Respons Jokowi Dijuluki King of Lip Service hingga PPKM Darurat

#IndonesiaHariIni saatnya Indonesia lockdown

Jakarta, IDN Times -  Presiden Joko "Jokowi" Widodo akhirnya merespons kritikan BEM UI yang menyebutnya King of Lip Service. Kritikan BEM Universitas Indonesia ini berbuntut pemanggilan pengurus oleh pihak rektorat.

Tak hanya soal respons Jokowi, pembaca IDN Times sepanjang Selasa (29/6/2021) juga menyoroti soal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan pendaftaran CPNS 2021. Juga artikel menarik lainnya.

1. Jokowi anggap kritik sudah biasa

Respons Jokowi Dijuluki King of Lip Service hingga PPKM DaruratMeme Jokowi The King of Lip Service yang diunggah di akun media sosial BEM UI (www.twitter.com/@BEMUI_Official)

Jokowi mengatakan julukan 'king of lip service' dianggapnya hal yang biasa. Sebab, ia sudah sering mendapatkan banyak julukan dari pihak-pihak yang mengkritiknya.

"Ya itu kan sudah sejak lama. Dulu ada yang bilang saya ini klemar-klemer, kemarin ada yang bilang juga saya itu plonga-plongo, kemudian ganti lagi ada yang bilang saya ini otoriter, kemudian ada juga yang ngomong saya ini bebek lumpuh, dan terbaru ini ada yang ngomong saya ini bapak bipang (babi panggang), dan terakhir ada yang menyampaikan mengenai the king of lip service," kata Jokowi.

Bagaimana respons lanjutan Jokowi? Baca di sini.

2. Luhut pimpin PPKM Darurat Jawa dan Bali

Respons Jokowi Dijuluki King of Lip Service hingga PPKM DaruratMenko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diminta Presiden Jokowi untuk fokus menangani kasus Covid-19 di sembilan provinsi yang berkontribusi besar terhadap total kasus nasional (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Baca Juga: Mahasiswa Debat dengan Ade Armando: Dia Gak Segarang Kritik di Twitter

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan memimpin kebijakan PPKM Darurat di Pulau Jawa dan Bali.

"Betul Menko Maritim dan Investasi telah ditunjuk oleh Bapak Presiden Jokowi sebagai Koordinator PPKM Darurat untuk Pulau Jawa dan Bali," kata Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi.

Apa kebijakan yang akan dilakukan Luhut? Simak di tautan ini.

3. Epidemiolog sebut Indonesia sudah saatnya menerapkan lockdown

Respons Jokowi Dijuluki King of Lip Service hingga PPKM DaruratIlustrasi lockdown (IDN Times/Arief Rahmat)

Epidemiolog Griffith University, Australia, Dicky Budiman, menyarankan pemerintah melakukan lockdown sebagai opsi yang paling tepat untuk mengatasi kasus COVID-19 yang tengah meroket di Indonesia.

"Sudah saatnya untuk pembatasan ketat. Lockdown opsi yang ideal untuk mengatasi lonjakan kasus besar, meski PPKM (Pembatasan Kegiatan Masyarakat) diterapkan tetapi kasus tetap tinggi," ujar Dicky. Selanjutnya baca di sini.

4. Suap ekspor benur, Edhy Prabowo dituntut 5 tahun dan denda Rp400 juta

Respons Jokowi Dijuluki King of Lip Service hingga PPKM DaruratMantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (3/12/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dituntut 5 tahun penjara dan denda Rp400 juta rupiah subsider 6 bulan kurungan, dalam perkara tindak pidana korupsi ekspor benur.

Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan, eks politikus Partai Gerindra itu terbukti melanggar Pasal 12 huruf a UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP Jo Pasal 65 ayat 1 KUHP. 

Selengkapnya tuntutan hakim ada di link berikut.

5. Pendaftaran CPNS-PPPK resmi dimulai Rabu 30 Juni

Respons Jokowi Dijuluki King of Lip Service hingga PPKM DaruratIlustrasi Pendaftaran CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Badan Kepegawaian Negara (BKN) resmi membuka pendaftaran CPNS dan Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK) 2021, mulai Rabu 30 Juni 2021 hingga 21 Juli 2021.

Hal itu disampaikan langsung oleh Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen. Cek syarat-syaratnya di sini.

Baca Juga: Beredar Bocoran PPKM Darurat, Ini Kata Ketua Satgas COVID-19

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya