[IndonesiaHariIni] Heboh Ospek Unesa hingga Warna Seragam Baru Satpam

Cek juga daftar 8 kantor di Jakarta yang tutup sementara

Jakarta, IDN Times - Personel satuan pengamanan alias satpam berganti seragam. Baju baru mereka senada seirama dengan seragam polisi. Bagian atas coklat muda dan bagian bawah coklat tua. Kok bisa sama?

Seragam baru satpam ini menyedot perhatian pembaca IDN Times hari ini, Selasa (15/9/2020).

Tak hanya seragam satpam, masa orientasi mahasiswa yang dikenal ospek di Universitas Negeri Surabaya juga membuah heboh. Gaya senior yang membentak-bentak juniornya menuai kecaman.

Ada juga artikel menarik lainnya soal Operasi Yustisi dan daftar gedung-gedung di Jakarta yang ditutup sementara akibat menyalahi protokol kesehatan dan terdapat karyawan yang positif COVID-19.

1. Daftar 8 perusahaan di Jakarta yang terpaksa ditutup

[IndonesiaHariIni] Heboh Ospek Unesa hingga Warna Seragam Baru SatpamIlustrasi perkantoran di Jakarta (IDN Times/Umi Kalsum)

Baca Juga: Satgas: Kasus Positif COVID-19 Meningkat 10,4 Persen dalam Sepekan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta langsung bergerak menyidak protokol kesehatan yang ada di perkantoran pada hari pertama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tiga ditutup karena melanggar protokol kesehatan, sementara lima lainnya karena diketahui ada karyawan yang positif COVID-19.

Penasaran daftar kantornya? Cek di sini ya guys.

2. Ospek Unesa bikin heboh dunia maya

[IndonesiaHariIni] Heboh Ospek Unesa hingga Warna Seragam Baru SatpamOspek FIP Unesa yang viral di Twitter. Screenshoot Twitter/com/rafirizqu19

Sebuah video ospek mahasiswa baru Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjadi viral di media sosial lantaran ada dugaan kekerasan verbal pada orientasi studi dan pengenalan kampus tersebut. 

Pihak kampus akhirnya memanggil panitia Perkenalan Kehidupan Kampus untuk Mahasiswa Baru (PKKMB), khususnya komisi disiplin (komdis) yang terlihat membentak pada kegiatan yang berlangsung daring tersebut.

Sanksi apa yang diberikan pihak kampus? Baca selengkapnya di sini.

3. Sebanyak 47.754 orang terjaring razia Operasi Yustisi

[IndonesiaHariIni] Heboh Ospek Unesa hingga Warna Seragam Baru SatpamPetugas kepolisian memegang papan imbauan saat Operasi Yustisi penerapan protokol kesehatan di Jalan Jhon Aryo Katili di Kota Gorontalo, Gorontalo, Senin (14/9/2020). Operasi terpadu Polri dan Satpol PP tersebut dilakukan agar masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan COVID-19. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)

Direktorat Lalu Lintas Kepolisian RI di seluruh Indonesia serentak menggelar Operasi Yustisi sejak 14 September 2020.  Dari total 53.972 tindakan yang dilakukan petugas, sebanyak 47.754 orang terjaring razia Operasi Yustisi karena terbukti melanggar protokol kesehatan COVID-19 yang saat ini gencar ditegaskan oleh aparat penegak hukum.

Selain itu, sebanyak 2.318 tempat dan 2.511 kegiatan juga terjaring operasi ini. Pelanggaran protokol kesehatan apa yang dilanggar para pengendara motor dan mobil ini? Simak selengkapnya di sini ya.

4. Duh, teganya ibu ini bunuh buah hati gara-gara susah belajar online

[IndonesiaHariIni] Heboh Ospek Unesa hingga Warna Seragam Baru SatpamIlustrasi Sekolah di Tengah Pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha)

Seorang ibu di Lebak, Banten, tega menghabisi nyawa putrinya yang masih duduk di kelas 1 Sekolah Dasar. Persoalannya, si anak dianggap tidak mampu menyerap pelajaran secara online yang kini diberlakukan akibat pendemik COVID-19.

"Ibu kandungya itu melakukan pemukulan lebih dari lima kali hingga anaknya Keysya Safiyah kelas I SD meninggal dunia," kata Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Lebak Ajun Komisaris David Adhi Kusuma.

Bagaimana kelanjutannya? Baca kronologi lengkap peristiwa itu di tautan ini.

5. Wow! Warna seragam satpam kini sama dengan baju polisi

[IndonesiaHariIni] Heboh Ospek Unesa hingga Warna Seragam Baru SatpamSeragam satpam kini mirip pakaian dinas polri (Dok. IDN Times/Istimewa)

Seragam dinas untuk Satuan Pengamanan (satpam) kini sudah berganti warna dan mirip dengan seragam kepolisian. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono mengatakan, hal ini agar dapat menumbuhkan rasa bangga pada para petugas satpam

"Terjalin kedekatan emosional antara Polri dan satpam. Menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian terbatas," kata Brigjen Awi.

Apa filosofi yang terkandung dalam warga baru seragam satpam ini? Jangan ragu klik di sini ya guys.

Baca Juga: Pakta Integritas Maba UI Berujung Polemik Komunikasi Elite Rektorat

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya