PPKM Darurat Versi Luhut hingga Antrean Jenazah COVID-19 di TPU

#IndonesiaHariIni, ramai-ramai dukung BEM UI

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akhirnya mengumumkan rencana penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat awal Juli 2021. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan merupakan salah satu pengusul PPKM Darurat ini. 

Setidaknya ada tujuh poin yang jadi konsentrasi Luhut. Tak hanya PPKM Darurat yang ramai disorot pembaca IDN Times, Rabu (30/6/2021). Sejumlah artikel menarik lainnya juga masuk radar pembaca. Apa saja?

1. Tujuh usulan Luhut terkait PPKM Darurat, apa yang baru?

PPKM Darurat Versi Luhut hingga Antrean Jenazah COVID-19 di TPUPetugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, dan kepolisian Kabupaten Ngawi sedang menertibkan restoran di hari pertama PPKM, Senin (11/1/2021). Dok. IDN Times/Istimewa

Baca Juga: Deretan Negara yang Lockdown Lagi akibat COVID-19 Varian Delta

Dalam usulan PPKM Darurat, Work From Home bukan 75 persen lagi. Luhut mengimbau 100 persen WFH untuk sektor non esensial.

Untuk sektor esensial diberlakukan 50 persen maksimum staf Work From Office (WFO) dengan protokol kesehatan. Dan untuk sektor kritikal diperbolehkan 100 persen maksimum staf WFO dengan protokol kesehatan. Apa lagi? Cek di tautan ini.

2. BEM luar Jakarta ramai-ramai dukung BEM UI

PPKM Darurat Versi Luhut hingga Antrean Jenazah COVID-19 di TPUKetua BEM UI, Leon Alvinda Putra (www.instagram.com/@leonalvinda)

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari luar Jakarta ramai-ramai bersuara terkait pemanggilan BEM Universitas Indonesia oleh pihak kampus, setelah mengkritik Presiden Joko "Jokowi" Widodo melalui unggahan meme bertuliskan Jokowi: The King of Lip Service. 

BEM Universitas Diponegoro (Undip) Jawa Tengah mengecam keras tindakan pemanggilan oleh pihak kampus, dan menyebutnya sebagai pembungkaman. Baca selengkapnya di link berikut ini.

3. Terbang ke Prancis, Menhan Prabowo teken kesepakatan pertahanan

PPKM Darurat Versi Luhut hingga Antrean Jenazah COVID-19 di TPUANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada Senin, 28 Juni 2021  meneken kesepakatan kerja sama dengan Menhan Prancis Florence Parly. Kesepakatan dua Menhan itu merupakan tindak lanjut dari kunjungan Prabowo ke Prancis pada Januari 2020 lalu. 

Dokumen Defence Cooperation Agreement (DCA) diteken oleh kedua menhan setelah melalui perundingan panjang di tengah pandemik COVID-19. Soal alutsista? Baca selengkapnya di sini.

4. Densus 88 tangkap tiga terduga teroris di Jakarta dan Bangka Belitung

PPKM Darurat Versi Luhut hingga Antrean Jenazah COVID-19 di TPUIlustrasi penggerebekan teroris. IDN Times/Larasati Rey

Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap dua terduga teroris di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, pada Rabu (30/6/2021). Penangkapan itu berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB. 

Penangkapan ini merupakan pengembangan penangkapan seorang terduga teroris di wilayah Bangka Belitung, berinisial AS. Terduga teroris DS dan SY diketahui telah menerima sebuah paket dari AS. Namun isi paket tersebut tak dijelaskan lebih lanjut. Selanjutnya ada di tautan ini.

5. Duh! Peti jenazah COVID-19 sampai antre di TPU Pedurenan

PPKM Darurat Versi Luhut hingga Antrean Jenazah COVID-19 di TPUTim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 memakamkan jenazah pasien positif COVID-19 (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Beberapa peti mati jenazah pasien COVID-19 tampak berderet antre untuk dikubur di waktu bersamaan. Dari jauh, isak tangis keluarga tidak berhenti melihat kepergian anggota keluarganya tatkala peti jenazah dimasukkan dalam liang kubur.

Setelah liang ditutup, keluarga tampak berdoa sejenak, dan diminta bergegas ke luar area pemakaman khusus COVID-19 di TPU Padurenan, Mustikajaya, Kota Bekasi. Simak selengkapnya di sini.

Baca Juga: Daftar 44 Kabupaten/Kota yang Akan Terapkan PPKM Darurat Jawa-Bali  

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya