Ini Yang Terjadi Jika Menkeu Sri Mulyani Mendaki Gunung Ijen

"You are not going to regret it. Spectaculer view, amazing,"

Banyuwangi, IDN Times - Apa yang terjadi jika seorang menteri naik gunung? Sri Mulyani Indrawati langsung merekam video promosi dalam bahasa Inggris. Menteri keuangan Indonesia itu tetap nampak energik setelah mendaki selama 2,5 jam untuk menikmati kawah Gunung Ijen yang terletak di Kabupaten Banyuwangi.

"You are not going to regret it. Spectaculer view, amazing," kata Sri Mulyani yang nampak menggunakan jaket dengan penutup kepala warna biru tua dan syal motif batik.

1. Gunung Ijen adalah gunung berapi aktif

Ini Yang Terjadi Jika Menkeu Sri Mulyani Mendaki Gunung Ijen flickr.com

Sri Mulyani menunjukkan kawah berwarna hijau tosca yang terkenal itu sebagai latar belakang. Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 di atas permukaan laut dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncaknya. Pendakian gunung ini bisa dimulai dari beberapa tempat. Pendaki bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso.

Baca juga: Ini Deretan Prestasi Sri Mulyani, Perempuan Indonesia yang Menginspirasi

2. Selain di Gunung Ijen, kawah indah cuma ada di Islandia

Ini Yang Terjadi Jika Menkeu Sri Mulyani Mendaki Gunung Ijen Instagram.com/@genpibanyuwangi

Kamu rugi kalau belum pernah ke Gunung Ijen. Keistimewaan gunung berapi ini karena ada kawah indah seluas 1 kilometer persegi. Saat dini hari menjelang fajar, dari kawah berwarna hijau toska muncul api biru, yang menimbulkan pemandangan spektakuler. Cuma ada di Ijen dan Islandia lho! Kamu bisa mengakses Banyuwangi dari Bali dengan terbang naik pesawat selama 20 menitan atau jalan darat termasuk menyebrangi laut dengan ferry dari Pelabuhan Gilimanuk. Kabupaten yang kini sukses mengemas atraksi pariwisata menarik sepanjang tahun itu juga bisa diakses dengan jalan darat dari Surabaya. Pendakian ke Gunung Ijen biasanya dimulai Pukul 02.00 wib.

3. Menkeu Sri Mulyani mendaki Gunung Ijen bersama Bupati Banyuwangi

 Sri Mulyani yang juga menteri keuangan terbaik di Asia itu berada di Banyuwangi untuk kunjungan kerja termasuk melihat kemajuan pembangunan pariwisata. Dia mendaki Ijen bersama Bupati Banyuwangi Azwar Anas dan Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Binsar Panjaitan. Bupati Azwar berharap promosi oleh sosok yang dikenal luas di dunia internasional akan makin menarik wisatawan mancanegara datang ke Banyuwangi.

Baca juga: Fadli Zon Kritik Penghargaan Menteri Terbaik Dunia, Begini Penjelasan Sri Mulyani

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya