IMS 2020: Millennial Tipe The Artist, Si Unik Tukang Bereksperimen

Golongan ini teridentifikasi dari riset IMR

Jakarta, IDN Times - Generasi millennial kerap diasosiasikan sebagai anak muda instan, suka main media sosial, malas, tak suka menabung, lebih senang bepergian, suka makan di restoran dan gemar menghabiskan uang untuk smartphone. Betulkah begitu?

Bisa jadi benar. Tapi sebetulnya ada tujuh tipe millennial yang berhasil dipetakan dari riset yang dilakukan IDN Research Institute dengan bantuan Nielsen Indonesia, yaitu The Adventurer (petualang), The Visionary (visioner), The Artist (seniman), The Leader (pemimpin), The Socializer (sosial), The Conservative (konservatif), dan The Collaborator (kolaborator).

Riset ini melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia dengan metodologi penggabungan kualitatif dan kuantitatif. Riset juga dilengkapi wawancara intensif, pengamatan reguler secara langsung di lokasi dan pencatatan digital.

Yang akan dikupas kali ini adalah si The Artist. Ingin tahu seperti apa mereka?

1. Siapakah The Artist ini?

IMS 2020: Millennial Tipe The Artist, Si Unik Tukang BereksperimenThe Artist/IMR 2020

Yang pasti, millennial yang mendapat label The Artist adalah mereka yang penuh ide, sudut pandang yang unik, dan orientasi yang kuat pada estetika. Millennial dengan kepribadian ini senang menafsirkan arti dari suatu keadaan, menciptakan sebuah gagasan, bereksperimen tak hanya dengan diri mereka sendiri, namun juga dengan menggabungkan perspektif-perspektif baru yang mereka peroleh.

Tak cuma itu, spontanitas mereka yang tinggi membuat The Artists menjadi pribadi yang tak terduga, bahkan di mata teman dan keluarga dekat mereka. Mereka menggunakan parameter estetika, desain, dan firasat saat memutuskan pilihan dan melakukan tindakan. The Artists merupakan perwujudan dari kata-kata ‘air tenang menghanyutkan’.

Millennial yang satu ini juga cenderung ingin mematahkan batas-batas sosial yang telah terbentuk. Tidak heran jika sekolah dan lingkungan yang terorganisasi lainnya menjadi suatu tantangan tersendiri bagi The Artists.

Mereka selalu berkeinginan menciptakan kreasi baru, mereka cenderung tak kenal takut; dan hal ini membuat mereka menjadi sosok pencari kebebasan berkarya yang sejati. Ada 11 persen The Artist dari seluruh tipe milenial di Indonesia, 57 persen di antaranya adalah perempuan, 54 persen masih ada dalam kategori junior millennials.

2. Bagaimana pandangan The Artist soal agama, nilai dan tradisi?

IMS 2020: Millennial Tipe The Artist, Si Unik Tukang BereksperimenIMR 2020 by IDN Media

Tipe ini biasanya hidup di perbatasan dunia batin dan dunia fisik karena mereka selalu memiliki kebutuhan untuk mengekspresikan apa yang ada di batin mereka. Kegiatan keagamaan, bagi mereka, adalah salah satu cara untuk mengekspresikan diri sebagai seorang individu.

Itulah mengapa mereka tak takut untuk menyuarakan pikiran mereka mengenai kepercayaan dan agama mereka di hadapan umum. Meski demikian, mereka tetap menghormati perbedaan yang ada di masyarakat.

Meskipun mereka senang menjadi diri mereka sendiri, bukan berarti mereka bersikap masa bodoh Mereka memiliki batasan yang kuat antara apa yang benar dan apa yang salah. Dengan standar aestetik yang tinggi, millennial tipe ini sangat menghargai keindahan harmoni di tengah masyarakat beragam.

The Artists adalah tipe millennial yang suka menanggung risiko, termasuk dengan berganti-ganti pekerjaan. Ini selaras dengan hasil penelitian, di mana lama waktu yang ideal buat millennial untuk menetap di suatu perusahaan adalah 2-3 tahun saja. The Artists, seperti kebanyakan milenial yang kita temui, adalah tipe individu yang sering bergonta-ganti pekerjaan.

3. The Artist, tipe orangtua yang demokratis

IMS 2020: Millennial Tipe The Artist, Si Unik Tukang BereksperimenIMR 2020 by IDN Media

Di keluarga, The Artist adalah orang yang paling otentik. Punya keinginan kuat untuk diterima apa adanya. Kalau berkomunikasi dengan orangtuanya cenderung mendalam dan emosional. Mereka tidak suka kehidupannya dibatasi terlalu banyak hal. Tetapi, golongan ini pembuat keputusan di keluarga lho. Selera estikanya sangat diandalkan.

Dan, jika The Artists menjadi orangtua, mereka akan menganut paham demokratis dengan memberi kebebasan kepada anak-anak mereka, santai, terbuka, dan fleksibel, sehingga anak-anaknya berani mengeksplorasi banyak hal baru. Di antara tipe-tipe yang lain, The Artists adalah tipe millennial tertinggi kedua yang telah menikah dan memiliki anak.

4. Bagaimana sih The Artist kalau di lingkungan kerja?

IMS 2020: Millennial Tipe The Artist, Si Unik Tukang BereksperimenThe Artist/IMR 2020

The Artists punya cara sendiri untuk mengekspresikan diri. Mereka akan memilih karir yang memperbolehkan melakukan apa yang mereka mau. Bagi para seniman ini, masalah akan selalu dapat dipecahkan dengan banyak cara. Mereka cukup percaya diri bahwa ide yang mereka cetuskan dapat membantu perusahaan di mana mereka bekerja untuk meraih kesuksesan.

The Artists merupakan tipe millennial dengan data tertinggi sebagai ibu rumah tangga (43 persen) dibandingkan dengan tipe lain. Bila tak bekerja di sebuah perusahaan, mereka biasanya akan bekerja di sebuah studio desain, atau menjadi seorang penulis lepas, atau pelukis.

Millennial tipe seniman ini tak menyukai peraturan dan pedoman kerja yang terlalu kaku karena hal-hal semacam itu dapat membuat mereka bosan dan kosong. Mereka adalah karyawan 'Teng-go': pada jam 5 pas, mereka akan segera meninggalkan kantor dan menciptakan sesuatu yang kreatif di rumah.

5. The Artist bisa habiskan 3,4 jam untuk cari inspirasi di internet

IMS 2020: Millennial Tipe The Artist, Si Unik Tukang Bereksperimen

The Artists merupakan pengguna internet tertinggi ketiga setelah The Adventurer dan The Visionary. Konten visual adalah salah satu hal yang dapat membantu millennial tipe seniman ini mendapatkan wawasan dan inspirasi sekaligus.

Sebagian besar The Artists menggunakan internet untuk jejaring sosial (88 persen) karena mereka juga ingin mendapatkan inspirasi dari teman-teman mereka—atau bahkan dari feed para influencer di Instagram. Milenial tipe seniman ini menghabiskan sekitar 3,4 jam per hari untuk menggunakan internet dan rata-rata, mereka menghabiskan Rp 101.000 untuk penggunaan internet dalam sebulan (88 persen).

Untuk mengetahui sikap politik, kesukaan The Artists belanja dan sebagainya kamu bisa membaca versi lengkap artikel ini di Indonesia Millennial Report 2020 yang bisa kamu unduh di aplikasi IDN Times. Selain tipe The Artist, kamu juga bisa mengetahui karakteristik tipe-tipe Millennial lainnya.

Indonesia Millennial Report 2020 dirilis secara resmi di acara Indonesia Millennial Summit by IDN Media yang digelar di Gedung The Tribrata, Jakarta Selatan, 17-18 Januari 2019.

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya