Comscore Tracker

Operasi SAR Sriwijaya Air Disetop hingga PPKM Jawa-Bali Diperpanjang

Indonesia Hari Ini, Jokowi bicara vaksin mandiri

Jakarta, IDN Times -  Kementerian Perhubungan resmi mengakhiri operasi evakuasi pesawat Sriwijaya Air SJY-182 yang jatuh pada 9 Januari 2021 lalu di Kepulauan Seribu. Lebih dari 300 kantung temuan dikumpulkan dari lokasi kecelakaan selama 14 hari proses pencarian.

Selain penghentian operasi SAR Sriwijaya, perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali juga menyedot perhatian pembaca IDN Times, Kamis (21/1/2021).

1. Operasi SAR Sriwijaya sempat diperpanjang dua kali

Operasi SAR Sriwijaya Air Disetop hingga PPKM Jawa-Bali DiperpanjangSituasi di lokasi jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182 pada Minggu (10/1/2021) (IDN Times/Muhammad Iqbal)

Kementerian Perhubungan resmi mengakhiri operasi evakuasi pesawat Sriwijaya Air SJY-182 yang jatuh pada 9 Januari 2021 lalu. Meski sudah menemukan bagian dari kotak hitam, yakni Flight Data Recorder, sayangnya hingga hari terakhir Cockpit Voice Recorder tidak ketemu.

Selengkapnya baca di sini.

2. PPKM Jawa-Bali diperpanjang hingga 8 Februari

Operasi SAR Sriwijaya Air Disetop hingga PPKM Jawa-Bali DiperpanjangInfografis PPKM Jawa-Bali pada 11-25 Januari 2021 (IDN Times/Rikha Khunaifah Mastutik)

Baca Juga: Profil Komjen Listyo Sigit, Kapolri Pilihan Jokowi yang Disetujui DPR

Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali.

Kebijakan PPKM sudah diberlakukan di tujuh provinsi yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Bali, serta diberlakukan di 73 kabupaten atau kota. Selengkapnya ada di sini.

3. Tiga harapan Indonesia kepada AS setelah Joe Biden dilantik

Operasi SAR Sriwijaya Air Disetop hingga PPKM Jawa-Bali DiperpanjangPresiden Amerika Serikat Joe Biden memberi hormat saat Ibu Negara Jill Biden meletakkan tangan di dadanya saat melakukan tinjauan setelah upacara pelantikan, di Washington, Amerika Serikat, Rabu (20/1/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Segar

Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia Retno Marsudi, menyampaikan selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris yang resmi dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) ke-46 dan Wakil Presiden AS ke-49, Rabu, 20 Januari 2021 pukul 11.48 waktu setempat.

Menyambut pemerintahan baru, Retno menyampaikan, setidaknya ada tiga hal yang diharapkan Indonesia kepada AS. Apa itu? Cek di sini.

4. Waspada, potensi gempa besar di Aceh

Operasi SAR Sriwijaya Air Disetop hingga PPKM Jawa-Bali DiperpanjangIlustrasi Gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Provinsi Aceh merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki frekuensi tinggi dalam kejadian gempa bumi. Keaktifan gempa bumi disebabkan karena adanya pertemuan dua lempeng tertonik yang terjadi secara konvergen dan saling bertumbukan, yakni antara Lempengan Indo-Australia dan Lempeng Eurasia.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika melalui Stasiun Geofisika Klas III Aceh Besar di Mata Ie, Kabupaten Aceh Besar mencatat ada 977 kali kejadian gempa bumi sepanjang tahun 2020. Masih ada potensi gempa besar di wilayah ini. Baca penjelasan BMKG selengkapnya di link ini.

5. Jokowi bicara soal vaksin mandiri

Operasi SAR Sriwijaya Air Disetop hingga PPKM Jawa-Bali DiperpanjangGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memantau jalannya vaksinasi COVID-19 perdana di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (15/1/2021) (Instagram/Anies Baswedan)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan sinyal kepada para pengusaha soal vaksinasi mandiri. Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam pembukaan Kompas 100 CEO Forum Tahun 2021, pada Kamis (21/1/2021).

Dalam pidatonya itu, Jokowi mengatakan bahwa vaksinasi di Indonesia harus segera dilakukan dengan cepat. Baca detailnya di tautan ini.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Viral Video Kepanikan Penumpang Sriwijaya Sebelum Jatuh

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya