Kronologi Konflik Aparat dan Warga Wadas hingga Debut Mandalika

Para pembalap akan mengaspal di pramusim Jumat besok

Jakarta, IDN Times - Konflik agraria yang melibatkan aparat dan warga kembali terjadi. Kali ini di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah. Keributan pecah karena warga menolak ada penambangan di desanya. 

Puluhan orang ditangkap dan memicu kecaman dari berbagai pihak. Tidak hanya konflik aparat dan warga Wadas yang jadi sorotan pembaca IDN Times, sepanjang Rabu 9 Februari 2022, ada juga artikel lain yang menarik perhatian, seperti event MotoGP di Mandalika, lonjakan kasus COVID-19, hingga pidato Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Hari Pers Nasional.

Artikel-artikel ini dirangkum dalam #IndonesiaHariIni.

1. Awal mula konflik aparat dan warga Wadas, Purworejo

Kronologi Konflik Aparat dan Warga Wadas hingga Debut MandalikaWarga yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Peduli Alam Desa Wadas (GEMPADEWA) memasang spanduk saat melakukan aksi damai di depan kantor Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak, Sleman, D.I Yogyakarta, Kamis (6/1/2022) (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Berdasarkan data yang dirilis Gerakan Masyarakat Peduli Alam Desa Wadas (Gempa Dewa), disebutkan awal mula konflik terjadi pada Senin 7 Februari 2022 siang, di mana ribuan aparat kepolisian memasuki Desa Wadas. Mereka berbaris hingga mendirikan tenda di Lapangan Kaliboto yang berlokasi di belakang Polsek Bener.

Kemudian pada malam hari, terjadi pemadaman listrik di Desa Wadas padahal di desa-desa lain lampu tetap menyala. Selanjutnya baca di sini.

Baca Juga: Mahfud MD: Pemerintah Akan Tetap Ukur Tanah di Wadas

2. Lonjakan COVID-19 tidak terbendung lagi

Kronologi Konflik Aparat dan Warga Wadas hingga Debut MandalikaForkopimda Jatim memastikan tempat isolasi terpusat di Asrama Haji Sukolilo Surabaya untuk penanganan COVID-19 gelombang ketiga. Dok. Pemprov Jatim.

Satgas Penanganan COVID-19 kembali mengumumkan penambahan kasus harian. Hingga Rabu kemarin, penambahan kasus positif COVID-19 sebanyak 46.843.

Sementara, pasien sembuh yang hari ini dinyatakan sembuh sebanyak 14.016. Satgas COVID-19 juga menyampaikan hari ini ada 65 pasien yang terpapar virus corona meninggal dunia. Cek data lainnya di sini.

3. Debut Sirkuit Mandalika dimulai Jumat besok

Kronologi Konflik Aparat dan Warga Wadas hingga Debut MandalikaFoto udara tikungan ke 5 dan tikungan ke 6 lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Para pembalap MotoGP sudah menjajal Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, jelang sesi pramusim yang digelar mulai Jumat 11 Februari 2022. Mereka akhirnya merasakan kualitas Sirkuit Mandalika.

Apa kata Aleix Espargaro, pembalap Aprilia, yang sudah menjajal lintasan Mandalika? Selengkapnya ada di tautan ini.

4. Pesan Jokowi untuk media

Kronologi Konflik Aparat dan Warga Wadas hingga Debut MandalikaPengunjung berfoto di maskot dan logo peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 di areal MTQ Square, Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Jojon)

Presiden Jokowi Widodo mengaku siap mendukung usulan dari Dewan Pers dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk menciptakan aturan main antara media dan platform digital global. Jokowi sepakat platform digital yang kerap menggunakan konten berita, harus ditata untuk menciptakan persaingan yang sehat.

Langkah Jokowi ini diduga meniru kebijakan yang lebih dulu telah ditempuh oleh Pemerintah Australia. Apa itu? Baca di sini.

5. Indonesia sudah siap hadapi tapering tahun ini

Kronologi Konflik Aparat dan Warga Wadas hingga Debut MandalikaMenteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan Indonesia lebih siap menghadapi efek tapering yang bakal dilakukan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed tahun ini.

Hal itu disebabkan kinerja neraca pembayaran yang telah mampu menjaga keseimbangan eksternal. Sri Mulyani memaparkan, Indonesia kini berhasil membukukan surplus neraca perdagangan selama 20 bulan beruntun hingga Desember 2021 yang merupakan rekor dalam kurun waktu 14 tahun belakangan. Berapa angkanya? Simak di tautan berikut.

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya