Comscore Tracker

Kontoversi Vaksin Berbayar hingga KKB Tembak Anggota Satgas Nemangkawi

#IndonesiaHariIni,  451 pasien isoman meninggal dunia

Jakarta, IDN Times - Vaksin berbayar yang seyogianya akan diperjualbelikan di jaringan  Apotek Kimia Farma menuai kontroversi. Pemerintah diminta konsisten menggratiskan vaksin COVID-19 untuk warga. Namun pemerintah berdalih vaksin berbayar tidak menyalahi aturan. 

Tak hanya soal vaksin berbayar, pembaca IDN Times sepanjang Senin (12/7/2021) juga menyoroti soal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang menunjukkan sinyal akan diperpanjang, serta rencana pemeriksaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait kasus korupsi tanah di kawasan Munjul, Jakarta Timur, dan aksi Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua.

1. Vaksin berbayar banjir kritik, Jokowi dianggap gak konsisten

Kontoversi Vaksin Berbayar hingga KKB Tembak Anggota Satgas NemangkawiPetugas kesehatan menyiapkan suntikan vaksin virus corona (COVID-19) buatan Sinopharm, di Lima, Peru, Selasa (9/2/2021) (ANTARA FOTO/REUTERS/Sebastian Castaneda)

Kritik datang dari Koordinator Badan Pekerja Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Fatia Maulidiyanti . Ia menilai, semestinya Presiden Joko "Jokowi" Widodo tidak hanya menunda tetapi vaksin Gotong Royong berbayar harusnya dibatalkan, dan kebijakan dicabut.

"Penundaan bukan solusi, bukan jalan keluar, tetapi dicabut," ujarnya dalam konferensi pers LaporCovid-19 dipantau virtual. Selengkapnya baca di sini.

Baca Juga: Ma'ruf Amin: Aturan Penutupan Masjid Sudah Diubah, Tidak Ada Lagi 

2. Lapor COVID sebut ada 451 pasien meninggal saat isoman

Kontoversi Vaksin Berbayar hingga KKB Tembak Anggota Satgas NemangkawiPasien yang tengah menjalani isolasi mandiri di teras rumah Kelurahan Wirasana, Purbalingga mulai kritis dan dibawa ke rumah sakit, Kamis (8/7/2021) (Dokumentasi Warga Wirasana)

Melonjaknya kasus virus corona beberapa pekan terakhir membuat rumah sakit penuh dengan pasien COVID-19. Hal ini berujung pada banyaknya pasien yang harus menjalani isolasi mandiri karena tak kebagian tempat di rumah sakit. Mirisnya, ternyata banyak pasien yang isolasi mandiri meninggal dunia.  

Berdasarkan data yang dimiliki Lapor COVID-19, total ada 451 pasien isolasi mandiri (isoman) di Indonesia yang meninggal dunia. Dari jumlah itu, terbanyak di Jawa Barat. Cek datanya di tautan ini.

2. Sri Mulyani Sudah Siapkan Amunisi PPKM Darurat hingga 6 minggu

Kontoversi Vaksin Berbayar hingga KKB Tembak Anggota Satgas NemangkawiInfografis PPKM Darurat Jawa-Bali pada 3-20 Juli 2021. (IDN Times/Aditya Pratama)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ternyata telah mempersiapkan skenario PPKM Darurat selama 4-6 minggu. Skenario itu lebih panjang dari kebijakan yang diterapkan pemerintah saat ini, yakni hanya 17 hari (3-20 Juli 2021).

Skenario itu tertuang dalam bahan paparan dalam rapat kerja (raker) dengan Badan Anggaran DPR RI. Simak pernyataan lengkap Sri Mulyani di link ini.

4. Anies dan ketua DPRD DKI berpeluang diperiksa soal kasus korupsi tanah Munjul

Kontoversi Vaksin Berbayar hingga KKB Tembak Anggota Satgas NemangkawiGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya. Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta

etua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri mengatakan, pihaknya tak menutup kemungkinan bakal memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengadaan tanah Munjul, Pondok Rangon, Jakarta Timur.

Menurut Firli, keduanya memahami proses penganggaran pengadaan lahan itu. Baca pernyataan Firli di tautan berikut.

5. KKB tembak 1 anggota Satgas Nemangkawi di Yahukimo Papua

Kontoversi Vaksin Berbayar hingga KKB Tembak Anggota Satgas NemangkawiTim gabungan TNI-Polri berhasil menemukan dua senjata api di tempat persinggahan KKB di Oksamol, Papua. (dok. Satgas Nemangkawi)

Kontak tembak antara Satgas Nemangkawi dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali terjadi di Kali EI Kampung Mosom Dua, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, Papua, pada Sabtu 10 Juli 2021.

Dalam peristiwa itu, seorang anggota Satgas Nemangkawi ditembak oleh KKB pimpinan Tendius Gwijangge, hingga mengalami luka-luka. Selanjutnya baca di sini.

Baca Juga: Polri: Teroris Asal Babel Agus Setianto Pasok Senjata ke MIT Poso

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya