Novel Baswedan Dilaporkan Gara-gara Cuitan hingga Imlek dan Sanksi ASN

#IndonesiaHariIni Jokowi minta pegawai mal juga divaksinasi

Jakarta, IDN Times - Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus berurusan lagi dengan polisi. Ia dilaporkan gara-gara cuitan di akun twitter miliknya terkait meninggalnya Ustaz Maaher di rumah tahanan Mabes Polri pada Senin 8 Februari 2021.

Selain Novel, ada juga sejumlah artikel menarik lainnya yang menyedot perhatian pembaca IDN Times sepanjang Kamis (11/2/2021), termasuk update kasus Aisha Weddings yang bikin heboh.

1. Aisha Weddings ajak pernikahan dini, Samindo: celah perdagangan orang

Novel Baswedan Dilaporkan Gara-gara Cuitan hingga Imlek dan Sanksi ASNWebsite Aisha Weddings (Website/www.aishaweddings.com)

Sahabat Millennial Indonesia (Samindo) dan SETARA Institute melaporkan Aisha Weddings, atas dugaan promosi pernikahan anak. Advokat publik sekaligus pegiat Samindo-SETARA Institute Disna Riantina mengatakan, promosi pernikahan anak mengarah pada praktik eksploitasi anak dan perdagangan orang.

"Bertentangan dengan jaminan hak konstitusional anak sebagaimana termaktub dalam Pasal 20B UUD 1945, setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi," kata Disna. Selanjutnya baca di sini.

2. Usai makan siang dengan Erick, Wishnutama resmi jadi komut Telkomsel

Novel Baswedan Dilaporkan Gara-gara Cuitan hingga Imlek dan Sanksi ASNIDN Times/Hana Adi Perdana

Baca Juga: Wapres: Berpikir Sempit Sebabkan Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi mengangkat mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandino sebagai Komisaris Utama Telkomsel yang baru efektif mulai hari ini, Kamis (11/2/2021).

Sehari sebelum pengangkatan itu, Wishnutama sempat mengunggah foto bersama Menteri BUMN Erick Thohir. Baca selengkapnya di tautan ini.

3. Jokowi minta karyawan mal hingga sektor jasa prioritas dapat vaksin

Novel Baswedan Dilaporkan Gara-gara Cuitan hingga Imlek dan Sanksi ASNVaksin COVID-19 Tahap 3 telah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (12/1/2021) (IDN Times/Maya Aulia)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta ada manajemen persiapan untuk percepatan vaksinasi COVID-19. Menurutnya, orang-orang yang memiliki interaksi dan mobilitas tinggi harus didahulukan untuk divaksinasi.

"Misalnya, di sektor-sektor jasa yang padat interaksi, yang interaksinya tinggi, segera lakukan. Bukan orang per orang. Karena kita ingin melakukan vaksinasi itu klaster, memagari sehingga tercapai ketebalan komunal, tercapai herd immunity," ujar Jokowi. Selengkapnya ada di link ini.

4. ASN dilarang berpergian saat libur Imlek, bisa kena sanksi!

Novel Baswedan Dilaporkan Gara-gara Cuitan hingga Imlek dan Sanksi ASNIlustrasi pernak-pernik Imlek. IDN Times/Umi Kalsum

Pemerintah melarang aparatur sipil negara (ASN) bepergian ke luar daerah dan mudik jelang libur nasional Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili yang jatuh pada Jumat, 12 Februari 2021. Pembatasan mobilitas bagi ASN ini tercantum dalam Surat Edaran Menteri PANRB No. 4/202.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan pembatasan mobilitas dengan larangan bagi ASN merupakan salah satu upaya mencegah potensi peningkatan kasus COVID-19 akibat perjalanan atau mobilitas. Seperti apa sanksinya? Cek di sini.

Baca Juga: Pesan Imlek Presiden Taiwan: Hong Kong Harus Percaya Demokrasi

5. Cuitan soal kematian Ustaz Maaher dilaporkan, Novel Baswedan anggap aneh

Novel Baswedan Dilaporkan Gara-gara Cuitan hingga Imlek dan Sanksi ASNIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Penyidik senior KPK Novel Baswedan dilaporkan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Mitra Kamtibmas (PPMK) ke Bareskrim Polri. PPMK menilai pernyataan Novel soal kematian Soni Eranata alias Ustaz Maaher At-Thuwailibi mengandung hoaks.

Menanggapi hal ini, Novel mengatakan, pernyataan yang dilontarkannya merupakan bentuk kepedulian terhadap rasa kemanusiaan. Begini pernyataan lengkap Novel.

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya