Comscore Tracker

[IndonesiaHariIni] Aturan Baru WFO, Gaji Staf BUMN dan Ulah Kaesang

Ada juga Jokowi soal bahaya restart ekonomi saat COVID-19

Jakarta, IDN Times - Kamu pernah dikerjai penipu online? Nah, kali ini mereka kena batunya. Kali ini, putra bungsu Presiden Joko 'Jokowi' Widodo yang gantian ngerjai mereka. Kaesang sengaja membeli piyama yang didagangkan akun yang dikenal suka menipu. 

Ulah Kaesang mendapat banyak respons di dunia maya, juga pembaca IDN Times, Senin (7/9/2020). 

Tak hanya Kaesang, gaji staf ahli direksi BUMN juga membuat pembaca kepo. Ada tiga berita lain yang menarik perhatian pembaca, termasuk kasus pembunuhan Munir. 

1. Jokowi ingatkan bahaya restrat ekonomi saat COVID-19 belum teratasi

[IndonesiaHariIni] Aturan Baru WFO, Gaji Staf BUMN dan Ulah KaesangDok. Biro Pers Kepresidenan

Menurut Presiden Jokowi, jangan sampai pemerintah 'me-restart' aktivitas perekonomian saat penyebaran COVID-19 belum berhasil ditangani dengan baik.

"Ini juga sangat berbahaya," kata Jokowi. Orang nomor satu di Indonesia itu mengingatkan tentang kesehatan yang menjadi kunci perekonomian Indonesia. Sehingga, kesehatan harus diatasi dengan baik, jika ingin pertumbuhan ekonomi baik juga.

Bagaimana detailnya? Baca di sini.

2. Menolak lupa kasus pembunuhan Munir

[IndonesiaHariIni] Aturan Baru WFO, Gaji Staf BUMN dan Ulah KaesangIDN Times/Sukma Shakti

Baca Juga: Trump Perintahkan agar Vaksin COVID-19 Dibagikan 2 Hari Jelang Pemilu

Tahun ini, kematian aktivis HAM, Munir Said Thalib, memasuki peringatan yang ke-16. Namun, 16 tahun berlalu, otak dari pembunuhannya yang keji belum juga diproses ke jalur hukum. 

Pengadilan memang sempat menjerat mantan pilot Garuda Indonesia, Pollycarpus Budihari Prijanto dengan vonis 14 tahun. Namun, ia mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) dan dinyatakan tidak bersalah.

Kendati begitu, majelis hakim tetap menjatuhkan vonis bui bagi Pollycarpus selama dua tahun karena terbukti menggunakan surat dokumen palsu untuk menyatakan diri sebagai kru tambahan Garuda Indonesia.

Mengapa sulit mengungkap kasus pembunuhan yang menimpa Munir? Lima fakta ini diharapkan tak membuat kita lupa kasusnya.

3. Ini Aturan Baru WFO bagi ASN di Indonesia

[IndonesiaHariIni] Aturan Baru WFO, Gaji Staf BUMN dan Ulah KaesangIlustrasi ASN (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Angka penularan COVID-19 di Indonesia belum menunjukkan penurunan. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo pun kembali mengatur sistem kerja aparatur sipil negara (ASN) dalam tatanan normal baru.

Sistem kerja baru bagi ASN, untuk Work From Office, diatur berdasarkan kategori zonasi risiko kabupaten/kota.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Menteri PAN-RB No. 67/2020 tanggal 4 September 2020 tentang Perubahan Atas Surat Edaran Menteri PANRB No. 58/2020 tentang Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Tatanan Normal Baru.

Bagaimana detail aturan ini? Selengkapnya ada di sini.

4. Erick Thohir izinkan direksi BUMN punya staf ahli dengan gaji Rp50 juta

[IndonesiaHariIni] Aturan Baru WFO, Gaji Staf BUMN dan Ulah KaesangMenteri BUMN, Erick Thohir memberikan kata sambutan (Dok. IDN Times/Humas BUMN)

Menteri BUMN Erick Thohir memperbolehkan direksi BUMN memiliki staf ahli maksimal lima orang. Hal tersebut diketahui dalam Surat Edaran Nomor SE-9/MBU/08/2020 tentang Staf Ahli Bagi Direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

"Direksi BUMN dapat mempekerjakan staf ahli yang diangkat oleh direksi dengan jumlah sebanyak-banyaknya lima orang," tulis surat edaran tersebut, dikutip Senin (7/9/2020).

Bagaimana aturan sebenarnya? Lihat selengkapnya di sini.

5. Ulah Kaesang 'melumpuhkan' penipu online

[IndonesiaHariIni] Aturan Baru WFO, Gaji Staf BUMN dan Ulah Kaesanginstagram.com/kaesangp

Penipu dikerjai. Kali ini oleh putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. Kaesang sebelumnya sudah mengidentifikasi akun penjual pakaian wanita yang sering melakukan penipuan.

Kaesang kemudian mengirim chat kepada akun itu untuk berpura-pura membeli barang. Akun itu pun memberikan sejumlah format yang harus diisi.

Seperti apa kelanjutannya? Simak di sini guys.

Baca Juga: Sindikat Internasional Penipuan Ventilator hingga Rp58,8 M Diringkus

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya