Vaksin Booster Disuntikkan Mulai 12 Januari hingga Naiknya Harga-Harga

Pemerintah antisipasi transmisi lokal Omicron

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Senin 3 Januari 2022, memastikan vaksin COVID-19 untuk tujuan booster sudah bisa disuntikkan kepada masyarakat mulai pekan depan, 12 Januari. Ini merupakan kabar yang paling ditunggu-tunggu.

Namun sebelum penyuntikkan dilakukan, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Tak hanya soal vaksin booster, pembaca IDN Times sepanjang hari kemarin juga menyoroti soal pemberlakuan sekolah tatap muka yang sudah dimulai pekan ini, naiknya harga-harga bahan pokok termasuk gas dan listrik, hingga berlabuhnya eks CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin ke Kementerian Koordinasi Maritim dan Investasi.

Rachmat resmi mendampingi Luhut Binsar Pandjaitan. Artikel-artikel itu terangkum dalam #IndonesiaHariIni.

1. Syarat vaksinasi booster COVID-19

Vaksin Booster Disuntikkan Mulai 12 Januari hingga Naiknya Harga-HargaIlustrasi vaksin COVID-19 untuk disuntikkan ke penerima vaksin. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Terkait vaksinasi booster, pemerintah akan memberikan jatah kepada kabupaten/kota yang vaksinasi dosis pertamanya sudah di atas 70 persen.

“Diberikan ke golongan dewasa di atas 18 tahun sesuai dengan rekomendasi WHO (Organisasi Kesehatan Dunia). Dan akan diberikan ke kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria 70 persen suntik pertama, dan 60 persen untuk suntik kedua,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Syarat lainnya lihat di sini.

Baca Juga: Dilebur dengan BRIN, Eijkman Tak Bisa Lagi Teliti Genome COVID-19

2. Eijkman melebur dengan BRIN, 71 staf penelitinya diberhentikan

Vaksin Booster Disuntikkan Mulai 12 Januari hingga Naiknya Harga-HargaIlustrasi Lembaga Eijkman (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Memasuki 2022, nasib puluhan peneliti di Lembaga Biologi Molekuler Eijkman berada dalam kondisi yang tak pasti. Hal itu terjadi usai Eijkman melebur dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Sebelum dilebur ke dalam BRIN, Eijkman merupakan bagian dari unit proyek di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek).

Proses integrasi Eijkman ke dalam BRIN sudah mulai berjalan sejak September 2021. Hal itu sesuai Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021 mengenai Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Selengkapnya simak tautan berikut.

3. Sekolah mulai terapkan tatap muka 100 persen

Vaksin Booster Disuntikkan Mulai 12 Januari hingga Naiknya Harga-HargaIlustrasi anak-anak (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai Seninmenerapkan kapasitas 100 persen dalam pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana, mengatakan ada ketentuan yang harus dipenuhi dalam PTM.

Di antaranya capaian vaksinasi dosis dua pada pendidik dan tenaga kependidikan di atas 80 persen, capaian vaksinasi dosis dua pada masyarakat lansia di atas 50 persen, serta vaksinasi terhadap peserta didik yang terus berlangsung sesuai ketentuan perundang-undangan di tingkat kota/kabupaten. Apa lagi? Cek di sini.

4. Ada 152 kasus Omicron di Indonesia, 6 dari transmisi lokal

Vaksin Booster Disuntikkan Mulai 12 Januari hingga Naiknya Harga-Hargailustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, saat ini terdapat 152 kasus COVID-19 Omicron di Indonesia. Dari 152 kasus itu, kata Budi, enam merupakan transmisi lokal.

“Indonesia ada di posisi 40, jumlahnya per hari ini 152 ada tambahan 16 dibandingkan dua hari lalu, dan semuanya berasal dari pelaku perjalanan luar negeri. Dari 152, enam transmisi lokal,” kata Budi. Kok bisa? Simak penjelasannya di artikel terkait ini.

5. Deretan harga dan tarif yang naik di awal 2022

Vaksin Booster Disuntikkan Mulai 12 Januari hingga Naiknya Harga-HargaANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Sejumlah kebutuhan pokok masyarakat akan mengalami kenaikan tarif atau harga di 2022. Perubahan tarif tersebut sebelumnya telah diumumkan pada 2021. 

Dari sektor energi misalnya, tarif listrik hingga harga Liquified Petroleum Gas (LPG) akan mengalami kenaikan. Dari sektor lainnya, tarif cukai rokok telah mengalami kenaikan per 1 Januari 2022. Cek rinciannya yang naik di sini.

6. Eks CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin akhirnya jadi anak buah Menteri Luhut

Vaksin Booster Disuntikkan Mulai 12 Januari hingga Naiknya Harga-HargaRachmat Kaimuddin (IDN Times/Umi Kalsum

Teka-teki ke mana Rachmat Kaimuddin berlabuh pasca meletakkan jabatan sebagai Direktur Utama atau CEO PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) terjawab sudah. Rachmat dipastikan menjadi anak buah Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan.

Rachmat yang sejak kemarin menjadi keluarga Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi ditunjuk sebagai Technology Sustainability Development Special Advisor. Apa tugas dan tanggung jawabnya? Simak penjelasan Luhut di tautan ini.

Baca Juga: Dokter Paru RSPI: Situasi Makin Sulit Jika Omicron Infeksi Lansia

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya