Ketika Jokowi Sentil Kapolri hingga Kabar Terbaru CPNS 2021

#IndonesiaHariIni tiga anggota KSSB ditembak mati

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo berjanji akan lebih berhati-hati menerapkan pasal dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Ini terkait pernyataan Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang membuka ruang kritik kepada pemerintah.

Selain soal sentilan Jokowi ini, sejumlah artikel juga menyedot perhatian pembaca IDN Times, Selasa (16/2/2021).

1. Jokowi melantik direksi Lembaga Pengelola Investasi

Ketika Jokowi Sentil Kapolri hingga Kabar Terbaru CPNS 2021Pengenalan Dewan Pengawas dan Dewan Direksi Lembaga Pengelola Investasi pada Selasa (16/2/2021) di Istana Negara (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo memperkenalkan Keanggotaan Dewan Pengawas dan Dewan Direksi Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Indonesia Investment Authority (INA). Pengenalan anggota Dewan Pengawas dan Dewan Direksi LPI itu dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (16/2/2021).

Melalui keberadaan LPI, kata Jokowi, Indonesia akan mengurangi kesenjangan kemampuan pendanaan domestik dengan kebutuhan pembiayaan pembangunan. Baca selengkapnya susunan direksi LPI di sini.

Baca Juga: Sering Dikritik, Anies: Makin Kasar Kata-katanya Makin Permalukan Dia

2. Disentil Jokowi, Kapolri Listyo Sigit akan selektif terapkan UU ITE

Ketika Jokowi Sentil Kapolri hingga Kabar Terbaru CPNS 2021Listyo Sigit Prabowo (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo akan selektif dalam menerapkan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Hal ini dilakukan seiring Presiden Joko “Jokowi” Widodo ingin membuka ruang kritik dan saran dari masyarakat.

Hal ini, kata Sigit, untuk menghindari ada upaya saling lapor menggunakan pasal-pasal yang dianggap karet dalam UU ITE, serta menghindari anggapan kriminalisasi menggunakan UU tersebut. Selengkapnya baca di sini.

3. Proses penerimaan CPNS/PPPK 2021 diumumkan Maret

Ketika Jokowi Sentil Kapolri hingga Kabar Terbaru CPNS 2021IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) masih belum bisa memastikan perihal pembukaan CPNS 2021. Rencana penerimaan masih dibahas dan saat ini Kemenpan RB masih melakukan tahapan validasi proses penerimaan untuk formasi tahun 2021.

Pembukaan CPNS 2021 akan disesuaikan dengan kebutuhan kementerian, lembaga, instansi, dan pemerintah daerah. Hal tersebut berkaitan dengan dampak pandemik virus corona. Baca detailnya di tautan ini.

4. TNI-Polri tembak mati tiga anggota KKSB di Intan Jaya Papua

Ketika Jokowi Sentil Kapolri hingga Kabar Terbaru CPNS 2021IDN Times/Arief Rahmat

Aparat gabungan TNI-Polri menembak mati tiga orang anggota kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) karena berusaha merampas senjata aparat gabungan di Puskesmas Sugapa, Intan Jaya, Papua, Senin (15/2/2021).

Kepala Penerangan (Kapen) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Kolonel CZI IGN Suriastawa, Selasa (16/2/2021) menjelaskan, kejadian itu bermula, saat Tim TNI melakukan pengejaran pelaku penembakan terhadap Prada Ginanjar Arianda anggota Satgas Yonif R 400/BR dan memeriksa seorang laki-laki. Baca kronologi lengkap di sini.

5. Data lengkap COVID-19 di Indonesia per 16 Februari 2021

Ketika Jokowi Sentil Kapolri hingga Kabar Terbaru CPNS 2021Ilustrasi mencuci tangan (IDN Times/Saifullah)

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 kembali merilis data terbaru terkait penyebaran perkembangan COVID-19 di Indonesia per Selasa (16/2/2021). Tercatat ada penambahan kasus harian positif virus corona mencapai 10.029 kasus.

Dengan demikian, total kasus COVID-19 di Tanah Air sudah mencapai 1.233.959 kasus. Jumlah tersebut membuat Indonesia masuk ke urutan 19, negara dengan jumlah kasus virus corona terbanyak di dunia. Selengkapnya ada di tautan ini.

Baca Juga: Mahkamah Konstitusi Gelar 30 Permohonan Sengketa Pilkada Hari Ini 

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya