Comscore Tracker

Jaksa Pinangki Disidang, Umrah Dibuka, Orang Dekat Luhut Jadi Pejabat

#IndonesiaHariIni waspada banjir susulan di Sukabumi

Jakarta, IDN Times - Jaksa Pinangki Sirna Malasari menjalani sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (23/9/2020) ini. Dalam sidang jaksa mengungkap hidup mewah jaksa yang tersangkut kasus suap koruptor Joko Tjandra. 

Namun di sidang, Pinangki membantah bertemu Joko dan mengajukan eksepsi. Ada pula soal orang dekat Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang dilantik Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai anggota komisioner Lembaga Penjamin Simpanan.

Sejumlah berita menarik lainnya juga menyedot perhatian pembaca IDN Times sepanjang hari ini.

1. Orang dekat Luhut dilantik jadi anggota komisioner LPS

Jaksa Pinangki Disidang, Umrah Dibuka, Orang Dekat Luhut Jadi PejabatPengucapan Sumpah Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan pada Rabu (23/9/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Baca Juga: 10 Orang Ditangkap Terkait Praktik Aborsi di Jakarta Pusat

Presiden Jokowi melantik empat anggota Dewan Komisioner LPS. Dari keempat nama itu, terdapat nama Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Purbaya Yudhi Sadewa.

Purbaya yang dikenal sebagai sosok yang dekat dengan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dilantik sekaligus merangkap sebagai Ketua Dewan Komisioner LPS.

Simak daftar pejabat yang dilantik di sini guys.

2. Pakai kerudung dan gamis pink, Jaksa Pinangki hadapi sidang perdana

Jaksa Pinangki Disidang, Umrah Dibuka, Orang Dekat Luhut Jadi PejabatPinangki Sirna Malasari, mengikuti sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (23/9/2020) (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menggelar sidang perdana Jaksa Pinangki Sirna Malasari, Rabu (23/9/2020) hari ini terkait dugaan pemberian gratifikasi dari Joko Tjandra kepadanya.

Memakai gamis dan kerudung pink, jaksa mengungkap gaya hidup mewah Pinangki dan biaya perawatan wajahnya. 

Namun dalam sidang, Pinangki menolak pernah bertemu Joko Tjandra. Karenanya ia akan mengajukan eksepsi. Simak gaya hidup Pinangki di tautan ini dan link ini

3. Ahli hidrologi prediksi potensi banjir susulan di Sukabumi

Jaksa Pinangki Disidang, Umrah Dibuka, Orang Dekat Luhut Jadi PejabatPabrik air minum kemasan banjir/ twitter

Ahli Hidrologi Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB), Nana Mulyana Arifjaya, mengatakan akan ada potensi banjir susulan di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Potensi itu disebabkan oleh masih tersisanya potongan-potongan kayu atau material longsor lainnya di Sungai Citarik.

"Jadi ada potensi hujan besar ada banjir susulan yang harus kita waspadai," katanya kepada IDN Times.

Bagaimana detailnya, lihat di sini.

4. Raja Salman buka umrah mulai 4 Oktober

Jaksa Pinangki Disidang, Umrah Dibuka, Orang Dekat Luhut Jadi PejabatBukit Marwah, Mekkah, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Kabar baik bagi umat muslim dunia, termasuk Indonesia. Pemerintah Arab Saudi akhirnya kembali memberikan izin untuk aktivitas umrah pada 4 Oktober 2020 mendatang. Namun, umrah baru bisa diikuti oleh warga lokal dan ekspatriat yang sudah berada di Saudi. 

Meski membuka pintu untuk kembali melakukan aktivitas umrah, tetapi semua dilakukan secara bertahap. Pada fase pertama, hanya 30 persen warga lokal dan ekspatriat di Saudi yang diizinkan melakukan umrah di Masjidil Haram.

Cek selengkapnya di sini guys.

5. Kisah pilu keluarga di Samarinda, 17 tahun tidur di kandang ayam

Jaksa Pinangki Disidang, Umrah Dibuka, Orang Dekat Luhut Jadi PejabatKandang ayam yang digunakan Dawari dan istrinya di kawasan hutan Rimbawan, Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Samarinda Utara pada Selasa (22/9/2020) sore (IDN Times/Yuda Almerio).

Di tengah lajunya pembangunan di Provinsi Kalimantan Timur, ternyata ada keluarga yang sudah 17 tahun hidup di hutan dengan tempat tinggal yang tidak layak. Tanpa listrik dan aliran air bersih PDAM. 

Dawari (77) dan istrinya, Mardiana (55),  tinggal di sebuah bedeng berukuran 2x3 meter. Dindingnya tak bersemen, melainkan hanya kayu yang ditambal di sana sini. Sementara atapnya pun ditutup oleh seng bekas.

Bagaimana kisah Dawari dan istrinya? Baca di sini.

Baca Juga: Jokowi Serukan Dukungan Kemerdekaan Palestina dalam Sidang Umum PBB

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya