Comscore Tracker

Surat Edhy Prabowo untuk Jokowi hingga Ba'asyir yang Dilarikan ke RS

Indonesia Hari ini, KPK tangkap Wali Kota Cimahi

Jakarta, IDN Times - Tiga hari setelah ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melayangkan surat resmi kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Surat itu terkait pengunduran diri Edhy dari kabinet.

Selain surat Edhy, sakitnya terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir dan pemimpin Front Pembela Islam Rizieq Shihab juga mencuri perhatian pembaca IDN Times selama Jumat (27/11/2020).

1. Kesehatan Abu Bakar Ba'asyir menurun

Surat Edhy Prabowo untuk Jokowi hingga Ba'asyir yang Dilarikan ke RSAbu Bakar Ba'asyir (ANTARA FOTO/Resno Esnir)

Abu Bakar Ba'asyir menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat, sejak 24 November 2020, lantaran kondisi kesehatannya menurun. 

"Tanggal 24 November yang bersangkutan kesehatannya nge-drop, demam tinggi, nyeri kepala, radang. Dengan pengawalan petugas lapas dan polri," ujar Kadiv PAS Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Abdul Aris, kepada IDN Times.

Baca fakta-fakta lengkap Ba'asyir di sini.

Baca Juga: Berulang Kali Keluar Masuk Penjara, Ini Sosok Abu Bakar Ba'asyir

2. KH Miftachul Akhyar jadi ketua umum MUI yang baru

Surat Edhy Prabowo untuk Jokowi hingga Ba'asyir yang Dilarikan ke RSKH Miftachul Akhyar Jadi Ketum MUI Periode 2020-2025 (Website/mui.or.id)

Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Miftachul Akhyar terpilih menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang baru. KH Miftachul Akhyar akan menjabat untuk periode 2020-2025.

Sementara, Amirsyah terpilih sebagai Sekretaris Jenderal MUI yang baru. Pimpinan baru MUI ini berdasarkan hasil Musyawarh Nasional (Munas) X MUI, dan diumumkan dalam laman resmi MUI, Jumat (27/11/2020).

Cek susunan lengkap pengurus baru MUI di tautan berikut ini.

3. Wali Kota Cimahi ditangkap KPK, hartanya melebihi Edhy Prabowo

Surat Edhy Prabowo untuk Jokowi hingga Ba'asyir yang Dilarikan ke RSWali Kota Cimahi, Ajay Priatna bersama Presiden Jokowi (Facebook.com/Ajay Muhammad Priatna)

Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (27/11/2020). Dia diduga terlibat suap dalam perizinan pengembangan Rumah Sakit Kasih Bunda Cimahi.

Menariknya, Kader PDIP ini memiliki harta kekayaan lebih besar dari Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo yang dua hari sebelumnya terjaring OTT lembaga antirasuah itu.

Baca selengkapnya di link ini.

4. Edhy Prabowo melayangkan surat resmi pengunduran diri ke Jokowi

Surat Edhy Prabowo untuk Jokowi hingga Ba'asyir yang Dilarikan ke RSEdhy Prabowo di tambak udang vaname wilayah selatan Jawa Barat dari Pelabuhan Ratu hingga Kabupaten Garut (Instagram.com/edhy.prabowo)

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo resmi mengajukan pengunduran diri dari jabatannya, usai ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK. Surat pengunduran dirinya pun sudah diserahkan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Surat pengunduran diri sudah ditandatangani Pak Edhy kemarin. Surat itu ditujukan ke Bapak Presiden," kata Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar melalui keterangan tertulisnya.

Lengkapnya ada di tautan ini.

5. Rizieq Shihab juga masuk rumah sakit

Surat Edhy Prabowo untuk Jokowi hingga Ba'asyir yang Dilarikan ke RSPemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, saat ini tengah berada di Rumah Sakit UMMI, Bogor, Jawa Barat. Hal ini dibenarkan oleh kuasa hukum FPI Aziz Yanuar.

Aziz mengatakan, Rizieq berada di RS UMMI sejak Kamis, 26 November 2020. Dia menjelaskan, pentolan Persaudaraan Alumni (PA) 212 itu berada di RS bukan karena sakit. Melainkan cek kesehatan. Menurut Aziz, banyaknya agenda yang dijalani Rizieq membuatnya kelelahan.

Lihat selengkapnya di tautan ini.

Baca Juga: Abu Bakar Ba'asyir Rapid Test COVID-19 di Lapas, Apa Hasilnya?

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya