Sembako Bakal Kena Pajak hingga BTS Meal di McD yang Bikin Heboh

#IndonesiaHariIni, sikap Jokowi soal pasal hina presiden

Jakarta, IDN Times - Pemerintah berencana menerapkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) terhadap sembilan kebutuhan pokok (sembako). Tidak hanya beras yang menjadi makanan utama masyarakat Indonesia, tapi juga bumbu dapur.

Rencana tersebut mengacu kepada revisi draf Rancangan Undang Undang (RUU) Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP). Selain pajak sembako, pembaca IDN Times, Kamis (10/6/2021) juga menyoroti kasus kerumunan akibat promo BTS Meal di gerai cepat saji McDonald's yang membuat manajemen harus berurusan dengan polisi.

1. Ini lho daftar sembako yang bakal dipajaki

Sembako Bakal Kena Pajak hingga BTS Meal di McD yang Bikin HebohPedagang telur. ANTARA FOTO/Rahmad

Tarif PPN yang bakal diterapkan sesuai dengan revisi draf Rancangan Undang Undang (RUU) Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP) rencananya sebesar 12 persen.

Penasaran apa saja sembako yang bakal kena PPN selain beras, telur, dan bumbu dapur? Cek daftarnya di link berikut.

Baca Juga: YLBHI: Kalau Presiden Gak Bisa Dikritik, Jadi Kerajaan Aja

2. Rizieq Shihab mengaku bertemu Tito Karnavian dan kepala BIN di Arab Saudi

Sembako Bakal Kena Pajak hingga BTS Meal di McD yang Bikin HebohMenteri Dalam Negeri Tito Karnavian ketika rapat kerja dengan komisi I DPD pada 2019 lalu. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Rizieq Shihab mengaku sempat berhubungan dengan pejabat di Indonesia ketika tengah berada di Arab Saudi. Hal itu ia ungkapkan ketika membaca nota pembelaan dalam perkara swab test PCR palsu yang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Rizieq mengaku ditelepon Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM 2014-2019 Wiranto, hingga bertemu Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dan mantan Kapolri, Jenderal Tito Karnavian. Apa saja yang dibicarakan dalam pertemuan itu? Baca di sini.

3. Mahfud MD ungkap sikap Jokowi soal pasal penghinaan presiden

Sembako Bakal Kena Pajak hingga BTS Meal di McD yang Bikin HebohPresiden Jokowi memberikan pidato di P4G Partnering for Green Growth and the Global Goals 2030 Summit (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Polemik dihidupkannya kembali pasal penghinaan presiden dalam Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) semakin menarik perhatian. Sebelumnya, pasal tersebut memang sempat dihapus Mahkamah Konstitusi (MK) pada 2006.

Terkait hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan sikap Presiden Jokowi yang sempat mempertanyakan soal pasal tersebut. Apa kata Jokowi? Selengkapnya baca di sini.

4. Ini 25 kabupaten kota penyumbang kasus COVID-19 terbanyak di Indonesia

Sembako Bakal Kena Pajak hingga BTS Meal di McD yang Bikin HebohTim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 memakamkan jenazah pasien positif COVID-19 (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, terdapat 25 kabupaten/kota yang berkontribusi terhadap kenaikan kasus virus corona di tingkat provinsi. Menurut Wiku, kabupaten/kota yang memberikan kontribusi tertinggi adalah Kudus, Jawa Tengah.

“Pertama Jawa Tengah. Dikontribusikan oleh Kudus ini naik jauh dari 100 persen yaitu naik 7.594 persen," kata Wiku. Lainnya? Simak di tautan ini.

5. Imbas kerumunan promo BTS Meal, 32 gerai McD ditutup

Sembako Bakal Kena Pajak hingga BTS Meal di McD yang Bikin HebohBTS dan BTS Meal (instagram.com/mcdonaldsidmcdonalds.co.id)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyoroti kerumunan di sejumlah gerai McDonald's (McD) pada Rabu kemarin. Kerumunan terjadi imbas promo BTS Meal yang dikeluarkan McD.

Akibatnya, sedikitnya 32 gerai McD dijatuhi sanksi. Kerumunan ini dikhawatirkan dapat meningkatkan potensi penularan COVID-19 di Jakarta. Manajemen pun dipanggil polisi pada Kamis ini. Baca selengkapnya di sini dan link ini.

Baca Juga: Apa Sih yang Spesial dari BTS Meal McDonald's, Simak Review Ini!

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya