersebut, terdapat foto-foto yang memperlihatkan satu mayat yang terdampar di pantai. Betulkah? Cek faktanya di sini?

Baca Juga: Tanah Abang Membeludak, Wakil Ketua DPRD DKI: Kafe dan Mal Juga!

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya