Comscore Tracker

[IndonesiaHariIni] Jakob Oetama Meninggal Dunia hingga RS Kian Kritis

Daya tampung rumah sakit hanya cukup sampai akhir September

Jakarta, IDN Times - Indonesia kehilangan salah satu tokoh pers nasional. Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama, mengembuskan nafas terakhir, Rabu siang (9/9/2020). Jakob diketahui kritis sejak 22 Agustus 2020 lalu akibat terserang stroke.

Meninggalnya Jakob menyedot perhatian pembaca IDN Times sepanjang hari ini. Artikel yang juga mengundang perhatian adalah semakin minimnya kapasitas rumah sakit, khususnya ICU, untuk menampung pasien yang terinfeksi virus COVID-19. Bahkan saat ini kapasitas ICU rumah sakit di Jakarta tinggal 82 tempat tidur lagi.

Berita lain yang menarik perhatian pembaca di antaranya soal tersangka kasus penyerangan Polsek Ciracas, negara paling amat dari COVID-19 hingga duda dan janda terkaya di dunia. Simak rangkumannya berikut ini.

1. Jakob Oetama meninggal dunia di usia 88 tahun

[IndonesiaHariIni] Jakob Oetama Meninggal Dunia hingga RS Kian KritisJakob Oetama (Dok. Kompas Gramedia)

Kabar duka kembali menyapa publik tanah air. Pendiri Kompas Gramedia Group, Jakob Oetama meninggal dunia pada Rabu (9/9/2020) di usia yang ke 88 tahun. Jurnalis senior ini mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

Jakob Oetama akan dimakamkam besok, Kamis (10/9/2020) di Taman Makam Pahlawan, Kalibatan, Jakarta Selatan. Bagaimana sosok Jakob, silakan baca selengkapnya di sini.

Baca Juga: Pengacara Hadi Pranoto Sebut Harusnya Anji yang Kena UU ITE

2. 100 Negara paling aman COVID-19. Indonesia urutan berapa?

[IndonesiaHariIni] Jakob Oetama Meninggal Dunia hingga RS Kian KritisIlustrasi imunisasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Arief Rahmat)

Posisi Indonesia ada di peringkat ke-79 dari 250 negara yang dinilai oleh The Deep Knowledge Group, yang mengadakan riset khusus tentang COVID-19. Lembaga ini merilis laporan terbarunya berdasarkan data sampai 23 Agustus 2020. 

Posisi Indonesia soal keamanan dalam pandemik COVID-19 ada di bawah peringkat Singapura (peringkat 10), Vietnam (peringkat 32), Malaysia (peringkat 46), Brunei (peringkat 50) dan Thailand (peringkat 60). Filipina ada di urutan ke-101. 

Lihat daftar 100 negara teraman COVID-19 di sini

3. 56 Prajurit TNI jadi tersangka penyerangan Polsek Ciracas

[IndonesiaHariIni] Jakob Oetama Meninggal Dunia hingga RS Kian KritisMapolsek Ciracas (ANTARA News/Andi Firdaus)

Tentara Nasional Indonesia akhirnya menetapkan enam orang lagi sebagai tersangka penyerangan Mapolsek Ciracas. Dengan demikian tersangka kasus ini menjadi 56 orang.

Enam prajurit yang belakangan ditetapkan sebagai tertara berasal dari TNI Angkatan Laut. Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI, Mayjen TNI Eddy Rate Muis, membenarkan ada enam prajurit TNI AL yang menjadi tersangka.

Seperti apa keterangan Eddy, jangan ragu klik di sini guys.

4. Jaga kesehatan! Daya tampung rumah sakit kian menipis

[IndonesiaHariIni] Jakob Oetama Meninggal Dunia hingga RS Kian KritisIlustrasi rumah sakit. IDN Times/Dokumentasi RSUDAM

Ketersediaan tempat tidur ruang ICU dan isolasi harian untuk pasien COVID-19 di 67 Rumah Sakit Rujukan pasien COVID-19 di Jakarta semakin menipis.

Berdasarkan data terakhir yang dirilis Pemprov DKI Jakarta, hingga Minggu 6 September 2020, sebanyak 83 persen dari total 483 tempat tidur ICU khusus COVID-19 sudah terisi atau hanya tersisa 17 persen. Persentase ini merupakan yang tertinggi sejak Agustus 2020.

Bagaimana rinciannya? Klik di sini.

5. Inilah duda dan janda terkaya di dunia, hartanya sampai Rp4.000 triliun

[IndonesiaHariIni] Jakob Oetama Meninggal Dunia hingga RS Kian KritisJeff Bezos, CEO Amazon. www.dallasnews.com

Bos Amazon, Jeff Bezos, telah mengukuhkan diri sebagai orang terkaya dunia. Kekayaan pria berstatus duda itu berhasil mencatatkan rekor tertinggi sebesar Us$200 miliar atau sekitar Rp3.000 triliun.

Pada Agustus 2020, Bezos membuat lompatan yang tak pernah terjadi selama hampir empat dekade. Saham Amazon naik dua persen dan ini membuat kekayaan Bezos bertambah sebesar Rp72 triliun. Hal itulah yang membuat pundi-pundi pria 56 tahun itu melonjak.

Siapa lagi orang kaya yang patut diperhitungkan? Lihat di sini selengkapnya.

Baca Juga: 59 Negara Tutup Pintu Bagi WNI dan WNA Selama Pandemik COVID-19

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya