Comscore Tracker

Doa Memasuki Kota Suci Makkah

Ini kota suci umat Islam

Jakarta, IDN Times – Setiap umat Islam pasti berdoa untuk bisa mengunjungi kota suci Makkah, baik sebagai jemaah haji maupun melaksanakan umrah.

Makkah adalah satu dari dua kota suci bagi umat Islam, yang berada di wilayah kerajaan Arab Saudi. Kota satunya adalah Madinah.

Bagi setiap seorang muslim, Makkah adalah kota suci. Di sini ada Masjidil Haram, masjid terbesar di dunia yang di dalamnya berdiri Ka’bah, kiblat dan tempat tersuci bagi setiap Muslim.

Di kota ini banyak peninggalan sejarah keislaman dan nilai-nilai keimanan yang dibawa Rasulullah, Nabi Muhammad SAW.

Selain Masjidil Haram, di Makkah ada Jabal Tsur, Jabal Nur, Padang Arafah, Mina, dan ratusan tempat bersejarah yang berhubungan erat dengan perkembangan Islam.

Berjuta muslim datang ke Makkah setiap tahunnya, terutama di saat haji. Tahun 2020 ibadah haji terdampak pandemik COVID-19. Banyak negara termasuk Indonesia tidak mengirimkan jemaah haji untuk meghindari penularan virus yang mudah terjadi dalam setiap perkumpulan manusia dalam jumlah besar.

Ada sejumlah doa yang perlu dibaca oleh umat Islam yang berkunjung ke Makkah.

1.Doa memasuki tanah haram atau tanah suci Makkah

Doa Memasuki Kota Suci MakkahIDN Times/Uni Lubis

Allahumma haadza haramuka wa amnuka fa harrim lahmii wa damii wa syar’rii wa basyarii ‘alan naari. Wa aaminii min adzabika yauma tab’atsu ‘ibaadaka waj’alnii min auliyaaika wa ahli thaa’tika.

Artinya: Ya Allah. Kota ini adalah tanah haram-Mu dan tempat yang aman. Maka hindarkanlah daging, darah, rambut dan kulitku dari neraka. Anugerahkanlah kepadaku keamanan dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan kembali hamba-hambaMu. Jadikanlah aku termasuk orang-orang yang dekat dan taat kepada-Mu.

2. Doa turun dari bus menuju hotel di Makkah

Doa Memasuki Kota Suci MakkahSituasi Ibadah Haji di dekat Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, pada (9/8) lalu. IDN Times/Uni Lubis

Baca Juga: 7 Doa untuk Hidup Lapang Rezeki dan Kaya Berkah 

Allaahumma innii as-aluka khairahaa wa kkhaira ahlihaa wa khaira maafihaaa wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.

Artinya: Ya Allah aku memohon kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan kehidupan di dalamnya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan negeri ini, dan penduduknya, serta keburukan kehidupan di dalamnya.

3. Doa memasuki Masjidil Haram

Doa Memasuki Kota Suci MakkahIDN Times/Uni Lubis

Allaahumma antas salaamu, wa minkas salaamu, fa hayyinaa rabbanaa bis salaami, waadkhilnaljannata daarakas, salaam, tabarakta, wa ta’aalaita yaadzal jalaali wal ikraam. Allahummaftah liiabwaabarahmatika wamagfiratika wa adkhilnii fiihaa, bismillaahi wal hamdulillahi washshaalatu wassalamu ‘alaaa Rasuulillahi

Artinya:
Ya Allah, Engkaulah sumber keselamatan, dan dari pada-Mu lah datangnya keselamatan itu semua. Maka sambutlah wahai Tuhan, dengan selamat sejahtera dan masukkanlah kami ke surga negeri_mu yang Bahagia. Maha pemberi berkat dan Maha Tinggilah Engkau wahai Tuhan yang punya keagungan dan kehormatan. Ya Allah, bukalah untukku pintu rahmat dan ampunan, masukkanlah aku ke dalam ampunan-Mu. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah salawat dan salam untuk Rasulullah.

Semoga kita diberikan umur dan rezeki untuk bisa menginjakkan kaki di kota Makkah ya guys.

Baca Juga: Doa Safar Serta Bacaannya Supaya Bepergian Tetap Diberi Keselamatan

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya