Seruan Mahfud Tolak Demokrat Moeldoko hingga Rekrutmen CPNS Tanpa Tes

Moeldoko menggelar KLB Partai Demokrat beberapa waktu lalu

Jakarta, IDN Times -  Perseteruan antara Partai Demokrat dengan kubu Moeldoko terus memanas. Moeldoko bahkan sampai menyewa jasa pengacara senior Yusril Ihza Mahendra.

Namun Menkopolhukam Mahfud MD terang-terangan menyerukan penolakan terhadap kepengurusan Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa yang digelar kubu Moeldoko di Deli Serdang, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu. 

Konflik ini menarik pembaca IDN Times sepanjang Jumat 1 Oktober 2021. Tak hanya itu, pembaca juga menyoroti klarifikasi Badan Kepegawaian Negara soal rektutmen CPNS tanpa tes. Simak artikel-artikelnya di #IndonesiaHariIni.

1. Respons kubu Moeldoko soal seruan Mahfud MD

Seruan Mahfud Tolak Demokrat Moeldoko hingga Rekrutmen CPNS Tanpa TesIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberi arahan agar KLB Deli Serdang yang dilakukan Partai Demokrat kubu Moeldoko ditolak. Juru bicara Demokrat kubu Moeldoko, Muhammad Rahmad, mempertanyakan posisi Mahfud MD.

"Pak Mahfud itu dimana posisinya? Politisi atau negarawan?" ucap Rahmad. Simak selengkapnya di sini.

Baca Juga: Survei SMRC: 75 Persen Responden Tak Setuju Isu Jokowi PKI

2. Alasan TVRI tak tayangkan film G30S/PKI

Seruan Mahfud Tolak Demokrat Moeldoko hingga Rekrutmen CPNS Tanpa TesIlustrasi logo TVRI (Instagram/@helmiyahya)

Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) menjelaskan alasan pihaknya tidak menayangkan film Pengkhianatan G30S PKI yang biasanya dilakukan tiap 30 September.

Direktur Utama TVRI Iman Brotoseno mengatakan, setiap memasuki 30 September, isu ini selalu memunculkan kontroversi. Sementara, di sisi lain, TVRI sebagai lembaga penyiaran harus menjadi alat perekat sosial dan pemersatu bangsa. Karenanya, TVRI tak mau bikin kegaduhan. Selengkapnya ada di tautan ini.

3. PON XX Papua dibuka Presiden Jokowi

Seruan Mahfud Tolak Demokrat Moeldoko hingga Rekrutmen CPNS Tanpa TesPresiden Joko "Jokowi" Widodo (kemeja putih di sebelah kanan) berada di Lanud Halim Perdanakusuma untuk berangkat menuju ke Jayapura, Papua pada Jumat, 1 Oktober 2021 (Dokumentasi Biro Pers Istana)

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX bakal dibuka secara resmi oleh PresidenJokowi pada Sabtu, 2 Oktober 2021. Untuk itu, Jokowi telah meninggalkan Jakarta dan terbang ke Papua pada Jumat 1 Oktober 2021.

Pesawat kepresidenan dengan kelir merah putih terlihat telah meninggalkan Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pada pukul 09:20 WIB, kemarin. Meski perhelatan PON XX dihantui lonjakan kasus COVID-19 dan ancaman keamanan, namun mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar acara olahraga skala nasional tersebut tetap digelar sesuai jadwal.  Simak selanjutnya di tautan berikut ini.

4. Klarifikasi BKN, tak pernah ada perekrutan CPNS lewat jalur prestasi tanpa tes

Seruan Mahfud Tolak Demokrat Moeldoko hingga Rekrutmen CPNS Tanpa TesIlustrasi CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama BKN, Satya Pratama, membantah ada jalur prestasi tanpa tes untuk bisa diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Satya tak menampik modus penipuan untuk bisa menjadi CPNS ramai terjadi di saat pemerintah menggelar seleksi abdi negara itu. 

"Tidak ada (jadi CPNS bisa diterima tanpa tes). Banyak juga yang tertipu karena tidak paham prosedur pengadaan CPNS," ujar Satya. Seperti apa proses rekrutmen CPNS, ini penjelasannya.

5. Harga telur anjlok picu deflasi September

Seruan Mahfud Tolak Demokrat Moeldoko hingga Rekrutmen CPNS Tanpa TesIlustrasi Pengiriman Telur Ayam. (IDN Times/Sunariyah)

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pada September 2021, terjadi deflasi sebesar 0,04 persen. Kepala BPS, Margo Yuwono mengatakan penyebab utama dari deflasi September ialah kelompok makanan, minuman, dan tembakau, khususnya pada komoditas telur ayam ras.

Selama September ini, terjadi penurunan harga yang drastis pada telur ayam. Berapa banyak kontribusi  harga telur ayam terhadap deflasi. Simak selengkapnya di link ini.

Baca Juga: Yusril Berkelakar Kini Dijuluki Pengacara Rp100 M Gegara Demokrat

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya