Comscore Tracker

Sembako di Pasar Tak Kena PPN dan 10 Kampus Penerima SBMPTN Terbanyak

#IndonesiaHariIni COVID-19 makin mengkhawatirkan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Keuangan mengklarifikasi rencana pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) terhadap sembilan bahan pokok (sembako). Pengenaan PPN mencapai 12 persen. Namun hari ini, Senin (14/6/2021), Kemenkeu memastikan PPN tidak akan diberlakukan terhadap sembako yang dijual di pasar tradisional.

Selain persoalan PPN sembako, pembaca IDN Times juga menyoroti pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

1. Perhatian! Belanja sembako di pasar tradisional tak kena PPN

Sembako di Pasar Tak Kena PPN dan 10 Kampus Penerima SBMPTN TerbanyakMinyak goreng, sembako yang sering penyumbang inflasi. Foto ilustrasi: IDN Times/Hana Adi Perdana

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Neilmaldrin Noor menjelaskan pengenaan PPN itu nantinya hanya berlaku pada jenis sembako tertentu, khususnya yang masuk kategori premium, alias harganya tinggi. Sementara itu, ia memastikan sembako yang dijual di pasar tradisional tak akan dikenakan PPN.

"Misalnya barang-barang kebutuhan pokok yang dijual di pasar tradisional, ini tentunya tidak dikenakan PPN. Akan berbeda ketika sembako ini sifatnya premium," kata Neilmaldrin dalam media briefing virtual. Selengkapnya baca di sini.

2. 10 Wilayah dengan kematian tertinggi akibat CIVID-19

Sembako di Pasar Tak Kena PPN dan 10 Kampus Penerima SBMPTN TerbanyakIlustrasi Suasana Pandemik COVID-19 di Brazil, Amerika (ANTARA FOTO/REUTERS/Adriano Machado)

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mencatat ada 52.879 kasus kematian akibat COVID-19 dari 1.911.358 kasus di Indonesia per Minggu (13/6/2021).

Dari angka kematian tersebut, berdasarkan data yang diperoleh dari Covid19.go.id, dari 34 provinsi di Indonesia, 10 di antaranya memiliki angka kematian tertinggi akibat COVID-19. Baca selanjutnya di tautan ini.

Baca Juga: Dijadikan Bahasan di G7, Tiongkok Layangkan Kritik ke Joe Biden Dkk

3. Daftar 10 kampus penerima SBMPTN 2021 terbanyak

Sembako di Pasar Tak Kena PPN dan 10 Kampus Penerima SBMPTN TerbanyakInstagram.com/univ.brawijaya

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan sebanyak 184.942 peserta lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Ketua LTMPT Mohammad Nasih menyebutkan peserta yang diterima di prodi saintek (sains dan teknologi) 92.963 orang, sementara jumlah peserta yang diterima prodi soshum (sosial dan humaniora) sebanyak 91.979. Lihat daftar 10 kampus terbanyak penerima SBMPTN 2021 di link ini.

4. Hasil autopsi jenazah wakil bupati Sangihe, tidak ada racun

Sembako di Pasar Tak Kena PPN dan 10 Kampus Penerima SBMPTN TerbanyakWakil Bupati Kepulauan Sangihe Helmud Hontong di ruang kerjanya. ANTARA/HO-Dok. Pribadi.

Tim Forensik Polda Sulawesi Utara memastikan, berdasarkan hasil sementara autopsi tidak ditemukan racun di dalam tubuh jenazah Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong.

Tim Forensik Polda Sulut menyatakan, penyebab utama kematian Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong adalah komplikasi penyakit menahun yang dideritanya. Simak di tautan berikut ini.

5. Tsunami dahsyat ancam selatan Jawa, ini 3 mitigasi yang disiapkan

Sembako di Pasar Tak Kena PPN dan 10 Kampus Penerima SBMPTN TerbanyakIlustrasi Tsunami (IDN Times/Mardya Shakti)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyiapkan langkah konkret untuk mitigasi bencana gempa dan tsunami. Upaya mitigasi struktural dan kultural ini dengan membangun bangunan aman gempa dan tsunami, untuk mengantisipasi ancaman potensi gempa dan tsunami di selatan Jawa yang dahsyat.

"Pemerintah daerah dengan dukungan pemerintah pusat dan pihak swasta, menyiapkan sarana dan prasarana evakuasi yang layak dan memadai," ujar Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono. Seperti apa mitigasi yang disiapkan? Baca di sini.

Baca Juga: 25 Kelurahan di Jakarta dengan Lonjakan Kasus COVID-19 Tertinggi

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya