Comscore Tracker

Heboh PKI Susupi TNI hingga Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi

Gatot Nurmantyo sebut ada patung hilang di museum Kostrad

Jakarta, IDN Times - Isu Partai Komunis Indonesia kembali menggema menjelang peringatan pemberontakan G30S/PKI. Kali ini diembuskan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) TNI Gatot Nurmantyo. Menurut Gatot, ada simbol-simbol yang hilang. Apa itu?

Tak hanya isu PKI yang kemudian ditepis Jenderal (Purn) TNI Agum Gumelar, pembaca IDN Times sepanjang Selasa 28 September 2021 juga menyoroti soal anjloknya kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko "Jokowi" Widodo, serta nasib 56 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi yang tidal lolos Tes Wawasan Kebangsaan. Artikel-artikel ini dirangkum dalam #IndonesiaHariIni.

1. Fakta hilangnya patung di Museum Kostrad yang dikaitkan penyusupan PKI

Heboh PKI Susupi TNI hingga Daging Berbasis Sel Haram DikonsumsiIlustrasi Markas Kostrad di area Gambir, Jakarta Pusat (www.tni.mil.id)

Dugaan PKI kembali bangkit bergema lagi jelang peringatan peristiwa G30S/PKI. Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo kembali membuat pernyataan senada ketika menjadi narasumber dalam diskusi virtual dengan tajuk TNI vs PKI pada Minggu, 26 September 2021. 

Dalam diskusi itu, Gatot menyebut ada indikasi paham komunis telah berhasil menyusup ke dalam institusi TNI. Indikasi yang dimaksud adalah sejumlah bukti termasuk patung yang tersimpan di Museum Dharma Bhakti di Markas Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) kawasan Gambir, Jakarta Pusat, diduga hilang atau sengaja dihilangkan. Betulkah? Lalu apa kata Agum Gumelar? Baca selengkapnya di tautan-tautan ini.

Baca Juga: MA Dinilai Harusnya Tolak Gugatan soal AD/ART Demokrat karena Ngawur

2. NU: Daging berbasis sel haram dikonsumsi

Heboh PKI Susupi TNI hingga Daging Berbasis Sel Haram DikonsumsiANTARA FOTO/Arnas Padda

Musyawarah nasional (Munas) alim ulama dan konferensi besar (Konbes) Nahdlatul Ulama (NU) telah selesai digelar pada Minggu, 26 September 2021. Salah satu putusan dalam munas tersebut mengharamkan daging berbasis sel untuk dikonsumsi.

Alasannya,, bagian yang dipisahkan dari hewan yang masih hidup maka statusnya sebagaimana bangkainya. Sehingga, hukum dagingnya mengikuti status hukum selnya. Baca penjelasan detailnya di sini.

3. Respons Istana soal kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi yang anjlok

Heboh PKI Susupi TNI hingga Daging Berbasis Sel Haram DikonsumsiPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Riau dan Kepulauan Riau (dok.Biro Pers Kepresidenan)

Hasil survei Indikator menyebut, tingkat kepuasan publik pada kinerja Presiden Jokowi turun menjadi 58,1 persen. Terkait hal itu, Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, mengatakan bahwa hasil survei Indikator tersebut akan menjadi bahan evaluasi.

Dalam hasil survei juga disebutkan, sebesar 81,5 persen responden merasa puas dengan penerapan protokol kesehatan selama pandemik. Sementara, 77,6 persen responden menilai bahwa pemerintah tegas dalam menerapkan protokol kesehatan. Selengkapnya baca di sini.

4. Mal tertua di Indonesia akan segera beroperasi lagi

Heboh PKI Susupi TNI hingga Daging Berbasis Sel Haram DikonsumsiGedung Sarinah (IDN Times/Aryodamar)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan bahwa pembukaan mal tertua di Indonesia, yakni Mal Sarinah bakal beroperasi lagi 2022 mendatang. Nantinya, Mal Sarinah bakal tampil dengan wajah baru pasca renovasi.

Namun, sejatinya rencana pembukaan Mal Sarinah tersendat cukup lama akibat adanya pandemik COVID-19. Baca detailnya di sini.

5. Kapolri tarik 56 pegawai KPK tak lolos TWK jadi ASN

Heboh PKI Susupi TNI hingga Daging Berbasis Sel Haram DikonsumsiIDN Times/Margith Juita Damanik

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo akan merekrut 56 pegawai KPK yang tak lulus TWK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Polri. Mereka diharapkan bisa memperkuat Polri, khususnya di bidang tindak pidana korupsi (tipikor).

"Rekam jejak dan pengalaman di tipikor sangat bermanfaat untuk memperkuat jajaran organisasi Polri yang sedang kita kembangkan," kata Listyo. Selengkapnya lihat di tautan ini.

Baca Juga: BEM SI Demo soal KPK, Istana: Presiden Jokowi Hormati Ketatanegaraan

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya