Comscore Tracker

Setahun Jokowi-Ma'ruf, Utang Indonesia, Bioskop CGV Buka Besok

Indonesia Hari Ini, CGV masih satu-satunya bioskop yang buka

Jakarta, IDN Times - Hari ini, genap setahun pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin. Sejumlah kebijakan yang diambil Jokowi-Ma'ruf selama satu tahun terakhir 'dikuliti'. 

Paling nyata kebijakan membubarkan 18 lembaga negara dan memangkas 29 ribu pejabat eselon di lingkungan kementerian dan lembaga. Setahun Jokowi-Ma'ruf jadi sorotan pembaca sepanjang Selasa (20/10/2020).

Setahun Jokowi-Ma'ruf juga diwarnai aksi demonstrasi BEM Seluruh Indonesia. Soal utang Indonesia yang harus ditanggung warga juga jadi perhatian, selain masalah vaksin dan geliat bioskop.

1. Usia 0-18 dan di atas 60 tahun ternyata tidak dapat vaksin COVID-19

Setahun Jokowi-Ma'ruf, Utang Indonesia, Bioskop CGV Buka BesokIlustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Arief Rahmat)

Kementerian Kesehatan memastikan 9,1 juta penduduk Indonesia akan mendapatkan vaksinasi COVID-19 secara bertahap, mulai akhir November sampai Desember 2020.

Namun kelompok usia 0 sampai 18 tahun, 60 tahun ke atas, dan orang dengan penyakit penyerta (komorbid) berat tidak akan mendapatkan vaksin, mengapa? Lihat di tautan ini alasannya.

Baca Juga: Mahasiswa Geruduk Istana Negara, Jokowi Pilih Berkantor di Bogor

2. Setahun Jokowi-Ma'ruf, 18 lembaga dan komisi dibubarkan

Setahun Jokowi-Ma'ruf, Utang Indonesia, Bioskop CGV Buka BesokIDN Times / Larasati Rey

Penyederhanaan birokrasi menjadi salah satu program prioritas Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk masa jabatannya yang kedua. Janji itu ditepatinya, sebanyak 18 lembaga negara dibubarkan, dan 29 ribu pejabat eselon dipangkas.

Perampingan lembaga dilakukan agar negara bisa berjalan cepat. Sebab, dengan perampingan, anggaran juga bisa dihemat. Begitu alasan Jokowi.

Apa saja 18 lembaga dan komisi yang dibubarkan Jokowi? Lihat daftarnya di tautan berikut ini.

3. BEM SI demo lagi, gaungkan mosi tidak percaya

Setahun Jokowi-Ma'ruf, Utang Indonesia, Bioskop CGV Buka BesokSuasana demonstrasi Satu Tahun Jokowi-Ma'ruf Amin pada Selasa (20/10/2020) (Tangkap Layar CCTV Bali Tower)

Demonstrasi menolak Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) yang dilakukan mahasiswa berlangsung di kawasan Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2020) siang tadi.

Sejumlah perwakilan mahasiswa secara bergantian berorasi di mobil komando dengan pengeras suara. Ketika ada yang berorasi, mahasiswa lainnya membentuk lingkaran di sekitar mobil komando dengan saling bergandengan tangan.

Salah satu yang digaungkan adalah mosi tidak percaya. Bagaimana pernyataan mereka? Baca selengkapnya di sini.

4. Setahun Jokowi-Ma'ruf, setiap orang tanggung utang Rp20,5 juta

Setahun Jokowi-Ma'ruf, Utang Indonesia, Bioskop CGV Buka BesokIlustrasi utang (IDN Times/Arief Rahmat)

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira Adhinegara menyebut besarnya utang pemerintah pada masa pemerintah pasangan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuat satu warga negara harus menanggung utang negara sebesar Rp20,5 juta.

Angka ini berdasarkan catatan Bank Indonesia terhadap Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada akhir Agustus 2020 sebesar 413,4 miliar dolar AS atau Rp6.082 triliun, di mana Rp5.594,9 triliun merupakan utang pemerintah dan sisanya adalah utang swasta.

Lihat selengkapnya di tautan ini guys.

5. Bioskop CGV Jakarta buka besok, Rabu 21 Oktober!

Setahun Jokowi-Ma'ruf, Utang Indonesia, Bioskop CGV Buka BesokIlustrasi Bioskop di era New Normal (ANTARA FOTO/REUTERS /Jorge Silva)

Setelah ditutup sejak April 2020 lalu akibat adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB), bioskop CGV Indonesia akhirnya mengumumkan berencana akan kembali membuka bioksop pada besok, Rabu (21/10/2020), di beberapa wilayah DKI Jakarta.

Public Relations Manager CGV Indonesia Hariman Chalid mengatakan pembukaan bioskop mereka ini telah disetujui oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Film apa yang bakal diputar CGV di hari pertamanya? Lihat di link berikut ini.

Baca Juga: Keren! Nama Jokowi Diabadikan Menjadi Nama Jalan di Abu Dhabi UEA

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya