Jenazah Laskar FPI Dipulangkan Malam Ini hingga Daftar Pelanggaran HAM

Indonesia Hari Ini juga ada fakta CCTV Jasa Marga di KM 50

Jakarta, IDN Times - Jenazah enam laskar Front Pembela Islam (FPI) yang tewas dalam bentrokan dengan aparat polisi di KM 50, Tol Cikampek, Jawa Barat, Senin dini hari, dipastikan dipulangkan malam ini.

Semula jenazah akan tiba di Markas FPI pukul 19.00 WIB, Selasa (8/12/2020). Namun hingga pukul 20.00 WIB, jenazah belum tiba di lokasi. 

Selain pemulangan jenazah, sejumlah artikel lain terkait pelanggaran HAM berat dan rusaknya CCTV milik Jasa Marga di lokasi kejadian juga meramaikan Indonesia Hari Ini di IDN Times.

1. Pemulangan 6 jenazah laskar FPI akan dikawal polisi

Jenazah Laskar FPI Dipulangkan Malam Ini hingga Daftar Pelanggaran HAMSuasana Rumah Sakit Polri, Selasa (8/12/2020) (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus memastikan, enam jenazah Laskar Khusus FPI yang tewas saat melakukan pengawalan pemimpin FPI Rizieq Shihab sudah bisa diambil keluarganya.

Yusri mengatakan akan ada pengawalan oleh polisi pada enam jenazah ini saat dipulangkan ke keluarganya. "Semuanya nanti akan kita lakukan pengawalan sampai dengan ke mana tujuan yang memang diarahkan oleh keluarga," ujarnya. Selengkapnya baca di sini.

2. 12 Kasus pelanggaran HAM berat belum tuntas, ini daftarnya

Jenazah Laskar FPI Dipulangkan Malam Ini hingga Daftar Pelanggaran HAMANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Baca Juga: [BREAKING] Markas FPI Mulai Didatangi Warga Jelang Kedatangan Jenazah

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) mencatat masih ada 12 kasus pelanggaran HAM berat di Indonesia yang belum dituntaskan.

Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, mengatakan ke-12 kasus itu sampai saat ini masih dalam tahap penyelidikan.  Berkas-berkas kasus pelanggaran HAM berat telah diserahkan Komnas HAM kepada Jaksa Agung sejak awal 2002. Lihat daftar pelanggaran selengkapnya di sini.

3. Netizen donasi buat korban FPI, kurang dari 24 jam sudah Rp261 juta!

Jenazah Laskar FPI Dipulangkan Malam Ini hingga Daftar Pelanggaran HAMIlustrasi FPI/IDN Times/Muhamad Iqbal

Bentrokan antara kelompok FPI dengan polisi di Tol Cikampek KM 50 pada Senin, 7 Desember 2020 membuat enam orang meninggal dunia. Hal itu ternyata tak luput dari perhatian publik, termasuk para pengguna media sosial

Salah satu warganet bernama Irvan Gani, pengguna Twitter yang juga politikus ini tergerak hati mengumpulkan donasi berupa uang dari netizen. Melalui akun Twitter pribadinya, ia menggalang dana netizen sejak Senin sore. Kurang dari 24 jam, uang yang terkumpul sudah ratusan juta. Selengkapnya lihat di sini.

4. Bekerja saat libur Pilkada, kamu berhak dapat uang lembur

Jenazah Laskar FPI Dipulangkan Malam Ini hingga Daftar Pelanggaran HAMANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada secara serentak yang akan digelar pada Rabu besok 9 Desember 2020  ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Menanggapi hal itu Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan meski tidak semua daerah melakukan Pilkada, namun hari libur nasional berlaku juga bagi daerah yang tidak melaksanakan Pilkada. Menurut dia, pekerja yang bekerja pada hari pemungutan suara, maka berhak atas upah kerja lembur dan hak-hak lainnya, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Baca selengkapnya pernyataan Ida di tautan ini.

5. CCTV di lokasi bentrok polisi-FPI rusak sejak Minggu pagi

Jenazah Laskar FPI Dipulangkan Malam Ini hingga Daftar Pelanggaran HAMIlustrasi CCTV (Unsplash/Kyaw Tun)

PT Jasa Marga tidak bisa mengetahui kejadian sebenarnya saat terjadi bentrok antara kepolisian versus anggota laskar FPI saat mengawal Pemimpin FPI Rizieq Shihab di jalan tol Jakarta-Cikampek KM 50, Senin, 7 Desember 2020 dini hari.

Direktur Utama PT Jasa Marga Tollroad Operator Raddy Lukman mengatakan, kondisi CCTV di tol tersebut sedang ada gangguan. Padahal, CCTV bisa menjadi alat bukti yang merekam kejadian sebenarnya. Lihat selengkapnya di link berikut.

Baca Juga: Beredar Rekaman Suara Diduga Percakapan Laskar FPI, Ini Kata Polisi

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya