Comscore Tracker

Tak Ada Salat Idul Fitri di Istiqlal hingga Mafia Alutsista

#IndonesiaHariIni Bupati Nganjuk ditolak PDIP dan PKB

Jakarta, IDN Times  - Pemerintah memastikan Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh hari Kamis, 13 Mei 2021. Pengurus Masjid Istiqlal menegaskan tidak akan menggelar salat id tahun ini.

Pandemik COVID-19 masih menjadi alasan. Selain Lebaran, ada juga artikel menarik yang menyedot perhatian pembaca IDN Times sepanjang Selasa (11/5/2021), di antaranya soal mafia alutsista berinisial Mr M. Siapa dia?

1. Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah ditetapkan Kamis 13 Mei 2021

Tak Ada Salat Idul Fitri di Istiqlal hingga Mafia AlutsistaIlustrasi Bedug (IDN Times/Mardya Shakti)

Baca Juga: Tragedi Berdarah, Tiongkok-Rusia Minta Israel-Palestina Menahan Diri

Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah yang juga menandakan Hari Raya Idul Fitri 2021 jatuh pada Kamis (13/5/2021). Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama hari ini, Selasa (11/5/2021).

Informasi hitungan hisab dikonfirmasi petugas Kemenag di daerah, di 88 titik mulai dari Aceh hingga Papua. "Dan, dari 88 titik itu tidak ada yang melaporkan melihat hilal oleh karena itu berdasarkan hisab di posisi minus dan rukyat hilal tidak terlihat maka penetapan 1 syawal diistikmalkan sesuai sidang isbat tadi," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Selengkapnya baca di sini.

2. Masjid Istiqlal pastikan tidak ada salat id

Tak Ada Salat Idul Fitri di Istiqlal hingga Mafia AlutsistaIDN Times/Ashari Arief

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar memastikan Masjid Istiqlal tidak akan menggelar salat Idul Fitri. Hal itu dikarenakan masih belum meredanya kasus COVID-19 yang ada di Indonesia.

"Setelah kami menganalisis perkembangan di internal dan eksternal Istiqlal, maka kami memutuskan Istiqlal kita tutup, tidak menyelenggarakan salat Idul Fitri," kata Nasaruddin. Baca alasan lain soal tak adanya salat ied di tautan ini.

3. PDIP dan PKB bantah Bupati Nganjuk yang ditangkap KPK kadernya

Tak Ada Salat Idul Fitri di Istiqlal hingga Mafia AlutsistaBupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat. Istimewa

Saat Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dua partai pengusung kompak membantah bahwa Novi adalah kader mereka. Dua partai itu yakni PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Sekretaris Gerakan Sosial dan Kebencanaan DPP PKB, Luqman Hakim, meminta agar Novi tidak dikait-kaitkan dengan partainya. Baca detailnya di link ini.

4. Deretan kontroversial Ustaz Tengku Zulkarnain

Tak Ada Salat Idul Fitri di Istiqlal hingga Mafia AlutsistaTwitter/@ustadtengkuzul

Ustaz Tengku Zulkarnain atau Tengku Zul dikabarkan meninggal dunia pada Senin (10/5/2021) malam di Rumah Sakit (RS) Tabrani, Pekan Baru, Riau sekitar pukul 18.20 WIB. Ustaz yang kerap dinilai kontroversial ini meninggal saat mendapat perawatan karena terpapar COVID-19.

Mantan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Majelis Ulama Indonesia ini memang kerap menuai kontroversi di tengah masyarakat, ada yang pro bahkan ada yang kontra dengan sejumlah pernyataannya. Apa saja? Simak di sini.

5. Siapakah Mr M, mafia alutsista yang disebut Connie Bakrie

Tak Ada Salat Idul Fitri di Istiqlal hingga Mafia AlutsistaANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Analis pertahanan Connie Rahakundini Bakrie siap membeberkan identitas mafia alutsista di Kementerian Pertahanan yang kerap disebut sebagai "Mr. M". Bahkan, Connie siap buka-bukaan mengenai praktik mafia itu kepada Menhan Prabowo Subianto.

Pernyataan tersebut disampaikan Connie untuk menanggapi tantangan jubir Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak, agar "Mr. M" diungkap ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau Kepolisian. Baca selanjutnya di link berikut ini.

Baca Juga: Novel Baswedan Dinonaktifkan KPK, Faisal Basri: Oligarki Harus Dilawan

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya