Comscore Tracker

Viral Bocah Temanggung Jadi Mumi hingga MUI Kirim Surat Soal Palestina

#IndonesiaHariIni jasad kru KRI Nanggala 402 belum ditemukan

Jakarta, IDN Times - Seorang bocah perempuan ditemukan tidak bernyawa di kediaman orangtuanya di Temanggung, Jawa Tengah. Mirisnya, jasad Aisyah, 7 tahun, sudah empat bulan terbaring di tempat tidur. Tubuhnya nyaris seperti mumi.

Polisi menyelidiki kasus yang sempat viral di media sosial ini, Selasa (18/5/2021). Tak hanya kasus Aisyah, pembaca IDN Times juga menyoroti soal surat MUI keppada Presiden AS Joe Biden terkait serangan Israel ke Palestina, juga update terbaru dari pencarian bodi KRI Nanggala 402.

1. Kronologi penemuan jasad bocah yang nyaris seperti mumi

Kata kuncu Aisyah pada Selasa pagi menjadi trending topic. Aisyah ditemukan di rumah orang tuanya di Desa Bajen, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah dalam keadaan mengenaskan, seperti mumi.

Hal itu seperti yang diceritakan akun Facebook Banyuwangi Selatan dan diunggah ulang oleh akun Twitter @mazzini_gsp pada Selasa (18/5/2021). Baca kronologinya di link ini.

Baca Juga: Bagian KRI Nanggala 402 Ditemukan di Dekat Kawah Misterius di Bali 

2. Jenazah kru KRI Nanggala-402 belum ditemukan, diduga tertimbun lumpur

Viral Bocah Temanggung Jadi Mumi hingga MUI Kirim Surat Soal PalestinaHeli Bell 412 EP milik Skuadron Udara 400 Wing Udara 1 Puspenerbal bermanuver di atas Kapal Selam KRI Nanggala-402, saat Latihan Kerjasama Taktis KRI dan Pesawat Udara 2014 di Laut Jawa 50 Mil Utara Tuban, Jatim, Selasa (6/5/2014). (ANTARA/Eric Ireng/rwa.)

Jenazah kru KRI Nanggala-402 hingga kini belum ditemukan. Sejak kapal selam milik TNI AL tersebut hilang kontak di perairan Utara Bali pada 21 April 2021 hingga dinyatakan tenggelam pada 25 April 2021, pencarian masih belum membuahkan hasil.

Pangkoarmada II TNI AL, Laksda TNI Iwan Isnurwanto dalam konferensi pers di Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar, hari ini menjelaskan bahwa di bagian bawah perairan bukanlah batu, melainkan lumpur sehingga mungkin badan tekan tertimbun lumpur. Baca penjelasan Iwan selengkapnya di tautan ini.

3. MUI akan kirim surat ke Joe Biden soal konflik Israel-Palestina

Viral Bocah Temanggung Jadi Mumi hingga MUI Kirim Surat Soal PalestinaWarga Palestina berkumpul di lokasi di mana sebuah rumah hancur akibat serangan udara Israel, di tengah konflik Israel-Palestina, di selatan Jalur Gaza, Rabu (12/5/2021). (ANTARA REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa/aww.)

Majelis Ulama Indonesia (MUI) berencana mengirimkan surat ke Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden terkait konflik yang terjadi antara Israel dengan Palestina.

"MUI telah menyiapkan konsep surat yang tinggal ditandatangani oleh ketua umum (MUI) untuk dikirim ke Joe Biden. Isinya antara lain, Amerika yang selama ini jadi garda terdepan melawan terorisme juga harus memerangi terorisme negara yang dilakukan oleh Israel," kata Ketua MUI bidang Luar Negeri, Sudarnoto Abdul Hakim. Simak selanjutnya di sini.

4. Shopee tolak 13 jenis produk asing dijual di Indonesia

Viral Bocah Temanggung Jadi Mumi hingga MUI Kirim Surat Soal PalestinaLogo Shopee (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Shopee Indonesia resmi menetapkan 13 jenis produk impor (cross border) yang tidak diizinkan dijual di platform mereka. Kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), usai sebelumnya mendapatkan teguran karena mematikan produk lokal.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan bahwa kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari upaya pemerintah dan Shopee dalam mendukung UMKM lokal. Apalagi, belum lama ini marak produk-produk asing yang diperjualbelikan lewat e-commerce lintas negara. Yuk cek daftar produknya di sini.

5. Eks jubir Gus Dur, Wimar Witoelar, kritis

Viral Bocah Temanggung Jadi Mumi hingga MUI Kirim Surat Soal Palestina(Instagram/wimarwitoelar)

Salah satu tokoh dan penulis kenamaan Indonesia, Wimar Witoelar dikabarkan tengah dalam kondisi kritis di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), pada Senin (17/5/2021).

Namun, Wilmar disebut masuk rumah sakit bukan karena menderita COVID-19, melainkan akibat sepsis dan kegagalan multiorgan. Wimar Witoelar dikenal banyak kalangan. Selain karena karier moncernya sebagai penulis, dia juga pernah aktif di pemerintahan. Baca soal Wimar di tautan berikut ini.

Baca Juga: Munarman Resmi Ditahan Polri Terkait Dugaan Terorisme Sejak 7 Mei

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya