Comscore Tracker

IDN Media Kunjungi Panti Werdha Wisma Mulia

Bersyukur dan berbagi dengan manula

Jakarta, IDN Times - Oma Ester (62 tahun), menggamit tangan IDN Times, mengajak masuk ke ruangan seluas 4 x 10an meter persegi. “Ayo masuk, mana teman-temannya?  Mau buat acara ya?” tanya Oma Ester, salah satu penghuni Panti Werdha Wisma Mulia, di kawasan Jalan Hadiah, Jelambar, Grogol, Jakarta.

Sabtu (10/3/2018) lalu, Tim IDN Care dari Grup IDN Media berkunjung ke panti untuk berbagi bersama 50-an penghuninya.

“Aku dulu belajar Al Kitab, pernah ke Palembang, Muara Duo, lalu balik ke Jakarta.  Aku lahir di Jakarta,” ujar Oma Ester.

IDN Media Kunjungi Panti Werdha Wisma MuliaIDN Times/Uni Lubis

Oma dan Opa adalah panggilan bagi para manusia usia lanjut (manula) yang menghabiskan masa tuanya di sini. Ester telah menghuni panti selama 12 tahun.

Di tengah obrolan ringan, Oma Ester menyenandung lagu “Di sini senang, di sana senang,” dilanjutkan dengan “Kolam Susu” nya Koes Plus. 

Oma Ester juga mengenalkan Oma Sumini yang telah berusia hampir 90 tahun. Juga Oma Nur, perempuan berjilbab asal Palembang. “Nanti kita nyanyi-nyanyi, ya. Tapi satu jam saja. Oma Opa gak kuat lama-lama duduk,” kata Ester.

Di kompleks panti tersedia juga sebuah musala.

1. Panti Werdha Wisma Mulia dikelola oleh Yayasan KOWANI

IDN Media Kunjungi Panti Werdha Wisma MuliaIDN Times/Uni Lubis

“Anak-anak muda perlu mengetahui bagaimana kehidupan di panti jompo ini,” kata Bu Tati, yang sehari-hari mengurusi penghuni di sana. 

Setiap kamar yang cukup luas, dihuni dua orang. Sebagian hanya mampu tiduran, karena kondisi badan yang lemah. Sebagian menggunakan kursi roda. Ada 10 pekerja sosial yang selama 24 jam setiap hari mengurusi penghuni panti, termasuk memandikan dan menyediakan makanan.

“Kami sangat mengandalkan donasi dari dermawan. Ada saat ramai seperti ketika perayaan Imlek. Sesudah itu sepi,” kata Bu Tati.

Panti ini berdiri atas inisiatif Korps Wanita Indonesia melalui sebuah yayasan.

2. IDN Care menyalurkan bantuan sosial sebagai rasa syukur

IDN Media Kunjungi Panti Werdha Wisma MuliaIDN Times/Uni Lubis

Fadhil Yudhistira dari IDN Care menyampaikan bahwa kunjungan ke Panti Werdha Wisma Mulia dilakukan untuk berbagi dengan para penghuni. “Ini bentuk rasa syukur Grup IDN Media atas berkah pencapaian selama ini,” kata Fadhil yang sehari-hari mengelola sumberdaya manusia di IDN Media.

Perusahaan yang didirikan oleh dua bersaudara Winston Putrautomo dan William Putrautomo sekitar empat tahun lalu ini, memproduksi konten untuk tiga platform media, yaitu IDNTimes.com, PopBela.com dan PopMama.com. 

IDN Media juga memproduksi ratusan video, termasuk video kuliner Yummy dan 900-an jejaring kreator dengan payung IDN Creator Network. Para kreator ini adalah influencer yang dikenal luas di publik, terutama melalui platform digital.

3.  IDN Care akan dilakukan juga di Surabaya

IDN Media Kunjungi Panti Werdha Wisma MuliaIDN Times/Uni Lubis

Kegiatan IDN Care di bulan Maret 2018 akan dilakukan pula di Surabaya. Di kota ini, IDN Media memulai kegiatan bisnis di bidang media. 

Satu jam bersama para Opa dan Oma di Panti Werdha Wisma Mulia diisi dengan bernyanyi bersama. Tim IDN Care mengajak Oma dan Opa bicara dari hati ke hati, mendengarkan curahan hati mereka.

“Gak perlu sedih lah. Senang-senang aja. Saya juga dipungut orang dibawa ke sini,” kata Oma Sumini. Dia tampak ceria.

Optimisme yang perlu menjadi inspirasi kaum millennials, ya. Karena semua kita akan menua juga.

Baca juga: Panti Jompo Waluya, Tempat Tahanan Politik yang Butuh Uluran Tangan

 

Topic:

Just For You